5 Rekomendasi Restoran Halal di Bangkok, Thailand

Sunday, January 29, 2017 Jasmi Bakri 1 Comments


Assalamu'alaikum..

Siapa yang gak kenal Bangkok? Ibukota negara Thailand ini menjadi salah satu tujuan wisata yang populer di Asia. Yup, Negara Gajah Putih ini adalah negara dengan mayoritas penduduknya beragama Budha. Jadi, bagi kamu traveler Muslim, perkara mencari makanan halal di surganya daging babi ini sekayak susah-susah gampang. 

Kalau mau beli fast food di 7 Eleven atau mini market juga harus dilihat-lihat dulu label halalnya. Kudu hati-hati sekali kalau beli makanan. Katanya lagi KFC di Bangkok juga gak halal lho. Wallahua'lam..

But, gak usah kuatir. Gak usah takut kelaperan sampai di Bangkok nanti, dan bahkan mutusin untuk bungkus aja makanan kering dari Indonesia sebelum ke Bangkok. Hihihihi.. Ketauan, gak bisa move on ya dari kuliner Indonesia? Masa sih jauh-jauh ke negara lain tapi gak coba nyicipin kuliner khasnya? Dan lagi, pasti Tom Yum dan Pad Thai sudah masuk dalam list kamu sebagai makanan yang wajib dicicipi di Thailand, kan?

Buat kamu yang berencana ke Bangkok dalam waktu dekat (apalagi kan ada konsernya ColdPlay 7 April 2017 ini di stadiun Rajamangala), artikel ini mungkin bisa membantu. Nih aku bagiin beberapa rekomendasi restoran atau warung makan halal disana. 

(Baca: Pengalaman Seru Terbang Bareng Thai Smile Airways)


1. Usman Halal Restaurant 

Restoran ini lokasinya pas banget didepan Marvel Hotel Bangkok di Jalan Sukumvit Soi 22. Lokasi ini (lumayan) deket dengan BTS Phrom Phong (kira-kira 700 meter). Turun dari train, kamu keluar kearah Exit 6 sebelah kanan. 

Kamu juga akan ngelewatin Emporium Mall dan Dinosaur Planet. Jalan aja lurus sampai kamu ketemu Holiday Inn Bangkok. Udah gitu belok kiri, jalan lurus lagi 500 meter sampai lah ketemu sign Usman Halal Restaurant disebelah kiri. Masuk lorong sekitar 20 meter dan sampailah kamu kesana. ^^

Banyak variasi makanan dan minuman direstoran ini. Harganya juga hmmmm lumayan mahils lah, tapi enak beneran. Harga memang gak pernah mengkhianati rasa. Seporsi Tom Yum seafood pun bisa untuk dimakan berdua lho. Kalau gak mau makan nasi, bihun goreng dan pad thai juga ada di menu list restoran ini. Kisaran harga makanan direstoran ini mulai dari 50 - 200 Bath, minumannya mulai dari 25 - 80 bath. 



Tom Yum Seafood. Yummy...

Bihun Goreng dan Telor Dadar. Nom nom..

Lengkap dengan nasi putih dan jus mangga

Here we were

2. Rasa Khas Indonesian Restaurant

Buat yang gak cocok lidahnya sama makanan khas Thailand, atau buat yang gak bisa move on dari kuliner Nusantara, restoran ini bisa jadi salah satu alternatif kamu untuk mengisi perut. Restoran ini cozy banget, suasanya juga kayak di Indonesia banget.

Makanan yang disediakan direstoran ini banyak banget pilihannya. Ada ayam panggang bumbu bali, ayam penyet, ayam rendang, udang bakar bali, sate juga ada, bahkan ketoprak dan gado-gado juga ada lho. Wow, Nusantara sekali, kan? Rasanya juga khas; pedas dan aroma rempah yang kuat.

Lokasinya masih di Jalan Sukhumvit Soi 22 (atau mungkin udah masuk Soi 23?? Hmmmm). Cuma 500 meter dari Usman Halal Restaurant. Kalau kamu gak kuat jalan kaki, ojek bisa jadi salah satu cara untuk kamu ketempat ini. Harga ojek sekitaran 30 Bath gitu. Pinter-pinter minta kurang lah ya. hihihi.. Oya, naik ojeknya di pangkalan dekat Holiday Inn aja. Kamu jalan kaki aja dulu, ngelewatin Dinosaur Planet, bisa foto-foto dulu. ^^

Nah, untuk harga makanan nya sendiri juga lumayan. Sama kayak di Usman lah kurang lebih. But, rasa gak pernah bohong. Persis masakan Ibu Pertiwi banget. 








3. Farida Fatornee Muslim Food

Restoran ini lokasinya di Ratchadewi Jalan Petchaburi 16. Sampai di BTS Ratchadewi, kamu keluar dari Exit 3, terus ambil tangga yang disebelah kanan. Ikuti jalan trotoarnya kearah perempatan, ngelewatin orang yang jual buah-buahan. Udah gitu belok kiri. Jalan dikit sampai kamu ketemu apartemen Condolette Ize. Nyebrang. Sampai deh. Gak jauh kok dari BTS, sekitaran 300 meter doang. 

Farida Fatornee ini kayak warung makan yang udah siap dimasak gitu. Kita tinggal pilih aja mau lauk apa. kebanyakan ya lauk masakan Thailand. Harganya murah, sekitar 50-100 bath sekali makan udah dengan minumannya. 

Banyak juga restoran halal lain berderetan dengan Farida Fatornee ini. Contohnya kayak restoran Nissareen, Madeena, dan Grill Town. Ada juga tempat nongkrong yang cuma jual roti canai, roti bakar, dan minuman disepanjang jalan. Nah, tapi yang jualan roti itu biasanya adanya malam. Ruameeee banget anak-anak muda muslim nongkrong disana. Entah orang Thailand sendiri, entah wisatawan. hihihi





4. Kedai Makan Halal Samping Mesjid Darul Aman

Kedai makan ini gak ada namanya. Lokasinya selang satu kedai dari Mesjid Darul Aman Ratchadewi. Warung makan ini juga gak jauh dari Farida Fatornee. Kamu jalan aja kedepan ngelewatin penjual roti, udah gitu belok kanan kearah mesjid Darul Aman. Nah, disepanjang jalan itu juga ada banyak warung makan halal. Ada yang jual burger, bakso khas Thailand, bihun sup, banyak pilihannya. 

Ini warung makanan panas. Jadi kita kudu nunggu dulu dimasakin habis order makanannya. Saya pesen cumi-cumi masak saus thai dan telur dadar untuk meramaikan meja makan. Enak. Harganya kurang lebih sama kayak Farida Fatornee lah, 80 - 100 Bath. 





5. Kedai Makan Halal di Chatuchak Weekend Market

Nah, kalau weekend tiba, datanglah ke Chatuchak Market ini. Murah meriah euy barang-barang yang dijual disini. Baju, celana, assesoris, tas, koper, barang pecah belah pun dijual disini. Orang yang melancong ke Bangkok tu, harus datang kesini untuk beli oleh-oleh. Murceeeee... Murah cekali..^^

Konon katanya (entah kata siapa, kata google kali ya), ini adalah pasar terbesar di dunia. Toko nya ada sekitaran 70.000 buah. WOW!!! Apa gak gempor kakinya kalau shopping dimari? Tenang, banyak massage kok disini. Kalo pegel, bisa foot massage dulu setengah jam. Harganya sekitaran 150 Bath apa ya untuk 30 menit. 


Sendal jepit lolipop ijo oleh-oleh dari Chatuchak Market

Yang datang kemari tuh awalnya cuma mau lihat-lihat doang. Gak niat belanja. Eh, pas tau murah banget, malah jadi beli koper gede dan borong semuanya. Gitu sih cerita salah satu orang. Pas saya kemari, persedian uang memang udah gak ada. Jadilah cuma beli satu sendal jepit saja dengan harga 50 Bath.

Lha, kok jadi ngomongin pasarnya?? Makanan halal nya mana?

Sabar pemirsa. Disini banyak banget makanan halal. Tinggal teguhkan hati, kuatkan kaki saja keliling pasar untuk cari kedainya. Salah satunya kedai nasi kuning dan nasi ketan + ayam goreng ini. Harganya juga murah. Seporsinya 40-50 Bath. Untuk lokasi pastinya gak tau mau jelasin gimana. Soalnya pasar ini luas banget dan pintu masuknya juga ada beberapa. So, selamat berkeliling-keiling aja.





Nah, itu dia 5 restoran halal yang bisa saya rekomendasikan ke kamu. So, jangan khawatir lagi bakal kelaperan di Bangkok ya. 

Buat kamu yang tau restoran halal lain bisa tulis dikomentar.

Thanks for dropping by..

Kisses and hugs

1 comment:

  1. Kalau sudah ada referensi tempat makannya kan jadi tenang kalau mau ke Bangkok, katanya sih disana sulit membedakan produk halalnya..

    ReplyDelete