Kenali Gejala Mood Swings dan Cara Mengatasinya

Friday, January 13, 2017 Jasmi Bakri 2 Comments


Ayunan suasana hati-yang diterjemah bebas dari kata 'Mood Swings'-adalah perubahan mood secara tiba-tiba. Setiap kita pasti pernah merasakan mood swings baik secara sadar maupun tidak. Kita yang ceria penuh gelak tawa tiba-tiba saja mood nya berubah menjadi lebih sensitif, sedih, bahkan marah.


Saat terjadi perubahan mood seperti ini kita jadi tidak fokus belajar atau kerja. Kadang ingin menjerit sekuat-kuatnya, bahkan tidak peduli dengan orang sekitar yang mengajak bicara. 


Ingin sendiri, berdiam diri, tidak ingin berbicara, ingin ketenangan tanpa suara, ingin melampiaskan amarah, ingin menangis sejadi-jadinya adalah beberapa dampak yang timbul saat mood turun. Bahkan ada sebagian orang yang sangat bersemangat saat mengalami perubahan mood.


Saya bukan orang yang pakar terkait mood swings. Saya bukan psikolog, yang mana sindrom mood swings ini dikaitkan dengan keadaan psikologis dan mental seseorang. Level mood swings pun bervariasi, dari yang ringan, normal, hingga yang kronis yang butuh bantuan dokter atau psikolog. 


Moods swing ini juga dikaitkan dengan bipolar, dimana seseorang dapat mengalami perubahan mood secara drastis pada satu masa dan berbahaya bagi dirinya dan orang disekitarnya. Untuk lebih lengkapnya teman-teman boleh google atau baca buku ^_^.


Saya hanya salah satu orang yang kerap mengalami mood swings. Menurut saya, mood swings adalah hal yang menjengkelkan yang akan mengacaukan aktifitas dan produktivitas saya. 


Saat pekerjaan menumpuk dan mendekati deadline, tiba-tiba saya merasa 'I am not in mood doing this and that'. Nah, kenapa kita bisa mengalami perubahan suasana hati seperti ini?

Berdasarkan hasil diskusi dengan teman, baca artikel, dan pengalaman sendiri, saya ingin berbagi sebenarnya apa penyebab mood swing dan bagaimana cara mengatasinya. 


Setidaknya artikel ini adalah sharing atas apa yang berlaku atas diri saya sendiri dan bagaimana saya mengontrol perubahan mood saya.

Apa sih penyebab mood swing?

Saat mood teman-teman berubah, teman-teman harus tau apa penyebabnya. Berikut adalah beberapa penyebab perubahan mood yang kerap saya alami (dan mungkin juga teman-teman alami).



1. PMS

Khusus bagi wanita, saat mengalami Premenstrual Syndrome (PMS) mereka kerap mengalami perubahan mood. PMS adalah suatu sindrom ketika wanita mendekati masa datang bulannya.


Saya selalu mengalaminya setiap bulan saat "tamu" itu akan bertandang. Perubahan mood yang saya alami pun berbeda-beda setiap bulannya. Bulan ini sedih, bulan depan sangat sensitif, bulan depannya lagi menjadi sangat marah. 


So, kalau teman-teman sedang PMS, hal ini normal terjadi. Tinggal bagaimana kita saja mengontrolnya.


2. Stres

Tumpukan pekerjaan, deadline tugas yang mepet, kondisi keuangan, hubungan percintaan, atau tuntutan melakukan sesuatu dibatas kemampuan kita akan menjadikan kita stres. 


Tanpa kita sadari, kondisi ini membuat mood kita tidak stabil. Kita jadi sangat marah, ingin melampiaskan amarah, atau kita jadi tidak ingin bicara dengan siapa-siapa dan merasa butuh 'Me Time'.


3. Lelah dan kurang tidur

Merasa lelah dalam bekerja atau melakukan aktifitas dan jam tidur yang kurang juga penyebab perubahan mood. Saat tubuh sudah menjerit kelelahan dan minta istirahat yang cukup, seringkali kita tiba-tiba tidak bersemangat melakukan apapun. Kita jadi bete dan pasang muka cemberut, menandakan mood sudah terbang hilang melayang.


4. Keinginan yang tidak terwujud

Kadang kita mencoba ikhlas saat keinginan kita tidak terwujud. Mencoba untuk baik-baik saja, padahal sebenarnya tidak ^^. Saat kita tidak mendapatkan apa yang kita mau, kita kerap mengalami perubahan mood.


Kita jadi merasa sedih, bahkan lebih parahnya lagi merasa menjadi orang yang paling menderita di dunia (pengalaman sendiri :)). 


Mood swings kadang memberikan kita efek yang terlalu berlebihan dalam merasa. Kita jadi terlalu sensitif dan ujung-ujungnya menangis.



How to manage our mood swings?

Satu hal yang perlu kita ingat, orang-orang tidak suka berada disekitar orang yang sedang badmood. Kita juga merasa tidak nyaman dengan diri sendiri. Jika teman-teman seorang moody, ada baiknya teman-teman tau bagaimana cara mengatasi mood swings ini.


1. Berwudhu dan memperbanyak istighfar

Ini adalah cara paling ampuh dalam mengatasi mood swings. Saat merasa marah, berwudhulah dan perbanyak istighfar. Hati akan terasa lebih tenang.

Keep calm and always istighfar

2. Tidur

Menurut pengalaman saya pribadi, tidur adalah moodbooster yang paling efektif. Selain dapat menghindari situasi yang tidak diinginkan, tidur juga dapat mengembalikan tenaga yang berkurang. 


Dengan tidur, bukan berarti kita lari dari masalah. Justru kita merehatkan minda dulu sebentar, sebelum memperbaiki keadaan setelah tubuh fit kembali.


3. Mencari udara segar

Jika teman-teman suka menyendiri saat mood hilang, teman-teman bisa jalan-jalan ditaman atau kedaerah pegunungan yang fresh. Matikan handphone sejenak, nikmati kesendirian bersama alam. 


Ambil nafas dalam-dalam, tenangkan fikiran, dan coba berpikiran positif atas situasi yang tengah teman-teman alami.


4. Menyanyi

Sebagian orang ada yang melepaskan stres dan mengembalikan moodnya dengan menyanyi. Atau bisa juga dengan mendengar musik. Yang jelas, lagu yang didengar jangan yang memperburuk suasana, justru yang membuat semangat membakar kembali ^^.


5. Makan makanan kesukaan kamu

Pasti pada perasan kan kalau wanita yang lagi mood swings biasanya akan kembali stabil emosinya kalau diajak makan ^^. Sebagian wanita ada yang makan coklat sebagai moodboosternya. Sebagian lagi ada yang makan snack kesukaannya. So, gimana dengan teman-teman?



Nah, itu hanya sebagian moodbooster yang biasa saya lakukan kalau sedang badmood. Setiap orang pasti punya moodbooster yang berbeda-beda. Kenali hal apa yang bisa buat teman-teman good mood kembali, dan terapkan. Semoga bermanfaat.



Thanks for reading and dropping by..

P.S: Artikel ini ditulis pada blog Aku, Hidup, dan Bintang Gemintang 30 Juni 2016. Aku, Hidup, dan Bintang Gemintang adalah blog saya yang lama yang sudah bisa diakses lagi. 

2 comments:

  1. self-plagiarism, ente.. behahahaa.. *secara gua pernah liad ini di mBlog lamanya ngana, ahahaa.. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener juga ya kata mput.. Tapi kan udah dikasih keterangan dibawah.. Sebut2 plagiarsm jadi ngeri ih..

      Delete