Tips dan Trik Jalan-Jalan Murah ke Siem Reap, Kamboja

Saturday, January 07, 2017 Jasmi Bakri 15 Comments

Hi.. Hello.. Aloha..

Liburan perdana di awal tahun 2017 baru saja berakhir. Sekarang saatnya kita semua balik lagi ke rutinitas dan tanggung jawab masing-masing. 
Kembali ngantor untuk para karyawan, kembali ke sekolah untuk para pelajar, kembali kedunia nyata dimana segudang kewajiban kembali mengikat ^^

Tapi jangan kuatir, kan masih ada persediaan tangal merah di kalender tahun 2017. So, udah boleh mark di kalendernya kapan lagi ada libur panjang dan udah boleh buat persiapan dari sekarang.

Yang paling penting tentuin dulu mau liburan kemana, udah gitu hitung-hitungan bajet yang diperlukan, dan jangan lupa baca tips dan trik menarik liburan murah ke tempat yang dituju. Oh ya, satu lagi, survei juga tempat-tempat menarik yang akan dikunjungi di destinasi liburan kamu nanti.


Sang pemburu sunrise di Angkor Wat, Siem Reap
Nah, liburan tahun baru kemarin, saya memilih Siem Reap Kamboja sebagai destinasi liburan saya. Wah, seru banget berpetualang disana. Kenapa saya memilih Siem Reap? Karena saya penasaran sama salah satu candi yang jadi tempat syuting Angelina Jolie di film lawas Tomb Raider. Sebenarnya liburan ini bisa dibilang mendadak juga. Cuma ada waktu 1 bulan untuk persiapan bajet, hunting tiket murah, dan baca-baca tempat menarik yang harus dikunjungi disana.

Pada postingan kali ini saya ingin berbagi sedikit tips untuk kamu yang sedang merencanakan liburan ke Siem Reap. Tips ini dibagikan berdasarkan kejadian dan pengalaman pribadi. Mudah-mudahan tips ini bisa bermanfaat dan jadi gambaran buat kamu untuk menyusun acara liburan kamu ke sana.


1. Mata Uang


Mata uang Kamboja adalah Cambodian Riel (KHR). Tapi, mostly masyarakat disana menggunakan USD untuk transaksi. Jadi tips #1 adalah tukar uang untuk keguanaan kamu selama liburan di Kamboja dalam USD. Untuk rate IDR ke USD boleh cek disini untuk gambaran. Nah, untuk Reil sendiri kamu boleh tukar sedikit sebelum berangkat ke Kamboja. Tapi kebanyakan money changer di Indonesia gak ada stok uang Reil nya. Untuk Reil sendiri dihargai 4000 Riel per USD 1 (USD 1 = 4000 Reil).

Satu-satunya Reil yang tinggal untuk kenang-kenangan
Reil digunakan untuk pembayaran harga sen. Contohnya gini, kalau kamu beli minuman dengan harga USD 1.50, kamu bisa bayar USD 1 dan 2000 Reil. Atau kayak pengalaman saya beli air mineral botol kecil harganya 1000 Reil, saya bayar pakai USD 1, jadi saya dapat kembalian 3000 Reil (ingat rate diatas USD 1 = 4000 Reil).

Contoh lain, saya beli roti 2 potong. Satu roti harganya 3500 Reil, 2 roti total 7000 Reil kan ya? 7000 Reil = USD 1.75. Jadi, bayarnya USD 1 dan 3000 Reil. Gimana? Ngerti kan! Memang agak bingung juga karna pakai 2 mata uang gini. Tapi jangan kuatir, ntar juga terbiasa sendiri.


So, tips #1.1 gak tukar duit ke Reil juga gak apa-apa. Nanti kan bisa dapat juga pas udah mulai jajan sesampai di Kamboja. It's only about choice. Mau tukar Reil boleh, gak tukar juga boleh. Saya sendiri cuma tuker USD aja sebelum berangkat. Reil pertama yang saya pegang, saya dapat dari kembalian beli air mineral 1000 Reil kayak cerita tadi.


Tips #1.2 Kalau mau tuker ke Reil boleh di Kamboja aja. Sama aja rate nya USD 1 = 4000 Reil. Nukernya gak usah banyak-banyak. Kenapa? Karena mereka pakai Reil kan untuk sen aja. Kalau jajan, walau harga nya dengan Reil, bayarnya tetap pakai USD.


2. Tukar Uang Sebelum Berangkat dan Bawa Sedikit Cadangan Rupiah


Ini pertanyaan saya setiap kali pergi liburan ke luar negeri. Baiknya tukar uang sebelum berangkat ato ntar tukarnya pas sampai destinasi, ya? Jawabannya, tukar aja sebelum berangkat. Banyak untungnya. Lagian kan juga gak mungkin baru sampai di negara orang eh sibuk nyari money changer. hehehe.


Bawa sedikit uang rupiah. Untuk apa? Untuk jaga-jaga aja barangkali bajet kamu habis karna kebanyakan belanja ^^ so kamu bisa nuker rupiah yang kamu pegang.


Tips #2.1 Kalau tukar uang jangan terima uang yang udah koyak dan di lakban gitu. Di kamboja gak akan laku. Kalau terima kembalian juga gitu, liat dulu kondisi uangnya bagus ato gak. Kalau koyak dikit aja, terus minta tukar, "excuse me, can you give me another one". Daripada kamunya yang rugi.


3. Hotel Bus/Sleeper Bus alternatif terbaik dari Phnom Penh ke Siem Reap


Ini tips gabungan dari blog-blog lain yang pernah saya baca sebelum ke Siem Reap. Sebenarnya saya ke Siem Reap via Sihanoukville bukan via Phnom Penh. Jadi gini, setelah landing di Phnom Penh International Airport, saya dan partner travel saya naik tuk-tuk ke stasiun bus menuju Sihanoukville. Kami habiskan setengah hari disana. Udah gitu kami ke Siem Reap dari Sihanoukville dengan hotel bus/sleeper bus. Perjalanannya sekitar 12 jam dengan harga bus USD 16.

Hotel Bus dari Sihanoukville ke Siem Reap
Tenang, dari Phnom Penh ke Siem Reap juga ada hotel bus/sleeper bus lho. Perjalanannya sekitar 7 jam dan harganya sekitar USD 15. Kalau emang berminat, kamu bisa naik bus Giant Ibis.

Kalau kamu jenis traveler yang cenderung menyelesaikan semua urusan transportasi sebelum berangkat, kamu boleh booking seat langsung di websitenya pakai credit card. Booking dengan credit card juga sangat membantu apalagi pas lagi peak season. Bisa jadi seat nya pada sold out karna rame.

Giant Ibis Sleeper Bus Sumber: http://alanbryan.net/
Nih interior bus Giant Ibis
Nah, buat kamu jenis traveler yang lebih fleksibel, kamu bisa datang ke konternya langsung untuk beli tiket sesampai di Phnom Penh nanti.

Bus ini difasilitasi plug charger dan juga wifi. Jadi bikin perjalanan kamu makin nyaman. Kalau ternyata seatnya habis, kamu masih bisa ambil hotel bus lain dengan harga kurang lebih sama.


Untuk schedule nya, dari Phnom Penh ke Siem Reap ada 3 waktu perjalanan dan sebaliknya. Untuk info lengkapnya bisa klik disini. Dan kamu bisa klik disini untuk gambar bus Giant Ibis dan interiornya. 


4. Tau Rata-Rata Harga Tuk-Tuk


Jangan mau ditipu. Itu aja intinya. Jadi kamu harus tau harga tuk-tuk dari satu destinasi ke destinasi lainnya. Ingat, dari airport ke area Central Market dan ke konter Giant Ibis itu cuma sekitar USD 5 ongkosnya. Supir tuk-tuk akan offer kamu harga USD 20 bahkan USD 25. Keluarkan jurus tawar menawar kamu. Kalau mereka gak mau ditawar, cari tuk-tuk lain. Banyak banget tuk-tuk disana, so jangan panik. Cari yang mau ngasih harga segitu, kalau bisa lebih murah ^^


Tips #4.1 Ntar bayarnya pake uang pas aja. Jangan tunjukin kalau kamu bawa banyak duit. Ntar malah gak dapet kurang sama sekali.


Nah, ini tips naik tuk-tuk di Siem Reap. Sebelum kamu kesana, baiknya kamu booking dulu tuk-tuk untuk jalan-jalan kamu selama di Siem Reap. Memang akan banyak iklan layanan tuk-tuk kalau kamu cari di Google. Harganya juga bervariasi. Kebanyakan pasang harga tinggi, contohnya USD 20/orang/hari. Kalau kamu perginya berdua, total USD 40 dong.. Gila gak tuh harganya.


Ini dia solusinya. Ini pure promosi, promosi tanpa dibayar. Karena apa? Karena saya puas banget dengan layanan tuk-tuk yang satu ini. Namanya Bang Salim. Beneran murah banget harga tuk-tuknya. Mau tau harganya?? Silakan kontak langsung dengan beliau sambil tanya-tanya dan nego. 

Berpose di Tuk-tuk nya Bang Salim
Tadaaa... Ini dia Bang Salim yang baik budi
Bang Salim juga fasih berbahasa Melayu dan Inggris. Gak usah kuatir waktu komunikasi dengan beliau. Kalau berminat hubungi whatsapp beliau di nomor (+85) 59-8571-840.

Gak cuma itu, Bang Salim juga pinter banget motret. Beliau juga yang arahin gaya. Nih salah satu hasil jepretan Bang Salim. Aduuuuhh, suka banget sama foto yang ini.
Salah satu hasil jepretan Bang Salim yang jadi favorit saya
Bang Salim juga akan bantu kamu dalam menyusun itinerary kamu selama liburan disana. Beliau juga pasti akan kasih masukan-masukan agar liburan kamu lebih menyenangkan. 

5. Makan di Restoran Halal yang Murah dan Enak (Highly Recommended)



Bang Salim juga punya restoran halal sendiri namanya The Siem Reap Backpackers Restaurant and Bakery. Makanannya enak-enak dan murah. gak akan nyesel makan disini, free wifi dan free sirup atau es teh manis.
Selain murah, porsinya juga banyak. Malah bisa dibungkus lauknya untuk makan selanjutnya. Ini salah satu trik untuk berhemat juga lho.  

Nih saya bagi directionnya (show maps)

Jangan lupa cobain makanan khas Kamboja, Lembu Naik Bukit. Di restorannya Bang Salim harganya cuma USD 6 per porsi. Di tempat lain bisa jadi USD 10 atau USD 12 lho. Jadi tips #5 adalah kamu harus coba makan di restoran ini. 



Cover buku menu
Ini beberapa menu di The Siem Reap Backpackers Restaurant
Cozy dan bersih banget tempatnya
6. Pilih Sim Card yang Sesuai dengan Bajet dan Kebutuhan


Nih penting ini. Apalah arti smartphone tanpa sim card ^^.. Kalau kamu ke Kamboja by flight, keluar dari airport akan ada booth-booth penjual sim card berjejeran. Harga dan paket yang ditawarkan juga beda-beda. Contohnya ada sim card dengan harga USD 5 nawarin paket internt unlimited selama 7 hari.

Ada juga sim card yang nawarin paket data 500 MB untuk 7 hari dengan harga USD 2. Macem-macem deh. Jadi tips #6 adalah pilih sim card dengan paket sesuai dengan bajet dan kebutuhan kamu.


Saya pribadi akhirnya nyantol di sim card Metfone. Harga kartu perdana nya USD 1 dan paket internet unlimited nya USD 5, total USD 6. Ini juga belinya share dengan travelmate saya. Share personal hotspot gitu. Kenapa kami pilih yang unlimited? Selain karena pakai paket datanya berdua, kami juga sering akses Google Maps yang butuh kuota banyak. 


7. Pilih Hotel yang Dekat Dengan Night Market dan Pub Street


Ada banyak banget hotel atau hostel di area Night Market dan Pub Street. Harga nya juga tergantung. Kalau mau murah, ya ambil aja hostel yang satu kamarnya share untuk 4 atau 6 orang. Kamu bisa cari di agoda.com atau booking.com. Dua situs pencarian ini biasanya minta credit card untuk jaminan bookingnya. Kalau kamu ga punya credit card, boleh coba booking di traveloka. 


Kalau emang kamu suka petualangan, ntar aja cari hotelnya sesampai di Siem Reap. Kalau low season sih mesti ada banyak kamar yang kosong. Kalau peak season kayak tahun baru kemarin, wah hotelnya pada penuh.


Restoran eksklusif di area pub street
Area night market yang berkilauan :P
Pub Street yang rame nya pake banget. Abaikan muka berminyak!!
Untuk rekomandasi kamu, coba lirik-lirik Sok San Guesthouse. Share room untuk 6 orang. Ada yang khusus cowok dan khusus cewek. Gak dicampur kok ^^. Harga nya USD 4/orang/malam.

8. Bawa Masker Penutup Hidung dan Mulut

Kenapa? Karena polusi udara di Kamboja parah banget. Gak cuma dari asap kendaraan, tapi juga debu dimana-mana. Udah kayak badai bedu aja. 
For your safety
Tips #8.1 kalau kamu alergi debu (kayak saya), jangan lupa bawa antihistamin atau obat alergi. Dan bawa kacamata juga untuk menghindari kontak langsung debu dengan mata.

9. Menekan Pengeluaran dengan Jurus Tawar Menawar

Biaya hidup di Kamboja itu sebenarnya mahal karena mereka menggunakan USD untuk transaksi. Cara berhemat #1 adalah keluarkan jurus tawar menawar saat belanja souvenir. Kalau mau beli kaos coba tawar sampai dapat USD 1 atau 2/kaos. Kalau mau beli miniatur, minta kurang sekurang-kurangnya :P. Minta harga USD 2 atau 3. 

Cara hemat #2 adalah, bawa botol air sendiri kemana-mana. Nanti kamu bisa isi ulang di warung pas singgah untuk makan. Kalau mau beli air mineral 1 botol besar aja USD 1.50 lho. So, at least kamu udah bisa hemat disini ^^.

10. Jadilah traveler yang mengerti fotografi dan bawa travelmate yang pinter motret

Motret dan dipotret adalah bagian dari jalan-jalan. So, walau pun kamu gak ada passion di bidang fotografi, at least kamu harus tau sedikit gimana motret yang bagus dan benar. Dan bawa travelmate yang pinter moto, biar hasilnya maksimal dan gak ngecewain.

Setiap orang pasti pengen mengabadikan momen-momen saat jalan-jalan. Semua orang pengen hasil gambarnya bagus dan meet the expectation. So, sebelum berangkat, ada baiknya liat-liat dulu foto postingan orang lain. Pelajari angel motretnya, liat-liat juga gaya dan pose yang lucu saat difoto biar lebih menarik ^^. 

Halaman Belakang Angkor Wat

Nah segitu aja dulu tips dan trik jalan-jalan murah di Siem Reap, Kamboja. Semoga bermanfaat untuk kamu.. Semoga liburan kamu ke Kamboja juga menyenangkan :*

Tunggu postinganku selanjutnya tentang tempat menarik yang harus dikunjungi di Siem Reap, Kamboja. 

Thanks for reading and stopping by.

Jangan lupa tinggalkan komentar nya ya..

Kalau mau nanya-nanya juga bisa tinggalkan pertanyaan di kolom komentar.

Dan kalau menurut kamu artikel ini bermanfaat, klik tombol sharenya juga..


Kisses and Hugs!!!!

15 comments:

  1. Haiyaaa...
    Enak liatnya USD1 tp kalo diconvert lagi,,, syedih berbi hahaa...

    Berbanding terbalik sama malaysian yg kaget denger 300ribu, tp pas diconvert jauh lebih murah wkwkwkwk...

    Bolehlah buat dilirik nanti siapa tau ada rejeki kaya Jasmi kemana-mana 😉

    Btw, itu analogi di atas lgsg bikin pusing kaya lg di kelas Pa Dadang ahaha. Ujug-ujug ngitung, bray.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalo di convert ke rupiah jadi syok juga princess ya Mbak Alma..

      Kamboja tergolong mahal karna pake USD itu..

      Makanya aku bagi tips biar liburannya terasa (agak) lebih murah. hahaha

      Aamiin.. Ada rezeki datang ke tempatku dulu sih Al.. :)

      Delete
    2. #UHUK statistigh.. WOW syekaleh kelean..

      Delete
    3. Wah udah mulai halan2 blog ya.. Mari mampir.. Makasih sudah dtg. Maaf gak ada sajian goreng pisang.

      Itung2 gitu aja dibilang wow. Belum dikasih anova two ways.. Ntar nangis..

      Delete
    4. ASLEEEE.. Anova Two Ways hadalah koentji.. adeudeu..

      Delete
    5. btw, makasih ya udah mampir..

      Delete
  2. ude kaya Travelblog syejatih,, penuh endors.. ahahahh.. ngemeng2 poto2nya dikasi tanda aer water mark eah :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar kayak orang2 gitu foto nya dikasih tanda aer.. Biar mirip blogger beneran. Hahaha

      Delete
    2. biarin aja.. cakep.. halakh.. Mi gua puyeng, ini ngapah Yahoo & Gmail gua kaga sinkron, hadeuh.. yg ada putunye si Blogspot yg gada Putunya si Google +. yehelaaah.. #penting

      Delete
    3. Jadi curhat nya disini, biar keliatan bnyk komentar nya di blog ini ya.. dan seperti biasa ngana selalu oot.. wkwkwkwk

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Sis mau nanya dong.. Aku juga mau travelling ke siem reap bentar lg.. Mau nanya2 harga tuktuk.. Bisa minta alamat email g.. Makasii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi there.. Untuk harga tuk-tuk bisa wasap langsung ke Bang Salim di Siem Reap (+85) 59-8571-840. Beliau bisa ngomong melayu kok. Btw, kalau mau nanya-nanya bisa email di anjasbakri89@gmail.com. :)

      Delete
  5. Jadi Kalo ke Kamboja harus siap2in duit Dollar sama KHR/ Riel ya. Btw, busnya keknya nyaman banget ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapin USD aja.. nanti Riel bisa dapet pas disana pas belanja.. biasanya ngasih kembalian Reil.

      Delete