Tips Menyewa Apartemen di Thailand

Wednesday, January 11, 2017 Jasmi Bakri 2 Comments


Contoh kamar dengan faasilitas ranjang dan AC
Kalau teman-teman sedang mencari infomasi bagaimana mencari tempat tinggal di Thailand mungkin artikel ini bisa sedikit membantu. Barangkali ada sebagian dari teman-teman yang akan belajar, bekerja atau ingin menetap di Thailand,  hal yang pertama teman-teman cari adalah tempat tinggal, bukan? 

Tentu saja jika teman-teman berniat untuk tinggal lama di Thailand, apartemen atau kos-kosan bisa jadi salah satu pilihan tempat tinggal. Ya gak mungkin juga sewa hotel untuk waktu yang lama. Tekor bandar. hihihi..

Namun, tentu saja mencari tempat tinggal di negara lain lebih sulit dibandingkan mencari tempat tinggal di negara sendiri. Banyak kendala yang mungkin akan dihadapi. Salah satunya adalah terkait bahasa untuk komunikasi dan lokasi yang sama sekali tidak familiar dengan kita.


Disamping itu juga, banyak hal yang perlu diperhatikan dan dipastikan sebelum memutuskan untuk menyewa apartemen atau kos-kosan.

Berdasarkan pengalaman pribadi yang sempat salah faham dan juga kurang hati-hati dalam mencari apartemen, saya merasa tergerak untuk berbagi tips kepada teman-teman pembaca. 

Berikut beberapa tips yang mungkin bisa bermanfaat buat teman-teman yang ingin mencari tempat tinggal di Thailand.

Tentukan lokasi berdasarkan budget

Sama seperti di Indonesia, lokasi apartemen atau kos-kosan sangat menentukan harga. Untuk daerah kota besar seperti Bangkok, harga kamar kos-kosan berkisar 5000 sampai 10.000 Bath untuk satu bulan. Namun, untuk daerah pinggiran kota atau daerah yang sedikit rural ada banyak kos-kosan atau apartemen dengan harga 2000 - 3000 Bath per bulan. So, sebelum menyewa apartemen, ada baiknya mempertimbangkan berapa besar budget teman-teman. Dan ingat, harga sewa tersebut TIDAK termasuk tagihan listrik dan air lho.

Tanyakan harga tagihan listrik dan air perbulan

Kebanyakan apartemen di Thailand disewakan tidak termasuk tagihan listrik atau air perbulan. Harga tagihan listrik dan air dihitung per unit. Teman-teman harus memastikan berapa harga per unit nya. Pengalaman saya menyewa apartemen pertama kali sesampai di Thailand, saya tidak tau bahwa harga sewa tidak termasuk tagihan listrik dan air. Awal bulan selanjutnya saya terkejut melihat bill tagihan listrik sampai 750 Bath (sekitar Rp. 290.000,-) dan air 100 Bath (Rp. 38.000,-). Padahal kamar saya hanya difasilitasi kipas angin. Jadi, benar-benar pastikan harganya. Dan pertimbangkan juga mahal tidaknya. Harga tagihan listrik berkisar 6 atau 7 Bath per unit. Sedangkan tagihan air dihitung 7 Bath per unit. Namun ada juga apatemen yang memasang tarif 100 atau 150 bath untuk tagihan air perbulan. 

Pertimbangkan fasilitas yang diberikan berdasarkan harga sewa

Bagian balkoni yang dilengkapi dengan  westafel dan spot untuk memasak


Kebanyakan apartemen atau kos-kosan di Thailand sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti ranjang, lemari, meja, dan kipas angin atau AC. Harga sewa apartemen dengan fasilitas kipas angin tentu lebih murah dibandingkan dengan fasilitas AC. 

Perhatikan juga apartemen tersebut ada spot untuk memasak atau tidak (kalau teman-teman berencana memasak sendiri selama tinggal di Thailand). Disamping itu, sebagian apartemen disewakan dengan fasilitas kulkas dan TV, sebagian lagi ada yang menyewakan kulkas dengan harga 300 Bath sebulan.

Jadi, pertimbangkan fasilitas yang diperlukan sebelum menyewa sesuai dengan kebutuhan teman-teman. Saya pribadi lebih memilih apartemen dengan kamar yang sedikit luas dengan fasilitas AC dan spot untuk memasak walau tanpa kulkas dan TV.

Perhatikan peraturan dan waktu kontrak minimal

Sama seperti di Indonesia, apartemen atau kos-kosan di Thailand juga ada peraturan yang harus dipatuhi oleh penyewanya. Hampir semua owner apartemen di Thailand tidak mengizinkan membawa binatang peliharaan dan memasak menggunakan kompor gas. Selain itu, teman-teman juga akan diberitahu lama tinggal minimal. Biasanya 2 bulan, 3 bulan, atau 1 tahun. Tanyakan lama kontrak minimal dan tinggal dalam jangka waktu seperti yang disebutkan dalam kontrak tersebut.

Bayar deposit sesuai dengan nominal yang ditentukan oleh owner

Saat menyewa apartemen atau kos-kosan di Thailand, teman-teman juga wajib membayar uang deposit. Uang deposit ini dibayar sebagai jaminan kerusakan fasilitas dan akan dikembalikan saat teman-teman keluar atau pindah dari apartemen tersebut. 

Kalau teman-teman tinggal tidak sesuai dengan minimal kontrak, maka uang deposit tidak akan dikembalikan. Biasanya uang deposit berkisar 3000 - 10.000 Bath.

Perhatikan keamanan dan kenyamanan

Semua orang pasti ingin tinggal di apartemen atau kos-kosan yang aman dan nyaman. So, sebelum menyewa apartemen perhatikan apakah daerah tersebut aman atau tidak, apakah apartemen tersebut menyediakan parking lot khusus atau tidak. Jangan lupa lock kendaraan teman-teman setiap malam untuk alasan keamanan. ^^ 

Selain itu, perhatikan juga kenyamanan lokasinya. Teman-teman bisa menyewa apartemen yang dekat dengan pasar agar mudah berbelanja keperluan sehari-hari atau jauh dari jalan raya kalau teman-teman suka tinggal ditempat yang tidak bising.

Manfaatkan situs penyewaan apartemen

Bagi orang Indonesia yang baru akan tinggal di Thailand mungkin akan sedikit kesulitan dalam mencari tempat tinggal. Tidak ada salahnya meminta tolong pada rekan-rekan ditempat teman-teman bekerja untuk membantu mencarikan tempat tinggal. Teman-teman bisa emailkan ke institusinya untuk meminta dicarikan tempat tingga. Mereka pasti akan membantu.

Atau teman-teman bisa minta tolong orang-orang Indonesia yang sudah tinggal di Thailand. Kalau memang mereka tidak dapat membantu, jangan panik. 

Teman-teman bisa menggunakan situs atau website untuk mencari apartemen yang teman-teman mau. Dan juga jangan segan-segan menghubungi owner nya via Line/Messanger/Email jika teman-teman ada pertanyaan. Kebanyakan owner yang mengiklankan propertinya bisa berkomunikasi dengan Bahasa Inggris kok.

Nih beberapa rekomendasi website untuk teman-teman yang sedang mencari apartemen secara online: suntalay.com, thaiapartment.com, airbnb.com, thai4rent.com. Situs-situs ini memang berbahasa Thailand. Tapi teman-teman bisa mengubah bahasanya kedalam Bahasa Inggris.

Pilih lokasi yang dekat dengan tempat teman-teman akan bekerja atau belajar. Jangan lupa mengecek lokasi dari Google Maps untuk memastikan lokasinya memang benar-benar didaerah teman-teman akan tinggal. Perhatikan baik-baik semua hal sebelum menyewa. ^^

Itu dia beberapa tips yang dapat saya bagikan dengan teman-teman. Semoga teman-teman tidak bingung lagi mencari apartemen atau tempat tinggal di Thailand.

Semoga bermanfaat.


Thanks for reading and feel free to comment if you have question. ^^

2 comments:

  1. tagihan airnya bayar sendiri, kalau di indo masih listrik yg byr sendiri. mba review kosmetik thailand dong ada ga yang ingrediants nya halal atau free cruly animal, maaf cuma saran sih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tagihan airnya bayar sendiri juga. Landlordnya gak mau rugi kali yak.

      Itu dia mbak, aku gak tau kosmetik halal disini apa. Nanti aku cari infonya. Sementara aku bawa stok wardah dan jafra dari Indonesia. hahaha..

      Btw, makasih masukannya. Dipertimbangkan. hihihi ^^

      Delete