6 Fakta Unik Tentang Thailand yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Thursday, February 16, 2017 Jasmi Bakri 23 Comments


Thailand adalah salah satu negara Asia Tenggara yang banyak dikunjungi oleh wisatawan termasuk wisatawan dari Indonesia. Negara yang diberi julukan Negara Gajah Putih ini dikenal dengan wisata alam, wisata budaya, dan wisata kuliner yang sangat menarik.

Masyarakat Thailand juga dikenal rendah hati, murah senyum dan nggak suka berdebat. Ini dibuktikan seringnya masyarakat Thailand mengucapkan "Mai bpen rai" yang artinya "nggak apa-apa" jika ada kesalahan. Masyarakat Thailand cenderung menghindari konflik satu sama lain. 

Tapi siapa sangka ternyata ada beberapa fakta unik tentang Thailand yang mungkin kamu belum tau. 6 fakta unik dan menarik ini saya alami sendiri sebagai bagian dari culture shock dan sebagian lagi saya dapat informasi dari mahasiswa-mahasiswa saya. Mau tau apa fakta uniknya?

Baca: Tips Menyewa Apartemen di Thailand

1. Thailand Memiliki Nama Ibukota Terpanjang Didunia


Nah, selama ini yang kita tahu nama ibukota Thailand adalah Bangkok, kan? Ternyata nama Bangkok itu panjang sekali yaitu terdiri dari 169 huruf. Nama Bangkok sebenarnya adalah 

"Krungthepmahanakhon Amonrattanakosin Mahintharayutthaya Mahadilokphop Noppharatratchathaniburirom Udomratchaniwetmahasathan Amonphimanawatansathit Sakkathattiyawitsanukamprasit."

Masyarakat Thailand sendiri sering nyebut dengan nama Krungthep aja. Wow, panjang sekali ya namanya. Ayo yang lagi gak ada kerjaan. Coba dihitung, sampai 169 huruf nggak?

Mahasiswa saya lancar sekali menyebut nama panjang Bangkok ini. Ya iyalah, kan nama ibukota negaranya. LOL


2. Menyanyikan Lagu Kebangsaan Sebelum Pemutaran Film di Bioskop

Saat kamu nonton film dibioskop, jangan terkejut kenapa orang tiba-tiba pada berdiri. Kenapa? Yups, sebelum pemutaran film, akan diputar lagu kebangsaan Thailand terlebih dulu. Dan semua orang diwajibkan berdiri. 

Saya juga waktu pertama kali nonton di bioskop sampai kebingungan, ini kenapa orang pada berdiri? Mau keluar teater atau apa nih? Atau jangan-jangan filmnya gagal diputar. Eh, rupa-rupanya kudu mendengarkan national anthem nya dulu. hihihi.. 

3. Masyarakat Thailand Suka Membeli Lotre


Dok. Jazzy Sutti. Penyerahan nomor lotre sebagai hadiah syukuran rumah baru salah satu staf

Lotre di Thailand dilegalkan. Dan masyarakat Thailand hobi sekali membeli nomor lotre. Pengumuman pemenang nomor lotre diumumkan 2 kali dalam sebulan, yaitu setiap tanggal 1 dan tanggal 16. Mereka juga suka menghadiahkan nomor lotre sebagai hadiah ulang tahun atau hadiah syukuran rumah baru. 

Uniknya, masyarakat Thailand suka mencari 'ilham' untuk nomor lotre yang akan dibeli dari pohon-pohon besar. Semacam cari pesugihan gitu deh. Caranya, mereka akan sayat-sayat pohonnya, kemudian bekas sayatan itu ditaburi bedak atau tepung untuk melihat angka yang muncul (dari sayatan tadi). Gak cuma itu, masyarakat Thailand juga percaya bahwa mimpi adalah salah satu petunjuk untuk membeli nomor lotre. Ada-ada saja. ^^

4. Pemutaran Lagu Kebangsaan Dua Kali Sehari

Kalau dinegara kita, lagu Indonesia raya mungkin diputar/dinyanyikan setiap hari Senin saat upacara bendera atau saat memperingati hari-hari nasional lainnya. Nah, di Thailand, lagu kebangsaan diputar dua kali setiap harinya, yaitu jam 8 pagi dan jam 6 sore. 

Lagu kebangsaan ini diputar ditempat-tempat umum seperti ditaman, pasar tradisional, dan kompleks perbelanjaan. Saat lagu ini diputar, setiap orang diharuskan berdiri dan menghentikan setiap kegiatan. Bahkan orang yang sedang berjalan pun harus berhenti, yang sedang mengendarai mobil dan sepeda motor juga seringnya pada berhenti. Sebegitu respeknya ya mereka pada negaranya. 


5. Ada Dua Kali Perayaan Hari Guru di Thailand

Dok. www.farm1.staticflickr.com
Di Thailand ada dua kali perayaan Teacher's Day a.k.a Hari Guru. Secara nasional, hari guru akan diperingati tanggal 16 Januari setiap tahunnya. Yang uniknya, hari guru tanggal 16 Januari ini, diperingati oleh guru junior datang memberi hormat kepada guru senior. Contohnya, saya kan udah jadi guru nih ya. Nah, pada tanggal 16 Januari ini, saya datang dan memberi hadiah atau bunga pada guru SMA saya misalkan, atau ke guru SD saya dulu. Gitu.

Hari guru yang disebut Wai Khru Day yang satunya lagi diperingati dua minggu setelah tahun ajaran baru dimulai disetiap sekolah atau perguruan tinggi. Wai Khru Day ini diperingati oleh siswa/mahasiswa dan guru/dosen disemua institusi. Wai Khru day diperingati sebagai bentuk rasa hormat antar guru dan siswa.

Dok. Pribadi. Wai Khru Day Faculty of Health and Sports Science Thaksin University


6. Memakai Baju Hitam, Putih atau Abu-Abu Selama Satu Tahun

Terhitung tanggal 13 Oktober 2016, hari dimana Raja Thailand Bhumibol Adulyadej mangkat, semua karyawan dari setiap institusi diwajibkan memakai baju hitam, putih, atau abu-abu selama setahun. Saat mengikuti acara formal pun diwajibkan memakai baju dengan warna-warna tersebut. Ini dilakukan karena Thailand berkabung dan merasa sangat kehilangan Raja yang berkuasa hingga 70 tahun ini. 



Itu dia fakta unik tentang Thailand. Semoga bisa menambah wawasan kamu semua.

Thanks for reading ^^

Kamu tau fakta yang lainnya? Sharing dikomentar yak!

23 comments:

  1. Hi Jas, yang nomor dua itu loh... bikin gimana gitu saking nasionalisnya ya hehehe. Itu untuk semua film ya Jas... aku baru tau dari baca ceritamu :) Salam kenal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba.. Salam kenal kembali.. Aku kurang tau sih kalo fil hollywood pada nyanyi lagu kebangsaan ato gak. Soalnya aku sering nonton film Thailand dengan subtitle English. Nah, kalo nonton film hollywood, subtitle nya bahasa Thailand.. Lelah hayati.. hahaha

      Makasih mba, udah berkunjung

      Delete
  2. Satu lagi mau nambahin dikit...thailand terkenal akan horrornya hihi #maklum aku penyuka film thailand
    Aku ladang kagum segitu beragamnya bahasa si dunia, dan thailand adalah yang cukup unik karena prpaduan konsonanya kadang banuak banget ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Film horor Thailand juara euy.. saya gak kuat nontonnya. hehe..

      Bahasa Thai juga lumayan susah belajarnya. Soalnya bukan cuma konsonannya yang banyak, tapi sound nya juga ada beberapa. salah sound, salah arti.

      Makasih udah berkunjung ke blog aku ya mba..

      Delete
  3. swatikhaaaap mbak jasmi xixixi

    lah itu beneran yg ibukota bangkok aslinya panjang kaya gitu? *baru tahu saya*

    salut sama yg hari perayaan guru di thailand, menghargai jasa guru sekali mereka sampai di rayakan 2 kali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sawatdiikhaa mas wisnu. Iya panjang gitu. Cukup sebut Bangkok aja lah.. Atau sebut Krungthep kalau ngomong sama orang lokal.

      Nah, yang paling bagus dari lingkungan sekolah Thailand ya itu. Kentara banget hubungan positif antara guru dan siswa..

      Makasih udah berkunjung ya mas

      Delete
  4. pas acara award kemarin aku juga cengo liat orang pada berdiri. dan aku sukses pake baju gelap selama di bangkok :O cinta banget sama rajanya ya ><

    suika-lovers.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cinta bangeeettt.. Mbak lihat sendiri kan foto raja dipasang dimana2.. Uniknya lagi (aku lupa nulis), sangking respeknya setiap hari sebelum masuk ke ruangan kerja, para karyawan pada hormat (kayak 'wai') sama patung atau gambar raja. hehehe

      makasih udah berkunjung ya mbaaa

      Delete
  5. Keren bener ya. Antara guru dan murid nggak ada lapor melapor polisi kek di negeri kita berati yah. Hikz...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, mbak.. Gak ada jarak antara guru dan siswa. Kayak temen aja gitu.. Tapi mereka tetap hormat. Semoga bisa dicontoh sama negara kita ya mbak..

      Delete
  6. gyaaa...baru tahu kalau orang thailand itu sangat nasionalis banget ya mbak...coba ya indonesia kek gitu tiap mau nonton tfs ya mbak.mksh dah follow.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih juga udah folbek ya mbak.. Kalo di Indonesia diputar gitu juga, agaknya masyarakat setuju gak ya? hihi

      Delete
  7. Asyiiik jd guru d sana makmur ga yaaa?! Peringatannya aja sampe 2 kali.
    Done yaa neng, followers kesekian.
    www.niefem.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ((((makmur)))).. hehehe.. Alhamdulillah lah walau belum bisa beli sebongkah berlian.

      Makasih mbak.. Sering2 mampir ya!!

      Delete
  8. Nomor 2 itulohh yang... hahahahah

    Tapi keren salut sama negaranya.. kayanya Indo bisa nyontoh, secara ABG jaman skrang yg didenger lagu ajeb2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk kita kasih saran ke Cinema XXI.. Ini jadi salah satu cara penanaman rasa nasionalisme khususnya bagi anak muda.

      Delete
  9. berarti dalam sehari bisa 3x dengar lagu kebangsaan kalau weekendnya ke bioskop. :D :D wahh nasionalisme banget sih warga thailand, mba aku udah nyerah baca pas lihat paragraf nama lain bangkok, hihi maap.

    Asmirani-latang.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups.. Kalo malam nya nonton bioskop, berarti kayak minum obat. Sehari 3x. 😂

      Nanti coba klo penasaran, dihitung ya jumlah hurufnya..
      Makasih udah berkunjung ya, mba..

      Delete
  10. wah aku antara kaget kagum atau entah apalah, mereka tiap nonton film mesti nyayi lagu kebangsaan,,, keren juga si kalo dipikir pikir hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo datang kesini mbak.. Trus kita ke bioskop dan mengalami sendiri seru dan tercengangnya.. Saya waktu pertama kali juga gitu. Sampe pasang eksprei emot jatuh rahang.. hihihi

      Delete
  11. Nomor 3, dulu zamannya porkas atau SDSB gitu di Indonesia banyak juga yang kek orang Thailand nih. Ada yang dari inspirasi sampek ke kuburan, pohon besar juga mimpi. Kalo ada temen yang mimpi, mulai deh ngitung2. Entahlah, apa maksudnya. Nyatanya kadang bener dapat kadang juga nggak. Namanya gambling. Btw, panggilannya apa nih? Panggil Jasmi aja atau mi aja, gpp kan? Masih di Thailand kah? Liburan kedepn ada rencana kesana insha Alloh. Meet up yuk. Kalo ke Aceh masih, belum cukup dana#hahaha#tausendirilah Oia, blognya udah tak follow ya,followback ya my Twitter dan G+ jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mereka ada buku panduan mimpi gitu.. Misal mimpi kucing itu nomer berapa. hahaha.. aneh2 aja ya.. yuk meet up. aku ada di Thailand sampe sebelum dideportasi. haha.. btw, ayuk kalau mau ke aceh, aku buat paket wisata murceu2 lho.. #promosi.. Twitter aku folow skrg yaw.. G+ kyaknya udah.. ehhehe

      Delete