Kenalan dengan HOOQ dari Mahasiswa

Tuesday, February 28, 2017 Jasmi Bakri 13 Comments



Saya sangat menikmati kehidupan saya di Thailand. Saya memang jatuh cinta sekali dengan keramahan penduduknya dan juga kekayaan kultur budayanya. Memang sih, saya sedikit kewalahan dengan bahasa Thailand. Dan komunikasi adalah kendala utama saya disini. Kenapa? Karena kebanyakan orang Thailand tidak mengerti Bahasa Inggris dengan baik, saya pun memang sama sekali tidak faham bahasa Thailand. Jadi kalau dipikir-pikir lucu juga saat saya berkomunikasi dengan orang lokal. Ujung-ujungnya kami tertawa karena sama-sama tidak mengerti.

Ini juga terjadi saat saya mencoba berinteraksi dengan mahasiswa saya. Kebanyakan dari mereka akan bengong kalau saya tanya tentang keseharian mereka. Entah karena mereka tidak faham pertanyaan saya, atau mereka tidak tau mau jawab apa. Lagi-lagi, saya dan mahasiswa saya akan tertawa karena 'zonk'.

Dari hasil pengamatan saya, mahasiswa enggan berbicara Bahasa Inggris karena tidak percaya diri. Mereka takut berbuat kesalahan dan khawatir akan ditertawakan. Jadi, membangun kepercayaan diri mahasiswa adalah password atau login access bagi saya untuk mengajak mereka berbicara Bahasa Inggris. Tentu saja memotivasi mahasiswa untuk mempunyai kepercayaan diri yang tinggi tidak semudah mengeja ABC, tidak semudah melakukan sihir 'abrakadabra'. Tentu banyak usaha yang saya lakukan, termasuk salah satunya adalah memberikan topik diskusi yang gampang, seperti 'Talking about Yourself'. 


Saya sering bertanya apa yang mereka lakukan saat mereka punya waktu luang. Salah satu mahasiswa saya menjawab, "I am watching Detective Conan series". Saya pun bertanya lagi, "Did you download the movie from the internet?". Dia menjawab, "No, I watch it online from my smartphone.". Saya pun penasaran dan bertanya lagi, "Can you watch movie online from your phone?". Dia jawab, "From HOOQ, Miss." Mahasiswa saya pun menjelaskan bahwa HOOQ adalah aplikasi yang sangat menarik untuk menonton film. Jadi ini kata mereka tentang HOOQ.

1. Film yang disediakan bervariasi

Mahasiswa saya mengaku puas dengan film yang disediakan oleh aplikasi ini. Tidak hanya film Thailand, tapi juga film Hollywood, Bollywood, bahkan film Korea pun ada. Tidak cuma itu, mereka mengaku juga banyak film lawas yang seru yang bisa dinikmati dari aplikasi ini.

2. Harga langganan yang terjangkau

Untuk ukuran bajet mahasiswa, biaya berlangganan HOOQ terbilang cukup murah dan terjangkau. Kata mereka, mereka bisa berlangganan aplikasi ini untuk seminggu atau sebulan. Tapi kebanyakan dari mereka berlangganan sebulan. Lebih hemat katanya. Apalagi biayanya yang murah. Hanya sekitar 120 Bath atau kurang lebih Rp. 50.000,-. Murah sekali, kan?

3. Bisa menonton secara offline

Ini yang menarik dari HOOQ, yaitu fitur menonton secara offline. Mahasiswa saya mengaku mendownload beberapa film di smartphone mereka untuk bekal menonton kalau-kalau tidak ada koneksi internet. Sebut saja waktu mereka pulang kerumah saat weekend, mereka masih bisa menonton film di dalam bus selama perjalanan dan tanpa harus takut kehabisan kuota. 

4. Subtitle tersedia dalam berbagai bahasa

Nah, kata mereka, aplikasi ini menyediakan berbagai teks terjemahan bahasa diataranya Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Thailand. Mahasiswa saya juga kadang-kadang menonton film Thailand menggunakan subtitle Bahasa Inggris untuk meningkatkan penguasaan kosa kata dalam Bahasa Inggris. Jadi, aplikasi ini sebenarnya juga bisa digunakan sebagai media pembelajaran.





Setelah dikenalkan dengan HOOQ oleh mahasiswa, saya pun jadi penasaran dan segera mengunduhnya lewat smartphone saya. Ternyata HOOQ ini memberikan free trial selama 7 hari saja, setelah itu kita bisa berlangganan dengan harga yang sangat murah. 

Saya juga diajarkan oleh mahasiswa saya bagaimana cara mendaftar HOOQ. Gampang sekali ternyata, setelah download aplikasinya, saya diminta untuk memasukkan nomor handphone dan alamat email saya. Kemudian tinggal verifikasi saja melalui kode verifikasi yang dikirim ke nomor handphone dan email saya. Akhirnya, saya bisa menikmati aplikasi ini. 

Saya pun menonton film Supergirl bersama mahasiswa saya, tanpa memakai subtitle untuk melatih listening skill mahasiswa saya. 

video


Nah, itu dia cerita saya mengenai HOOQ. Ternyata seru sekali berlangganan HOOQ. Saya bisa nonton dimana saja dan kapan saja. 

So, apa pengalaman kamu?



13 comments:

  1. Nice information.. Saya juga tak tau aplikasi ni

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Iya bener.. Kan keren tu bisa nonton lagi di HOOQ.

      Delete
  3. Ciyeee.... Yang ikut lomba.. ciyeeee... Moga menang yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat juga bang mirwan.. Kalo menang, bagi pajak ya.. Haha

      Delete
    2. sama sama ikut lomba buat hooq ini

      selamat bersaing mas, mbak...kalau menang bagi-bagi rejeki ya XD

      Delete
    3. Yeaaayy.. Yang penting ikutan. Menang kalah biasa.. 😂

      Cemumut semuanyaa

      Delete
  4. Menang2... Heheh aminn

    Download lah. Free 7 hari kan yah. Mumpung awal bulan, kuota lgi banyak.. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Free 7 hari. Nanti pasti pengen langganan deh krn ketagihan nonton.. Hihihi

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. wahh..kebetulan sy pake jg ini aplikasi,soalnya tiap beli paket internet pasti dpt bonus kuota buat nonton dihooq,paket khusus nonton hooq disini jg terjangkau,semangat trus dek..kali aja rejeki km menang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Mudah2an menang ya.. Btw, keren bgt bisa dpt bonus kuota nonton. Itu biasanya utk brp film nontonnya??

      Delete