Pengen Sukses? Basmi Kata-Kata Ini Sampai ke Akar-Akarnya

Sunday, February 05, 2017 Jasmi Bakri 4 Comments

http://www.yourmotivationguru.com/

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Salam sejahtera. Lagi pada ngapain nih teman-teman? (Ya, lagi baca tulisan elu lah. Trus ngapain lagi. Garing amat basa-basinya, buk). LOL. Semoga kita semua selalu dalam keadaan baik lahir batin (yang ini gua aminin deh). 

Udah berapa hari ini ide nulis pergi tanpa pamit. Saya tiap hari nanya ke otak saya, mau nulis apa? Entah, jawabnya. Nulis apa? Mau nulis apa? Mau nulis gak? Jawabnya lagi-lagi entah, terserah. Lha, otak gak bisa diajak kerjasama nih. Diiming-imingi eskrem juga gak mempam. Malah nyindir, 'bukannya elu lagi diet, Mi.' Jleb!!!

'Ya sudah lah, libur aja dulu nulisnya untuk beberapa hari', kataku dalam hati. 'Lha, gak boleh gitu dong. Nulis aja apapun. Pokoknya nulis. Ajak si otak mikir dikit, napa? Tegas dong, Mi. Jangan manjain si otak. Aku yang nanggung beban kalo dia manja gitu', protes hati. Ah, mereka ini memang sering banget berantem, gak pernah satu kata. Jadi pengen nabok aja dua-dua nya. hihihi

Saya pun masih sekayak 'mati segan hidup pun tak mau' untuk nulis. Sampai akhirnya saya nemu satu postingan teman saya di facebook yang keren banget. Teh Thesa, begitu panggilannya, nulis tentang 3 kata yang harus dihancurkan untuk mencapai sukses. Wow. Menginspirasi sekali. 'Oh, rupanya idenya ada dirumah Teh Thesa.' pikirku. Harus sering-sering jalan-jalan blog a.k.a blogwalking atau banyak baca biar banyak ilham. 

Oke, mari kita mulai.

Setiap orang pasti pengen sukses. Gak ada yang mau gagal. Orang yang benar-benar pengen sukses pasti akan coba melakuan usaha terbaiknya untuk mencapai apa yang dia mau. 

Ada juga sebagian, yang omdo a.k.a omong doang. Serignya ngomong 'saya pengen sukses, TAPI....' Embel-embel TAPI ini yang bikin gemes. Ingat rumus matematika, kan? Plus (+) dikali Minus (-) sama dengan Minus (-). Nah lho! 

Kalau kamu memang beneran pengen ngedapatin apa yang kamu usahakan selama ini, basmi kata-kata berikut sampai ke akar-akarnya. Jangan biarkan tersisa sedikitpun. Masih nanya kenapa? Karena kata-kata itu akan mempengaruhi pikiran kamu. Dan itu BAHAYA. Kadang penghambat kesuksesan tuh bukan dari pihak lain, tapi dari diri kamu sendiri. 

1. 'Da aku mah apa atuh. Hanya butiran debu.'

Haaaiiisss. Ini kalimat racun yang mematikan banget. Bikin kamu menjudge diri sendiri yang kamu tuh lemah, gak ada power untuk ngerjain apapun. Gak, kamu gak boleh gitu. Bagi semangat diri yang kamu tuh bukan butiran debu, tapi sebongkah berlian yang berharga. Konon kata nya self-motivation itu yang paling berperan lho dalam mencapai sukses. 

Hmmm, masih mau ngeluh dengan kata-kata kayak gitu? Gak asik banget deh!


2. 'Aku gak bisa. Gak ada skill.'


http://www.masterclass.co.uk/
Gak bisa bukan berarti gak mau belajar. Dicoba dulu. Kalau gagal, coba lagi. gagal lagi, coba lagi. Gitu aja terus. Jangan putus asa. Ntar lama-lama mahir sendiri, jadi punya skill deh. 

Dulu pas jaman sekolah saya paling seneng kalo bisa remedial ujian mata pelajaran tertentu (ya seneng lah, ketimbang guru gak ngasih kesempatan remedial, dapat nilai merah deh di rapor). Dengan remedial a.k.a belajar lagi akan bikin kamu makin faham dan akhirnya jadi punya skill.

Stop saying aku gak bisa, aku gak ngerti. Jangan berhenti belajar dan cari tau.


3. 'Ah, gak mungkin.'
http://kendrakinnison.com/
Apanya yang 'gak mungkin'? Yang ada tuh 'gak mau'. Kata-kata kayak gini bikin kamu kalah sebelum bertanding. Gimana mau menang dan berhasil, berperang dan berjuang aja belum. Tetaplah yakin dengan diri sendiri bahwa apa yang kamu mau tuh bisa kamu gapai. Sertakan usaha maksimal dan doa dalam perjuangan kamu. 

Saya selalu ngomong gini ke diri sendiri:


I will wait until impossible becomes possible

4. 'Hmmm, aku udah tau kok.'

Nah, ini nih salah satu penghambat kesuksesan kamu. Belajarlah dari filosofi gelas kosong, yang mau menerima apapun yang baru, bahkan mendengar lagi apa yang sudah kamu tau agar kamu makin tau. Jangan menutup diri dari pengetahuan dan pengetahuan baru. Kalau keseringan ngomong gini, kelar hidup lo! hihihihi


5. 'Aku gak punya uang, gimana dong!'

Ini masalah buat yang baru mau bisnis nih. Kebanyakan orang pengen bisnis tapi ngeluh gak punya uang gak punya modal. Kalau gitu, coba cari bisnis yang modalnya terjangkau. Contohnya saya dan partner saya bikin bisnis jalan-jalan murah. Cuma modal internet doang untuk promote paket-paket yang ditawarkan. Asal mau aja, pasti ada cara. 

Contoh lain, buat kamu yang pengen menguasai Bahasa Inggris misalkan. Jangan ngeluh gak ada duit buat ikut kursus. Media belajar tuh dimana-mana sekarang. Coba pelan-pelan mulai dari update status dalam Bahasa Inggris, baca status-status orang yang berbahasa Inggris. Wah, banyak sekali media belajar gratis disekitar kamu. Asal kamu mau! 


6. 'Teorinya sih gampang, ngerjainnya yang susah.'

Ngerjain sesuatu tanpa pengetahuan teori yang memadai juga bisa kacau. Nah, kalau udah tau teorinya, yuk diaplikasikan. Udah gitu kita baru tau, mana yang lebih gampang. Justru ngelakuin sesuatu setelah tau teori itu jauh lebih gampang lho, guys. 

Baca: 6 Ways to Survive in New Environment
7. 'Mau sih, tapi kayaknya susah deh.'

Iya, semua hal didunia ini ada levelnya; gampang, gampang-gampang susah, susah, bahkan susah banget. Nah, kamu hanya perlu cari tau dan minta bantuan orang-orang sekeliling kalau memang tahapan itu 'susah banget' untuk kamu. Jangan malu meminta bantuan orang lain untuk meringankan apa yang kamu kerjakan. 

Mulai sekarang, coba ngomong ke diri sendiri: 'susah sih, tapi aku bisa kok nyelesaiinnya.' Itu baru top markotop. 

Nah, kesulitan dan tantangan itu sudah jadi bagian dari hidup. Gak bisa dipisahkan, gak bisa dihancurkan, tapi bisa diringankan. Yang harus kita lakukan adalah menghancurkan pikiran-pikiran negatif yang membuat kesulitan itu jadi makin sulit, dan menjadikan tantangan itu seakan impossible untuk ditaklukkan. Jangan jadi manusia lemah, yang maunya melangkah mundur sebelum maju. 

Tulisan ini juga jadi pengingat buat saya pribadi yang ngalamin pasang surut semangat dalam ngelakuin sesuatu. Kadang on fire banget, kadang kek diomongin diatas 'hidup segan mati tak mau'. hihihi..

Ingat firman Allah SWT ini:
Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. (QS. Alam Nasyrah:5-6).
Allah tidak akan mengantarkan kita sejauh ini hanya untuk menelantarkan kita. Tetap cemumut ea kakaq... Fighting!! Kalo kata orang Thailand: Su su na kha... 

4 comments:

  1. postingnya bagus mba motivasi, apalagi pemilihan gambar langsung ke poinya :) btw aku udah folback di google+ makasih yah !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kembali mbak asmirani.. btw, follow blog nya juga dong. hehehe..

      Ini artikel untuk motivasi diri juga sih sebenarnya.. Soalnya aku suka pasang surut semangatnya. hehe

      Delete
  2. oke udah aku follow bloknya, silahkan dicek :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay.. Makasih mbak asmirani.. Sukses selalu ya..

      Delete