Prosesi Wisuda Universitas di Thailand

Tuesday, February 21, 2017 Jasmi Bakri 12 Comments


Wisuda atau graduation day ceremony adalah hari yang paling ditunggu-tunggu oleh para mahasiswa. Gimana nggak? Setelah bergelut dan berjuang menyelesaikan skripsi, tesis atau disertasi, wisuda adalah hari yang paling bersejarah dimana victory sudah ditangan. Yups, LULUS. 

Sama halnya di Indonesia, universitas-universitas di Thailand pun pasti akan menggelar acara wisuda bagi para lulusannya. Acara wisuda ini dihelat digedung besar. Tidak cuma itu, keluarga dan teman pun akan datang beramai-ramai memberikan ucapan selamat. Penjual bunga dan boneka juga ikut mengais rezeki dan berjejer di setiap sudut kampus yang sedang menggelar acara wisuda. Meriah. 

Nah, kemarin (20/2/2017), Thaksin University Phatthalung Campus sedang menghelat acara wisuda. Thaksin University adalah salah satu universitas di bagian selatan Thailand dimana saya bekerja. Sudah dua kali saya menyaksikan prosesi wisuda di universitas ini. Dan apa yang dapat saya simpulkan adalah prosesi wisuda universitas di Indonesia dan di Thailand itu sangat berbeda.

Mau tau apa bedanya? Penasaran, kan?

Ijazah diberikan langsung oleh anak raja

Kalau di Indonesia yang memberikan ijazah adalah rektor atau dekan. Nah, kalau di Thailand ijazah diberikan langsung oleh anak raja. Untuk Thaksin University, anak raja yang datang adalah Yang Mulia Putri Maha Chakri Sirindhorn. 

Dok. http://www.hatyaiok.com

Penjagaan ketat

Lha, wajar dong dapat penjagaan ketat. Kan anak raja mau datang. Polisi dan tentara menjaga di setiap sudut kampus selama 2 hari. Jalan alternatif menuju kampus banyak yang ditutup. Hanya jalan utama saja yang dibuka. Gak cuma itu, selama 1 minggu helikopter wara wiri untuk melakukan pemantauan udara. 

Anak raja datang dengan helikopter

Ada sekitar 2 atau 3 helikopter yang landing di area kampus mengantar dan mengawal anak raja. Kereeeen.. 

Melewati mesin scan

Para wisudawan dan wisudawati serta semua yang memasuki gedung wisuda harus melewati scanner untuk alasan keamanan. Tidak ada yang boleh membawa barang apapun termasuk ponsel kedalam ruangan. 

Dok. Pribadi. Didokumentasikan saat acara gladi bersih

Jadwal wisuda mengikuti jadwal anak raja

Kalau di Indonesia, jadwal wisuda sudah masuk kedalam kalender akademik, kan? So, sudah pasti tanggal wisudanya. Nah, kalau di Thailand mengikuti kekosongan jadwal anak raja. Contohnya, tahun lalu, Thaksin University menggelar acara wisuda bulan Juli, tahun ini bulan Februari. Jadi jadwal wisuda nggak bisa ditentukan a.k.a fleksibel. 

Memakai seragam hitam putih atau serba putih

Para lulusan universitas di Thailand, memakai seragam hitam putih atau serba putih-baik laki-laki maupun perempuan-sebelum memakai baju toga. Seragam serba putih dipakai oleh lulusan terbaik, atau lulusan dengan profesi tentara atau polisi, atau lulusan yang mengikuti program wajib militer. Para lulusan dengan profesi tentara/polisi dan yang mengikuti program wajib militer ini juga memakai sraung tangan putih dan membawa pedang. WOW!!

Tidak sama dengan di Indonesia, wisudawati memakai baju kebaya dengan berbagai warna dan model. Warna-warni seindah pelangi^^. Ditambah lagi dengan riasan dan model hijab yang bervariasi. hihihi... Nah, di Thailand itu simpel. Mereka memakai seragam hitam putih yaitu seragam mereka selama kuliah, riasan wajah yang minimalis, dan hijab yang digunakan juga simpel sekali.

P.s: Kalau mahasiswa di Indonesia kan freestyle gitu ya pakaiannya kalau ke kampus (kecuali jurusan tertentu). Nah beda lagi disini, hampir semua universitas mewajibkan seragam hitam putih untuk mahasiswanya. 
Dok. Maree Indy. Contoh seragam serba putih dan pedang bagi lulusan yang mengikuti program wajib militer

Acara wisuda digelar 4 hari berturut-turut

Ini bukan karena jumlah wisudawan dan wisudawati sampai puluhan ribu, tapi karena banyak proses yang harus dilakukan, mulai dari acara penghargaan tiap fakultas, gladi kotor, gladi bersih dan hari H. Kali ini Thaksin University mewisuda sekitar 3500 lulusan dari semua fakultas baik jenjang S1, S2 dan S3. Jumlah yang standar sih, sama dengan jumlah wisudawan dibeberapa kampus di Indonesia. 

Terus kenapa bisa sampai 4 hari gitu acaranya? 

#Day1

Hari pertama adalah hari prosesi yang digelar dimasing-masing fakultas para lulusan. Para lulusan, ketua prodi, dosen, dan staf semua berbaris didepan fakultas. Para lulusan diwajibkan memakai baju seragam hitam putih dan toga. Dekan, ketua prodi dan dosen memakai baju toga dari universitas lulusan mereka. Sedangkan karyawan memakai baju seragam kerja yang formal. Acara ini dipimpin oleh dekan.

Setelah menyalakan dupa atau lilin didepan patung raja dan berdoa menurut ajaran Buddha (para muslim diam dan memperhatikan saja, termasuk saya ^^), acara dilanjutkan dengan pembacaan ikrar wisudawan dan wisudawati yang dipimpin oleh salah satu lulusan. 

Terus acara dilanjutkan dengan gladi kotor diruang aula fakultas. 


Dok. Pribadi. Lulusan latihan mengambil ijazah

Dok. Pribadi. Serius amat sih. Senyum dong. Kecapean ya?

Dok. Pribadi. Luruskan barisan

#Day2

Hari kedua adalah hari party atau pesta para lulusan. Pesta-pesta ini diadakan diluar kampus. Nah, uniknya, para lulusan dan keluarganya harus mentraktir para adik kelas. Menurut mahasiswa saya, para lulusan harus mentraktir adik kelas yang sama nomor induknya. Contoh, nomor induk lulusan adalah 572103143, nah dia harus mentraktir adik kelas yang bernomor induk 582103143 dan 592103143. Jadi, sudah terorganisir gitu ya. Dan adik kelas itu harus duduk dan makan bersama keluarga si kakak kelasnya. 


Dok. Areena. Nyomot dari Instagram mahasiswa saya

Dok. Areena. Makan enak ditraktir kakak kelas

#Day3

Ini adalah hari gladi bersih yang ril. Para lulusan, dekan, ketua prodi dan dosen berbaris rapi di meeting point mulai dari jam 4 pagi dan kemudian berjalan menuju gedung wisuda. Semuanya memakai seragam hitam putih dan toga sama seperti hari pertama. Terus para wisudawan wisudawati melakukan latihan pengambilan ijazah satu persatu. Jadi, udah kayak wisuda beneran. Kebanyakan lulusan juga udah mulai foto-foto dengan keluarga di booth-booth gratis yang disediakan didalam kawasan kampus. Adik kelas dan teman juga sudah mulai memberikan bunga dan boneka untuk para lulusan. 


Dok. Pribadi. Jam 4 subuh udah pada ngumpul difakultas.

Dok. Pribadi. Ms. Dusanee salah satu dosen jurusan Public Health memakai toga universitas yang meluluskannya

Dok. Pribadi. No comment. Mata sayu mengantuk.


Ket. Proses gladi bersih diruangan wisuda

#Day4

Nah, ini hari dimana anak raja datang dan memberikan ijazah kepada para lulusan. Prosesnya persis hari ketiga. Setelah mendapat ijazah, dilanjutkan dengan pembacaan ikrar wisudawan-wisudawati yang dipimpin oleh satu orang lulusan, dan dilanjutkan dengan pidato Yang Mulia Putri Maha Chakri Sirindhorn selama kurang lebih 2-3 menit. 

Uniknya lagi, para lulusan yang sudah mendapat ijazah tidak boleh duduk sebelum semuanya mendapatkan ijazah. Kebayang gak, gimana capek dan pegelnya para lulusan? Gak apa-apa, ini kan hari bahagia. hihihi


Ket. Prosesi pengambilan ijazah yang dibagikan oleh Yang Mulia Putri Maha Chakri Sirindhorn
Itu dia beberapa perbedaan prosesi wisuda di Indonesia dan di Thailand. Unik dan menarik, kan? 

Yuk, ceritain juga uniknya prosesi wisuda dikampus almamater kamu..

Thanks for reading ^^





12 comments:

  1. weh, jam 4 subuh udah ngantri di kampus buat wisuda?
    di indonesia mah yg cewe-cewe jam segitu lagi antri make up XD

    di thailand udah berapa lama mbak? blogpostnya kebanyakan ttg thailand semua euy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Iya, kalo di Indonesia yang cowok2 jam 4 masih tidur kayaknya ya..

      Saya di Thailand udah 9 bulan. Bosen ya postingan tentang Thailand mulu. lol

      Delete
    2. WOW! 9 bulan...udah lancar bahasa tagalog dong mbak ^^

      Delete
    3. Bahasa Tagalog bahasa Filipina ya? Bahasa Thai saya masih kurang lancar karena susah ngucapinnya. Banyak sound. Beda sound beda arti. hihi

      Delete
  2. wih ribet juga ya.. kalo di Indonesia bisa diprotes..wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Acara wisuda malah jadi acara demo ya mbak. Syukur di Indonesia gak seribet ini..

      Delete
  3. Wiih langsung berhadapan dengan anak raja. Kalo universitasnya banyak di sana, pasti sang anak raja bakal sibuk banget ya di bulan2 wisuda :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiap universitas beda-beda anak raja yang datang. Universitas tempat saya kerja dibawah putri sirindhron.. Gituuuu.. Makanya kudu ikut jadwal yang mulia.

      Delete
  4. Rempong banget ya mba O.O jadi bersyukur aku di Indonesia hihu. Mba, aku boleh nanya tentang widget di blog sama mba ga??

    Suika-lovers.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga syukur di Indonesia dateng terus duduk manis di ruangan wisuda. haha..

      Boleh kalau mau nanya. Aku jawab sebisanya. Soalnya aku juga newbie banget. hehe

      Delete
  5. unik ya mbak wisuda di Thailand ...he3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya unik ya.. Bisa pegel kaki prosesinya beberapa hari. Udah gitu ketukang pijit. haha

      Delete