5 Hidangan Penutup yang Wajib Kamu Coba Saat Traveling ke Thailand

Friday, August 25, 2017 Jasmi Bakri 24 Comments

Apalah arti makan berat tanpa hidangan penutup a.k.a dessert. Dessert apa yang paling kamu suka? Es krim? Pudding? Atau buah-buahan? Ah, apa aja lah yang penting menyegarkan dan enak, ya kan. 

Nah, sebagai penyuka dessert, setiap kali makan berat di restoran, saya pasti kadang-kadang akan pesan hidangan penutup. Yah, tergantung isi dompet sih sebenarnya. Lol. Di Thailand juga saya gak lupa nyicipin dessert yang populer di kalangan masyarakat. 

Ini dia 5 hidangan penutup yang wajib kamu coba saat traveling ke Thailand. Semuanya adalah dessert yang saya suka dan sering banget saya buru. Sebagian adalah hasil rekomendasi mahasiswa saya. Sebagian lagi karena gak sengaja order dan kemudian jatuh cinta. Yuk mari.. 

MANGO BINGSU



Sebenarnya Bingsu ini berasal dari Korea. Bingsu adalah dessert yang paling populer dan dijual di restoran cepat saji gitu. Nah, di Thailand juga banyak yang jual Bingsu di kafe-kafe. Rasanya seger banget. Es nya diserut halus banget, teksturnya lembut, jadi rasanya kayak makan es krim gitu. Apalagi di tambah topping susu kental manis, potongan mangga dan saus mangga yang seger. Rasanya bikin melted di mulut. Selain Mango Bingsu ada juga Strawberry Bingsu dan Mix Fruits Bingsu. Harganya variatif sih mulai dari THB 120 - THB 170.


CHOCOLATE BINGSU



Sama ceritanya kayak di atas, beda Mango Bingsu dan Chocolate Bingsu ya di topping nya aja. Taburan coklat bubuk dan tambahan beberApa potong brownies diatas gunungan es serut ini enak banget. Manisnya pas. Apalagi ada bintang tamu saus coklat dan susu kental manis bikin mau lagi dan lagi. Harganya sama aja, kisaran THB 120 - THB 170 tergantung mewahnya restoran atau kafe nya. haha

KHANOM PANG (ROTI BAKAR)



Gak ada yang spesial sih dari roti bakar di Thailand. Sama aja kayak roti bakar di Indonesia dan dimana-mana pada umumnya. Khanom Pang, gak cuma jadi hidangan penutup favorit saya, tapi juga jadi bahan cemilan sehari-hari ^^. Soal harga, dessert ini yang paling murah. Cuma THB 15 - THB 30 aja. kamu juga bisa pilih mau cocol susu kental manis, selai coklat, atau selai srikaya. 

ICE CREAM BROWNIES



Dessert hasil kombinasi brownies coklat dan es krim vanila atau es krim coklat ini lezat banget. Platingnya aja udah menarik, apalagi rasanya. Brownies dan es krim nya sama-sama lembut dan melumer di lidah saat dimakan. Asli, enak banget. Duh, tiba-tiba jadi kepengen makan dessert ini. Harganya antara THB 100 - THB 150 per porsi nya. Kamu juga bisa pilih rasa es krim nya. Ada rasa Keladi, Stroberi, Kelapa, Vanila, Coklat, rasa yang dulu pernah ada, rasa yang lama terpendam, dan es krim Pelangi, tinggal pilih aja rasa favorit kamu. Sluuurrppp


ES SERUT PELANGI


A post shared by Jasmi Aldebaran Bakri (@jasmi_bakri) on


Saya gak tau bahasa Thailand nya apa. Yang pasti Es Serut Pelangi ini gak kalah segar dari Bingsu. Serutan es nya agak kasar berbanding Bngsu. Dibagian dasar hidangannya ada cincau, nata de coco, roti yang dipotong dadu, dan cendol. Nah, di bagian atas ada susu kental manis dan juga sirup-sirup aneka rasa aneka warna yang disiram di atas gunungan es serut tadi. Yah, mirip-mirip es serut jaman saya SD dulu lah gitu. Harganya juga murah sih THB 15 aja. 

Itu dia 5 hidangan penutup di Thailand yang wajib kamu coba. Sebenarnya ada banyak lagi jenis hidangan penutup tradisional khasThailand. Cuma gak cocok dengan lidah saya, baik karna terlalu manis atapun karena ada aroma atau rasa melati dalam hidangannya yang bikin saya eneg. 

Kalau kamu? Apa dessert kesukaanmu?

24 comments:

  1. es serut pelangi itu sangat menggoda, dimakan siang hari pastinya seger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas panas terik seger banget kayaknya yak. hihi

      Delete
  2. Everything looks so good esepcially the chocolate dessert and toast looking food.

    xoxo
    Rina Samantha
    http://www.andshedressed.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Samantha.. I love the chocolate one.. ^^

      Delete
  3. Es Serut Pelanginya ngawe-awe...

    ReplyDelete
  4. nyesal baca blog kak jasmi siang-siang, jadi pengen makan semuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga nyesel nulis artikel ini. haha

      Delete
  5. jadi pengen banget ke thailand kulineran
    mbak asmi nih bikin ngiler ihiihihiw
    minimal nih cari semua menu itu di sini dulu haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masukin ke list aja dlu. Nanti cobain deh. hihih

      Delete
  6. Ah, pengen ke Thailand gara-gara lihat gambar-gambar menggoda di atas. Tapi sayang, ane kagak punya paspor :v. Di Indonesia ada kagak yak :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo bikin passport.. Kita jalan bareng ^^

      Delete
  7. Lah, tak kira di luar negeri ngga ada es serut macam itu mbak.
    Ternyata malah ngga kalah populer ya? Tapi yang menarik perhatian & bikin penasaran mah tetep yang bingsu-bingsu itu. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak di Indonesia juga yak. Cuma bedanya es serut di Indo kayaknya gak pake cincau2an deh.

      Delete
  8. Mango bingsu itu sungguh menarik. Jadi pengen menyicipi.

    Salam,
    http://alrisblog.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi alris.. Terimakasih sudah mampir ^^.. Iya mango bingsu memang seger sih

      Delete
  9. Aku pilih es krim brownies itu aja deh jas.
    Pesen satu yaaa...

    ReplyDelete
  10. Takpikir manggo bingsu itu manggo sticky rice, ternyata es mangga to
    Dulu aku pernah nonton meteor garden (((METEOR GARDEN OMAIGAAAD))), Trus ada adegsn shamcai yg lagi makan es mangga. Brarti yd deseu makan manggo bingsu kali y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sticky rice juga jadi makanan andalan di Thailand. Tapi jarang nemu di restoran mbak. Jadi gak aku masukin ke hidangan penutup. hehe

      Delete
  11. 1. Assalamualaikum wr. wb.
    2. Hmmm, mbak barokah barokah. Esnya banyak macem. Hmmm barokah barokah.
    3. Aku pernah makan mango bingsu di hotel XXX pas ke Bali, enak, tapi aku jadi besoknya hanya bisa mengais rezeki dari nasi kotak yang dibagikan.
    4. Es serut pelanginya lebih mirip aurora, harusnya namanya es serut aurora, Hanya saran.
    5. Sudah, wassalamualaikum wr. wb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Waalaikumsalam wr.wb
      2. Iya banyak. Alhamdulillah ^^
      3. Mehong yak. Gak apa2 yang penting udah pernah nyicipin toh. Gak nyesel kan?
      4. Baiklah, entry selanjutnya kalo bahas es serut lagi, akan aku kasih nama es serut bianglala. #eh.
      5. Terimakasih, wassalam.

      Ada2 aja nih si Ikrom. Komennya juara!

      Delete
  12. Mango bingsu sedap!! 😍 Jasmi pernah rasa bingsu di The Hanbing Korean Dessert Cafe Bangsar? Nanti ada kelapangan, boleh cuba bingsu di sana. Sedap. Memang win 😍

    Boleh baca entri Siqah di bawah juga :)

    http://www.siqahiqa.com/2015/10/hanbing-korean-dessert-cafe.html?m=1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jasmi pantang ada orang recommend cafe bagus. hahaha.. Terus masuk dalam list. Thanks Siqah..

      Delete