5 Menu Andalan Khas Aceh yang Dihidangkan Saat Lebaran

Saturday, June 09, 2018 Jasmi Bakri 10 Comments

Tibalah sudah pesta lebaran hari Raya Idul Fitri. Jiwa yang baru, pakaian baru, cerminan kebahagiaan. (Lebaran - Rhoma Irama) 
Hari raya atau lebih sering disebut lebaran adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat islam di seluruh dunia. Iya dong, setelah sebulan berpuasa dan berjuang agar menjadi hamba Allah yang lebih bertaqwa, sampailah saat dimana kita merayakan kemanangan. 

Selain itu juga lebaran bisa dibilang momen meriah dimana seluruh anggota keluarga, tetangga, sanak saudara berkumpul, halal bi halal, dan saling maaf-memaafkan. Gak cuma itu, semua orang seakan mempersiapkan segala sesuatu dengan sebaik mungkin mulai dari baju baru, membersihkan rumah, hingga menukar uang di bank dengan uang kertas baru untuk dibagi-bagi sebagai THR. Ah, kalau ngebayangin lebaran tuh rasanya gimana gitu ya. Indah banget lah pokoknya. 

Nah, berbicara soal lebaran, gak asik kalau gak cerita tentang makanan khas yang enak dan juga segala jenis kue yang dihidangkan untuk menjamu tamu. Menu makanan ini menjadi pelengkap kemeriahan saat bersilaturrahmi. Apalagi kalau membahas kuliner khas Aceh yang bisa dicicipi saat lebaran, memang gak akan ada habisnya. So, berikut 5 menu andalan khas Aceh yang dihidangkan saat lebaran yang memiliki cita rasa tinggi.

(Baca: Adee Kembang Tanjong: Legit, Rasa Selangit)

Lontong sayur


Source: witaworld.wordpress.com
Makanan yang satu ini ibaratnya makanan utama saat lebaran. Gak heran kalau kebanyakan orang mencari-cari makanan ini saat bertamu ke rumah-rumah tetangga. Lontong sayur ini agak berbeda dengan ketupat dan opor ayam yang popular di pulau Jawa. Sesuai namanya, sudah tentu kuah lontong ini berisi sayuran seperti wortel, nagka muda, pepaya muda, labu siam, dan kacang panjang (bisa dipilih sesuai selera). Untuk lontongnya sendiri dibuat dari beras yang dikukus dan dibalut daun pisang.

Lontong sayur ini akan terasa lebih nikmat jika dimakan dengan rendang daging, tauco cabe hijau dan udang, sedikit kacang kuning yang telah ditumbuk agak halus, dan emping melinjo sebagai bintang tamu. Sebagian orang ada yang mencampurnya dengan mie lidi (spaghetti lokal Aceh). Rasanya mantap, bikin pengen nambah.

(Baca juga: Lampuuk, Pantai Eksotis Primadona Aceh)

Tape ketan


Source: cookpad.com

Makanan berikutnya yang sering tampil meramaikan suasana lebaran adalah tape ketan. Makanan yang dibuat dari beras ketan yang di campur ragi ini berbentuk bulat dengan berbagai warna, seperti merah, hijau dan putih. Ada juga yang membuatnya menggunakan beras ketan hitam. Makanan ini sangat popular di Kabupaten Pidie. Rasanya manis dan agak asam. Tape ketan ini biasanya dimakan dengan air rendamannya yang sedap dan manis. Ada juga yang menyantapnya dengan payeh (ketan bakar).

Timphan


Source: Pinterest

Gak cuma waktu lebaran, timphan ini sebenarnya sangat mudah didapat pada hari-hari biasa seperti di warung kopi. Hanya aja kalau gak ada juadah ini saat hari raya, rasanya gak lengkap. Timphan ini adalah kue khas Aceh banget yang diolah dari pisang, tepung terigu dan gula. Untuk inti kue ini bervariasi tergantung selera mulai dari asoe kaya (serikaya) atau isi kelapa. Adonannya dibalut pakai daun pisang muda dan dikukus.

(Baca juga: 5 Hidangan Penutup di Thailand yang Harus Kamu Coba)

Bhoi


Source: tastycraze.com

Kue yang juga disebut bahulu ini bentuknya sangat unik. Kue ini dibuat dalam berbagai bentuk seperti bentuk ikan dan bunga. Kue yang yang memiliki tekstur lembut ini diolah dari tepung terigu, telur dan gula. Sama seperti timphan, kue bhoi ini gampang didapat pada hari biasa. Cuma, karena enak dan juga sangat terkenal di kalangan masyarakat, jadi gak afdal rasanya kalau gak menghadirkan kue bhoi sebagai bintang tamu saat lebaran.

Es buah


Source: vemale.com

Selain sirup orange dan sirup merah, es buah juga jadi andalan minuman yang disuguhkan saat lebaran. Cara bikinnya juga gampang. Potong aneka buah seperti bengkoang, nenas, pepaya dan sunkist berbentuk dadu kecil, tambahkan air dan sirup leici. Tambahkan juga nata de coco atau biji selasih untuk rasa yang lebih segar. Gampang banget kan cara bikinnya.

Nah, itu dia 5 makanan yang dihidangkan saat lebaran di Aceh. Apa menu andalan saat lebaran di daerahmu?

10 comments:

  1. Saya udah coba yang lontong sayur itu. Rasanya beneran enak banget deh, jadi pengen coba lagi pas baca ini. Loh itu ada tape ketan yah, sama nih kayak yang ada di makassar, tapi di sini tapenya beda dari warna dan pengolahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tape kayaknya ada di mana2 deh. Cuma beda bahan dan cara pengolahannya aja sih. Sebagian daerah ada yang bikin tape dari ubi kan ya?

      Delete
  2. Saya sudah pernah coba semua.

    Sama sih, tidak jauh beda dengan di tempat saya, lontong daun sama kue bolu, hidangan kalau lagi lebaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lontong yang dibungkus daun pisang ya maksud nya?

      Delete
  3. Replies
    1. Apalagi baca artikel ini pas matahari tepat di atas kepala kita yes. hehe

      Delete
  4. Es BUah? Hommaigaadd! Menggoda banget sih. Jadi kering tekak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wagelaseeeeehhhh.. Tiba2 aku jadi haus. haha

      Delete
  5. Lontong sayur itu kesukaan saya loh hehehe, makanannya enak2 semua

    ReplyDelete
  6. Aku org medan, merantau k jakarta tp 18 thn dari bayi, aku habiskan di aceh utara :D. Jd makanan2 khas aceh di atas aku kenal banget dan sukaaaaaaak. Gosh ngeliatnya malah lgs kangeeen ama aceh :(. Udh lama ga kesana. Gulai kambing ala aceh juga jd favorit keluargaku mba tiap lebaran.

    ReplyDelete