Buka Puasa Bersama di Konsulat Jendral Republik Indonesia Songkhla Jilid 3: Keakraban yang Indah

Sunday, June 03, 2018 Jasmi Bakri 10 Comments


Seperti biasanya setiap hari Sabtu Konsulat Jendral Republik Indonesia Songkhla, Thailand, ngadain acara bukber dengan menu makanan yang Indonesia banget. Acara ini udah jadi tradisi yang akan dilaksanakan setiap tahun. Siapa aja warga Indonesia yang tinggal di Thailand bagian Selatan boleh ikut meramaikan acara ini. Lebih rame lebih seru kan ya. Dan yang penting apa saudara-saudara???? Yang penting GRATIS. Nah, itu. Harap maklum. 

Kemarin adalah hari Sabtu ketiga dalam bulan Ramadhan ini yang susunan acaranya sama aja, tapi dengan menu buka puasa yang beda. Yang jelas, masih sangat Indonesia sekali. Lol. Acaranya dimulai dari ngobrol bareng sambil nunggu bedug, iftar dengan yang manis-manis kayak saya, solat magrib berjamaah, makan berat, solat isya dan taraweh berjamaah, dan pulang dengan nenteng bekal untuk sahur. 



Liat susunan acaranya aja udah kepengen ikutan kan ya? Yang paling ditunggu-tunggu itu ya pas nenteng bekal untuk sahur. Lagi, harap maklum ya. Anak rantau emang bahagianya sesimpel itu. Makanya saya jarang ngelewatin acara yang diadain Konsulat Indonesia. Soalnya cuma di acara-acara itulah saya bisa temu kangen sama makanan yang memiliki cita rasa yang tinggi, Kuliner Indonesia. Hehe..




Kali ini menuya telur sambel, kuah lodeh, ayam goreng, sate, risoles, nugget, sambel terasi, jeruk, rambutan, es buah nata de coco, dan banyak lagi lah. Yang jelas enak semuanya. Memang ibu-ibu konsulat jagonya masak. 


P.s: Oh ya, sedikit info, bukber jilid #2 saya gak ikutan karna ada hal, yang sebenarnya gak penting-penting banget sih, yang harus dikerjakan. Pas dikasih tau menu bukanya ada risoles dan tahu isi, saya jadi nyesel gak ikutan. Yang bikin tambah nyesel tuh ongkosnya dibayarin konsulat pulak. hehehe.. Belum rezeki. 

Keakraban yang Indah


This country, the Republic of Indonesia, does not belong to any group, nor to any religion, nor to any ethnic group, nor to any group with costums and traditions, but the property for all of us from Sabang to Merauke. _Soekarno_
Buka puasa bersama kali ini terlihat lebih seru dan lebih terasa keakrabannya. Gimana gak, tamu undangannya rame banget. Yang ramein tuh mahasiwa-mahasiswa yang sedang PPL di Thailand bagian Selatan. Wah, heboh banget lah. Kami cerita banyak hal, mulai dari sport lub, suka duka mahasiswa tingkat akhir yang sibuk ngelab, dan pengalaman-pengalaman lucu selama berada di Thailand. 

Keakraban ini gak cuma terjalin dengan sesama warga, tapi juga dengan ibu-ibu dan bapak-bapak pegawai konsulat yang helpful dan understanding banget. Mungkin karna udah sering ketemu, jadinya makin akrab ya. 



Saya ingat banget kata Ibu Reno, salah satu pegawai Konsulat Indonesia Songkhla, sebelum pulang:

Saya gak pernah ngekos, tapi hidup saya selalu berurusan sama anak kos. Jadi saya paham betul kebutuhan mereka ini. 
Ya maksud nya ngerti kalau anak kos itu paling bahagia kalau dikasih tentengan. Hehe. Itu juga ngobrolnya juga ada maksud dan tujuan kok, minta dibayarin Tuk-Tuk (angkot_red) sama konsulat. Emang kalau dipikir-pikir kayak gak tau diuntung ya, udah makannya gratis, masih mau digratisin ongkos pulak tuh. hehehe.  

Tapi itu gak jadi masalah kok, Konsulat Indonesia di Songkhla ini memang dermawan banget. 

Flahsback ke beberapa bulan lalu, satu pesan yang di sampaikan mantan Bapak Konsulat, Bapak Triyogo Jatmiko bahwa sepeninggalan beliau semoga kebersamaan dan keakraban yang sudah terjalin dengan sesama warga dan juga dengan pegawai konsulat tidak akan pernah terputus. Tetaplah menjaga silaturrahmi dan jangan segan datang kalau Konsulat Indonesia mengadakan acara apapun. 


Ternyata hidup di perantauan gak semenyeramkan yang kita bayangkan. Sebagaimana Allah memberi kita makan dan keluarga di Indonesia, begitu juga Allah akan memberikan kita makan dan keluarga di negara lain. So, belajarlah yakin kepada Allah, ya gengs.

Have a nice day ^^



10 comments:

  1. Aaaaaaaaaaaaaaaa sedihhhhh jadi kangeeeeen T_T waktu itu saya di sini merayakan HUT RI yang ke 72 T_________T

    Salam aja deh kak untuk bangunannya u.u

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo nida balik lagi ke Thailand. Hehe

      Delete
  2. aku suka baca keseharian mba, unique~ semangat terus puasanya mba!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat banget dong mbak annafi walau gak ada es kepal disini. Hahahaha

      Delete
  3. Weuuggghhh, jadi ingin sore-sore ke Thailand hanya untuk buka puasa😎

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi Broe gak ada jala2 dan mie cluek gimana dong?

      Delete
  4. Itu waktu ngambil lauknya, siapa yang fotoin dedek Jasmi? Bilangnya gimana? hahahha ~

    Kak Icem terhura sekali baca pesan ibuk yang paham kehidupan anak kos T_T

    ReplyDelete
  5. saya sangat kagum bagi orang - orang yang sudah mendedikasikan dirinya untuk hidup diluar tanah yang tidak bisa berbahasa indonesa..

    i dont know, but i admire it so much

    ReplyDelete
  6. Wah seru banget bisa ikutan acara bukber. Ngomong-ngomong acara ini udah mulai sejak kapanmbak? Bagus dong kalau tiap minggu malah jadi mempererat silaturahmi

    ReplyDelete
  7. Asik, keren dan berfaedah sekali kehidupan Akak ini ...

    ReplyDelete