What They Say About Indonesia - Apa Kata Mereka tentang Indonesia

Tuesday, July 24, 2018 Jasmi Bakri 10 Comments


Source: out of town blog

Topik ini diangkat sesuai dengan request Mbak Annafi, blogger kece dari Jakarta yang jam terbangnya gak usah diragukan lagi. Jadi awalnya saya curhat kok akhir-akhir ini saya malas sekali untuk menulis, jarang blogwalking juga. Nah, mbak blogger ini malah ngasih saran, "Mi, aku request dong. Tulisin tentang apa pendapat orang Thailand tentang Indonesia?" Triiiing!! Tiba-tiba bola lampu berpijar di atas kepala saya. Enaknya curhat ke sesama blogger ya gitu, ada aja ilham yang didapat. Saya pun langsung eksekusi. Kalau ditunda lagi, pasti ntar malas lagi nulisnya.

#wow, mimpi apa semalam, nulis paragraf pertama aja sepanjang itu. lol

Well, selama kurang lebih 2 tahun saya hidup di Thailand, saya ketemu banyak orang dari berbagai negera. Mereka sering mengira saya ini adalah muslim Thailand saat saya bilang "I'm from Indonesia". "I thought you're Thai Muslim". begitu jawaban yang sering saya terima. Entah mungkin karena wajah saya mirip dengan orang tempatan dan saya juga bisa ngomong Bahasa Thai lumayan bagus.

(Baca: 5 Restoran Halal di Bangkok)

Semakin sering saya memperkenalkan diri sebagai orang Indonesia, semakin besar rasa bangga akan negeri tercinta. Your country is really beautiful. Begitu kata orang-orang yang saya temui. Dan memang benar, Indonesia itu Indah. Keindahannya sudah mendunia. Keberagaman budayanya sudah dikenal secara global. Apa gak bangga saya dengan negara kepulauan, tanah tumpah darahku ini?

Nah, dalam beberapa kesempatan, saat jalan-jalan misalnya, saya sering ketemu dengan traveler dari negara lain. Dasar saya orangnya cerewet ya, saya sering banget ngajak ngobrol bule-bule. Saya pasti akan tanya "Have you ever visited Indonesia?" atau "What do you like the most from Indonesia?".

Sara - Germany - Engineer


Dok. Pribadi: Sara di Angkor Wat, Siem Reap Kamboja
Dok. Pribadi: Amazing Borobudur
Sara misalnya, seorang insinyur dari Jerman, teman satu dormitory saya saat jalan-jalan ke Siem Reap, Kamboja, bilang "You're Indonesian? How lucky you are. Your country is extremely beautiful. I do love it. I wish I can come back one day". Saat itu dia cerita dia sudah ke Bali. Dia ingin sekali ke Raja Ampat. Dia juga cerita kalau dia suka wisata sejarah sekayak candi-candi gitu. "I can't imagine how amazing our ancestor was". Saya bilang, ke Jogja aja. ada candi Borobudur yang masuk dalam daftar keajaiban dunia. "I've put it on my list". Kalau kamu jadi saya waktu itu, kamu pasti bisa ngerasain sebangga apa saya waktu itu.

(Baca juga: Tips Jalan-Jalan Murah Ke Siem Reap, Kamboja)

Mbonjo Martins - Cameroon - Teacher


Martins adalah teman saya sesama guru Bahasa Inggris di Thailand. Saat itu saya dapat DM di Instagran dari Martins. "Jasmi, you know what, I will visit Bali this holiday. I'm very excited you know". Saya bisa rasakan kebahagiaan dia soalnya waktu ketemu, dia semangat cerita kalau dia pengen banget ke Bali. Beberapa kali gagal karena dia belum tau kapan pastinya libur sekolah. "I'm happy that you will go to my country soon. Savage!", saya balas gitu. "Most of my friends have already visited Bali, and they said Bali is just incredible. That's why I can't wait to see it", tambah dia lagi.

Kelihatannya dia memang menikmati sekali liburan dia di Bali soalnya saya ikutin IG story dia dari awal sampai akhir. Pas dia pulang ke Thailand, saya iseng nanya, "How was your holiday?". Dia balas, "It was amazing. Your country is really Amazing. I like everything about it, the food, the people, the cultures. I love Indonesia overall". "I'm happy you're happy. Come visit us again next time", kata saya.

(Baca juga: 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Di Phuket agar Liburanmu Makin Seru)

Unnamed - Germany - Traveler


Dok. Pribadi: Sabang

Di kesempatan lain, saat sedang menunggu van menuju Koh Mook, Thailand, saya ketemu sama traveler cowok asal Jerman yang saya lupa tanya namanya. Saat dia tau saya orang Indonesia, dia langsung ngajak ngobrol pakai bahasa Indonesia "Selamat siang, Apa kabar? Mau kemana?" Gitu katanya. "Mau ke Koh Mook", saya jawab. Dia bilang "Why you visit Thailand, while your country is much more beautiful?" Saya jawab kalau saya kerja di Thailand, jadi pas weekend saya sering jalan-jalan seputar Thailand.

Dia tanya lagi, "Which part of Indonesia are you from?". "Aceh", saya jawab. "Really? I followed the news about tsunami disaster. It was so terrible. How can you survive?" Jadi lah saya cerita tentang tsunami dan gimana keluarga saya bisa selamat. Dia bilang, "Early this year I visited Aceh, I visited Museum Tsunami. I watched the video, you know, I cried. I do feel what you guys feel that time", katanya. "I love Aceh. I will come back for sure. It has something, I don't know what, that attract me".

(Baca juga artikel ini)

Saat itu saya bangga dua kali lipat. Bangga sebagai orang Indonesia, bangga sebagai orang Aceh. Kemudian, kami ngobrol hal lain tentang gimana saya dan travel partner saya, Farah, dari Malaysia bisa ketemu dan punya bisnis travel bareng.

Nah, itu dia pendapat beberapa orang tentang Indonesia. Itu hanya sebagian, belum semuanya. Saya cuma angkat beberapa aja. Intinya, first impression mereka tentang negara kita tuh sama,

"Indonesia is a beautiful country". 

Nanti kalau mood nulis saya lagi bagus, saya tulis yang part 2 nya ya! Eh, saya memang harus tulis lagi lanjutannya. Saya akan cerita tentang Jason dari Amerika dan Hamid dari Perancis tentang pengalaman mereka Jalan-jalan ke Indonesia. Khususnya Jason, yang pernah jadi relawan saat tsunami di Aceh tahun 2004 silam.

Kalau sudah go international gini, apa kamu masih belum bangga jadi warga negara Indonesia? Kalau aku sih YES. Yes, I'm proud to be an Indonesian!

10 comments:

  1. THAAT'S!

    Saya sih gak tinggal di luar negeri seperti kak Jasmi, tapi ada gitu beberapa teman luar negeri di media sosial yang hampir semuanay gak pernah luput untuk memuji alam Indonesia hehehe.

    Dan saya nemu salah satu kalimat di buku oom Agustinus Wibowo, seorang Jerman berkata, "Indonesia is a hidden paradise".

    I'm proud being an Indonesian!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. Banyak yang ngomong gitu dan amazed dengan keindahan nusantara. Bahkan ada yang mau menetap. Itu ada temen ku dari Nigeria yang pengen banget tinggal di Indonesia. Gak mau pulang lagi ke negaranya. hihihi

      Delete
  2. Great !.
    Wisata di Indonesia banyak dikagumi oleh banyak negara 👍

    Teman-temanku dari luar di ig selalu respect dan pada bilang terkagum-kagum dengan keindahan wisata dan kekayaan budaya yang dimilki Indonesia setiapkali kuceritakan lokasi liburanku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awesome.. Ya, selain membahas keindahan alam, mereka sering ngajak diskusi kenapa budaya da bahasa lokal Indonesia bisa beragam gitu. Jadilah saya mulai google. hahaha

      Delete
  3. Hahahaha .. Google mantap ya bantu kita banget about anything 😅
    Kita bingung jelasin sesuatu ke teman-teman mancanegara, tinggal bilang ' Ok Google ' ke smartphone,eeeh ... langsung muncul deh seabrek pilihan informasi yang kita tanyain 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu. Even ada yg nanyain berapa gaji presiden, berapa jumlah penduduk, apa pendapatan terbesar Indonesia. Semuanya aku google! Hmmm, aku bangga sebagai org Indonesia, tapi Indonesia gak bangga punya aku yg sekayak orang asing di negeri sendiri.. #ku syedih

      Delete
  4. Saya juga pingin ke Raja Ampat, Labuan Bajo dan Pulo Cinta.. Seneng banyak orang luar kagum dengan kekayaan alam Indonesia, makasih banyak mba Jasmi udah ditulisin ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan Wakatobi!! Hihihi.. Makasih mba annafi. Sarannya sungguh menginspirasi. Jadi terhuraaaa..

      Delete
  5. Bacanya seneeeeeeeng banget. Bangga sekaligus haru. Indonesia memang cantiiiik luar biasa kok. Walopun sejujurnya aku memang jarang eksplor indonesia dan lbh sering keluar, bukan krn ga cinta ama negara ini. Tapi karena aku ga kuat panas mba. Aku gampang sakit tiap kali terlalu kepanasan. Sementara indonesia yg paling dibanggakan ya pantainya yang mana cuacanya udh dijamin panas :( . Makanya kalo ditanya tempat fav ku di indonesia, udh pasti jawabnya Dieng, bukittinggi, lembang, kaliurang,ubud, Krn sejuk :).

    Tapi apapun, selalu bangga kok jd orang indonesia, apalagi kalo denger turis2 lain memuji negara kita

    ReplyDelete
  6. And I'm also proud to be Indonesian. duhhhh ingin banget bisa keliling Indonesia. Semoga akan ada kesempatannya. Biar nanti kalau ketemu orang asing trus ngaku dari Indonesia aku bisa pamer akan keindahan Indonesia

    ReplyDelete