ACADEMIC JOURNEY: WHAT HAVE I LEARNT FROM ENGLISH STUDIO?

Thursday, November 29, 2018 Jasmi Bakri 0 Comments

Baiklah, saya gak akan perpanjang mukaddimah karena saya gak punya banyak waktu untuk nulis. Saya di kejar-kejar deadline tugas reading dan writing, jadi mari kita mulaikan saja ceritanya.

Well, ini adalah minggu pertama saya jadi bagian dalam keluarga besar ENGLISH STUDIO dan saya belajar banyak hal dari orang-orang hebat penghuni tempat ini. Eh, teman-teman belum dikasih tau ya kalau saya join program BEDAH IELTS untuk 1 bulan di ES, Kampung Inggris Pare.

Hal pertama yang saya pelajari adalah jenis dan struktur teks untuk writing IELTS taks 2. Beyond my understanding ternyata ada sekitar 5 atau 6 tipe teks yang salah satu diantaranya bakal keluar di task 2 saat real test IELTS nanti. Lets talk about teks bergenre Discussion : Both Views. Dalam teks ini kita harus menjelaskan 2 pandangan yang kontradiktif secara singkat, padat, dan jelas lengkap dengan contoh konkritnya. Eh, harus nulis opini kita juga sih dan biasanya terletak di akhir paragraf.

Move on to the structure of the text, saya belajar bagaimana memparafrasekan pertanyaan menjadi background pada bagian introduction, diikuti dengan thesis statement yang merupakan topik utama yang akan didiskusikan dalam essai. Background dan thesis statement ini adalah bagian dari paragraf pertama.

Paragraf kedua dan ketiga membicarakan tentang view yang pertama dan kedua. Paragraf ini disebut Main Body 1 dan Main Body 2. Apa saja yang harus dituliskan dalam paragraf ini? Nah, untuk memudahkan menulis essai, ada pola yang bisa jadi writing guide yaitu topic sentence, reason, example, opinion. Topic sentence adalah gagasan utama (main idea) dari suatu paragraf. Reason adalah ide penulis sendiri yang mengemukakan alasan pendukung main idea. Example adalah data yang dipaparkan untuk menguatkan topik yang sedang dibahas. Sedangkan opinion adalah pendapat penulis sendiri tentang isu tersebut.

Pada bagian terakhir paragraf, ada yang namanya conclusion, which is pada bagian ini penulis harus menyimpulkan secara menyeluruh tentang topik yang dibahas.

Lanjut ke kelas listening, saya belajar banyak strategi agar saya faham audio track secara komprehensif. Ternyata tips menggarisbawahi keyword dan taking note sangat membantu saya menjawab soal-soal listening. Terus bagaimana dengan reading?

Well, personally saya masih belum menemukan pola yang bisa saya adaptasikan untuk memudahkan saya menemukan jawaban, dan honestly saya masih keliru membedakan kapan saya harus jawab FALSE dan NOT GIVEN. Ah, namanya juga hidup, kadang mengelirukan. Eh, maaf oot..

Hmmm, speaking? I don't think I have any problem, just perlu memperbanyak idiom dan vocab aja.

Well, that's all cerita saya untuk malam ini. See you next four days ya.

#englishstudio#englishstudioindonesia#englishstudiopare#ieltspare#ieltsenglishstudio#beasiswaieltspare #kampunginggrispare #kampunginggris #ieltskampunginggris

0 comments: