5 Alasan Kamu Harus Liburan Bareng Pengudang Bintan Mangrove

Sunday, August 11, 2019 Jasmi Bakri 6 Comments



Bintan adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau yang banyak banget tempat wisatanya. Liburan ke Bintan tentu akan menyenangkan banget karena selain banyak tempat yang bisa kamu jelajahi, kamu juga bisa melakukan beragam aktifitas seru seperti mangrove tour. Emang sih banyak agen wisata yang menawarkan paket mangrove tour ini, Pengudang Bintan Mangrove salah satunya. 

Melakukan eko wisata mangrove atau lebih dikenal dengan pohon bakau bareng Pengudang Bintan Mangrove ibarat menyelam sambil minum air. Pasalnya, kamu gak cuma diajak keliling melihat mangrove yang keren banget dijadikan spot berfoto, kamu juga bakal dapat banyak banget ilmu pengetahuan tentang keseimbangan ekosistem laut. 

Pengudang Bintan Mangrove ini terletak di desa Pengudang Kabupaten Bintan yang jaraknya sekitar 40 menit dari Pantai Trikora. Walaupun terletak agak ke pedalaman, desa ini mudah banget diakses. Kamu juga gak perlu khawatir gak dapat sinyal internet, coverage dari salah satu provider sangat bagus di sini. Jadi kamu bisa langsung upload story di media sosial kamu. 

Penasaran apa aja yang bisa kamu nikmati saat melakukan mangrove tour ini? Berikut 5 alasan kenapa kamu harus masukkan Pengudang Bintan Mangrove ini ke dalam  bucket list kamu saat liburan ke Bintan.


1. Cerita Pengudang yang Unik



Diambil dari namanya, Desa Pengudang ini dikenal dengan desa penghasil udang. Ada beberapa tempat yang berhapiran dengan desa ini adalah tempat budidaya udang galah. Penduduk setempat juga punya kebiasaan tersendiri, seperti ibu-ibu dan anak-anak, misalnya, suka mencari kijing atau disebut juga remis, sejenis kerang, saat air sedang surut. Ada juga nelayan yang suka mencari ketam Bangkang a.k.a kepiting bakau. Beberapa warga yang masih tinggal di kelong menjadikan desa ini menarik banget untuk dieksplor. 

2. Disuguhkan Pemandangan Pohon bakau yang Masih Sehat



Pohon bakau yang ada di Desa Pengudang ini masih tergolong sehat banget. Ini dibuktikan dengan masih banyaknya biota laut yang hidup di sekitar pohon bakau, salah satunya adalah kerang dan kepiting. Mangrove di desa ini juga masih padat sekali kerapatannya yang menandakan bahwa pohon tersebut masih sehat. Pohon bakau sendiri sangat berperan penting dalam mencegah terjadinya abrasi pantai. Saat kamu melakukan tour, pemandu akan menjelaskan semua panjang lebar. Jadi pastikan kamu dengar penjelasannya baik-baik ya untuk tambahan ilmu pengetahuan kamu. 

3. Melihat Kunang-Kunang di Malam Hari



Nah, selain yang disebut di atas, ciri-ciri pohon bakau sehat lainnya adalah banyaknya kunang-kunang di sepanjang jejeran pohon bakau. Kunang-kunang ini dapat kamu lihat kalau kamu ambil paket mangrove tour malam hari. Pohon bakau menghasilkan bunga bakau yang berwarna merah sebagai sumber makanan kunang-kunang itu sendiri. Bagi kamu yang ingin punya pengalaman lain dari yang lain, maka mangrove tour malam hari cocok banget untuk kamu. 

4. Diajak mengunjungi Pantai Batu Junjung




Setelah menyusuri mangrove, pemandu akan mengajak kamu ke Pantai Batu Junjung yang menjadi icon Desa Pengudang ini. Kenapa disebut batu junjung? Karena ada batu besar di atas batu besar lainnya yang gak melekat satu sama lain. Jadi seolah-olah batunya kayak dijunjung. Uniknya, pantai ini adalah "lonely island" yang tidak berpenghuni dan jarang didatangi pengunjung. Pasirnya yang putih dan halus dikombinasikan dengan gradasi warna laut yang biru, membuat pantai ini indah banget. Pantai ini cocok banget buat kamu yang mengaku beach lover dan juga insta killer. So, siap-siap feed Instagram mu bakal heboh setelah posting. 

5. Bisa Add on Snorkeling dan Memancing


Kalau kamu ingin liburan kamu lebih seru, kamu juga bisa snorkeling dan memancing di laut. Tentu kamu akan dijaga oleh tour guide saat melakukan aktifitas air ini. Di perairan Desa Pengudang ini juga banyak ditemui Dugong (Duyung) yang membantu menjaga keseimangan ekosistem biota laut melalui sistem rantai makanan. Menarik banget kan?

Selain 5 hal di atas, kamu juga bisa mendapatkan pelayanan prima dari tour guide yang ramah. Harga yang ditawarkan juga cukup murah berkisar Rp. 150.000,- hingga Rp. 85.000,- per orang tergantung jumlah peserta tour. Semakin ramai, semakin murah harganya. Jadi, ajak teman-temanmu untuk liburan bareng Pengudang Bintan Mangrove ya gengs.

FYI, kalau kamu pengen coba keseruannya, kamu bisa hubungi GenPi Bintan di akun Instagramnya atau hubungi Bang Iwan di nomor 0813-7263-6070. 

6 comments:

  1. Trip seru tapi kurang lama. Next time kita jalan bareng lagi ya. Masih ada lokasi mangrove lainnya yang kece si Bintan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Atur aja jadwalnya Teh Lina.. Aku sih on aja kalo weekend..

      Delete
  2. Pengen ikutan liat kunang-kunang.
    Udah lama juga nggak ketemu hewan satu itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gitu harus ambil tour malam.. Kalo di Pengufang masih bnyk populasi kunang2 nya krn bakaunya masih sehat wal afiat.

      Delete
  3. Replies
    1. Iya alhamdulillah seru banget. Apalagi jalan2 sesama blogger.

      Delete