Kampanye Hidup Bebas Sampah Bersama Aston Hotel Tanjungpinang

Sunday, August 04, 2019 Jasmi Bakri 6 Comments

Dok. GenPi Bintan

Hai gengs. Jumpa lagi bareng saya yang udah lama gak muncul dipermukaan. Kayak hilang dari peredaran gitu. Eh, sebelum berakhir, aku mau bilang happy weekend untuk semua Jasmi Lovers. Besok Senin, gengs dan harus kembali kerja.

Hari ini hari Minggu tanggal 4 Agustus 2019 saya diajak untuk ikut acara Zero Waste to Ocean yang diadakan oleh Aston Hotel Tanjungpinang. Acara ini semacam kampanye membangun kesadaran masyarakat untuk mengurangi penggunaan sampah plastik. Ngeri lho, gengs. Indonesia tuh lagi darurat sampah banget dan tau gak kalau Indonesia adalah negara ke 2 di dunia yang memproduksi sampah terbanyak hingga 5.4 juta ton per tahun. Ih, mau jadi apa ya negara kita ini?


Nah, justru itu, muncullah aksi dan gerakan-gerakan yang mempromosikan hidup zero waste a.k.a bebas sampah. Jadi, kita tuh gak cuma bisa buang, tapi juga tau solusinya at least dengan cara mengurangi sampah terutama sampah plastik. Sampah plastik ini bahaya banget kan ya. Sampai berpuluh tahun juga gak akan terurai. Dan lagi sampah plastik ini merusak lingkungan banget, laut sih khususnya.

Aksi bersih-bersih sampah plastik ini digelar di Desa Teluk Bakau Trikora yang memang jadi salah satu tempat wisata bahari di Bintan. Kata Ibu RT setempat, desa ini jadi laluan untuk masyarakat yang mau ke homestay ataupun restoran-restoran kelong. Jadi, gak enak aja kan ya kalo desa dan juga pantainya banyak sampah dan kotor gitu.

Kata Alex, Marketing Manager Aston Hotel Tanjungpinang, aksi yang dilakukan ini adalah bentuk kontribusi dari Aston Hotel untuk menjadikan Indonesia bebas sampah plastik. Di hotel sendiri juga sudah menggunakan botol air mineral kaca dan gak menggunakan lagi yang plastik. Alex juga bilang, aksi kayak gini akan dilakukan secara terus menerus agar masyarakat bisa teredukasi dan desa-desa di Pulau Bintan ini bersih secara menyeluruh.

Eh, Dive in Bintan juga ikutan acara ini lho. Ada juga teman-teman dari World Cleanup Day (WCD) Kepri, Generasi Pesona Indonesia (GenPi) Bintan, mahasiswa-mahasiswi kampus UMRAH, owner-owner homestay, dan masyarakat setempat. Karyawan Aston Hotel juga ikut hadir berkontribusi langsung. Pokoknya rame dan seru banget deh tadi tu.

Nah, ibu-ibu dan bapak-bapak masyarakat tadi ngebakar sampahnya, harusnya jangan dibakar kata Monica, instruktur diving. Justru hasil bakaran sampah itu juga nanti akan terbawa ke laut. laut jadi tercemar. Ah, gak apa-apa lah. Semoga kedepannya gak kayak gitu lagi kata Monica. Mungkin masyarakatnya belum teredukasi sampai ke situ. Makanya perlu banget kegiatan kayak gini agar masyarakat juga tau gimana mengelola sampah. Masyarakat harus tau mana sampah organik dan non-organik. Tong sampah juga harus diperbanyak agar masyarakat difasilitasi untuk pengelolaan pembuangan sampah.


Sebelum bubar, peserta Zero Waste to Ocean Awareness Campaign ini diberikan souvenir oleh Aston Hotel Tanjungpinang berupa totebag untuk shopping dan juga vapur bottle oleh Monica dari Dive in Bintan. Seru banget lah acaranya. Saya pribadi merasa sedikit bermanfaat untuk masyarakat. hehehe... Terima kasih untuk teman-teman Blogger Kepri dan juga GenPi Bintan yang ngajakin saya ikut acara ini.


Oh ya, biar artikel ini lebih bermanfaat, saya mau share beberapa cara mudah agar kamu bisa mengurangi sampah terutama sampah plastik:

Bawa tumbler atau botol air minum dan tempat bekal makanan


Usahakan untuk bawa botol air minum ketika kamu berpergian. Jadi kamu gak perlu beli air dalam kemasan botol. Kamu juga bisa lebih hemat kan, gengs. Terus, kalau kamu mau beli makanan dan take away, kamu bisa minta dibungkusin pakai tempat bekal yang kamu bawa.

Say NO to sedotan plastik


Kalau beli minuman gak usah pake sedotan. Langsung aja minum dari gelasnya atau pakai sedotan bambu atau stainless yang kamu bawa sendiri. Jadi sedotannya bisa dipakai lagi setelah dicuci. So, jangan lupa bilang ke penjualnya untuk gak ngasih sedotan di awal-awal pemesanan ya.

Daur ulang sampah yang ada


Nah, kalau memang terpaksa beli sesuatu pakai kresek atau botol plastik, berkomitmenlah untuk mendaur-ulang sampah itu. Misal, botol air mineral itu bisa kamu jadikan media tanam atau tempat pensil. Plastik kresek juga bisa didaur-ulang lho jadi barang-barang kerajinan tangan. Yang namanya kerajinan, berarti kamu memang harus rajin mengolahnya.

Bawa tas belanja


Ini juga paling penting dan paling mudah. Dengan membawa tas belanja yang bisa dipakai lagi, kamu akan menolak memakai plastik kresek untuk membawa barang belanjaan. Selalu sediakan tas totebag yang mudah dilipat di dalam tas kamu agak sewaktu-waktu ketika kamu mendadak perlu sesuatu dan harus belanja, kamu punya tas jinjing bersama kamu. Mudah banget, ya kan!

Kontribusi kecil kamu untuk mengurangi sampah plastik berarti banget buat lingkungan, gengs. Coba bayangkan negara kita yang bersih dan minim sampah, lingkungan akan menjadi lebih sehat dan positif. Laut pun jadi gak tercemar. Dengan begitu, wisata bahari di Indonesia, di Bintan khususnya jadi makin maju.

Thanks for reading!

6 comments:

  1. Nice kak. #salamkepribersihtanpasampah #lessplastic #sayapilihbumi #zerowaste

    ReplyDelete
  2. Jangan berhenti kampanyekan hidup bebas sampah ya...

    ReplyDelete
  3. Eeeh... postingan kita hampir-hampir sama yaa.... jangan-jangannnnn....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan2 ikutan juga ya acaranya tapi di Pekanbaru??

      Delete
  4. Acaranya seru banget. Beberapa hari yg lalu di kotaku jg sudah diadakan kampanyer zero waste tp sayangnya sya gak bisa ikutan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak apa2. Next time mungkin bisa ikut lagi. Skrg janji aja dlu sama diri sendiri untuk ngurangin penggunaan sampah plastik sekali pakai.

      Delete