Pra Orientasi Pendidikan dan Orientasi Pendidikan Mahasiswa Baru Politeknik Bintan Cakrawala Dilaksanakan

Monday, September 09, 2019 Jasmi Bakri 4 Comments




THEAMAZINGJASMI.com - Acara pembukaan Pra Orientasi Pendidikan (Ordik) dan Orientasi Pendidikan Politeknik Bintan Cakrawala (PBC) telah dibuka pada Senin, 26 Agustus 2019 di depan lobi kampus PBC. Bertemakan "Revolusi Generasi Muda Profesional, Berkarakter, Kreatif, Berjiwa Lokal dan Berwawasan Internasional" ini turut dihadiri oleh para orangtua/wali calon mahasiswa baru (CAMABA) PBC. Selain itu, perwakilan PT. Bintan Resort Cakrawala dan jajarannya serta dosen dan staf juga hadir dalam acara ini. 

Acara dibuka dengan pemukulan gong dan pelepasan burung merpati oleh Ibu RD Rita Rithasari, S.Tr.Par.M.M,. selaku Direktur PBC, Ibu Emilia Ayu Dewi, S.Pd selaku Ketua Pengembangan Pendidikan dan Humas Yayasan Bintan Resorts, Bapak Machsun Asfari dan Bapak Edy Darmoyo dari PT. Bintan Resort Cakrawala. 

Acara Pra Ordik berlangsung selama 3 hari mulai dari 26 Agustus 2019 hingga 28 Agustus 2019. Kegiatan Pra Ordik dilaksanakan dengan tujuan agar CAMABA PBC dapat mengenal lebih dalam tentang Kampus PBC dan dalam hal umum di dunia pariwisata saat ini. Materi yang disampaikan antara lain Orientasi Kampus, Grooming, Beauty Class, Etika Profesi, Public Speaking, Table Manner, Presentasi Akademik, Presentasi Sistem Informasi, dan Presentasi Program Studi yang disampaikan oleh tim dosen PBC. Untuk informasi, PBC membuka 3 Program Studi yaitu, D4 Pengelolaan Perhotelan, D3 Perjalanan Wisata, dan D3 Seni Kuliner. 


Foto bersama calon mahasiswa baru dengan tamu VIP
Foto bersama calon mahasiswa baru dengan staff dan dosen pengajar


Kegiatan Orientasi Pendidikan PBC


Sosislisasi Akademik oleh Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan

Kegiatan Orientasi Pendidikan (Ordik) Calon Mahasiswa Baru (CAMABA) PBC dilaksanakan selama 4 hari yaitu pada tanggal 2 hingga 5 September 2019. Dilaksanakannya kegiatan Ordik ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan pengetahuan tentang dunia industri pariwisata, memberikan motivasi untuk dapat bersosialisasi dan bekerjasama dalam sebuah tim sebelum CAMABA PBC memulai perkuliahan. 

Rangkaian kegiatannya adalah Career Path di Usaha Perjalanan Wisata dan Perhotelan dari narasumber yang ahli di bidangnya, Fire Awareness, Hygiene, Health and Safety, Less Plastic Campaign dan aksi penanaman pohon. Acara juga diisi dengan kegiatan Pelatihan Dasar Kepemimpinan, Industry Tour, Kerja Bakti, hingga ESQ dan jurit malam yang bertujuan untuk melatih mental CAMABA. Hari terakhir Ordik, 5 September 2019, mahasiswa dikukuhkan melalui prosesi pengukuhan yang menyatakan mereka telah resmi menjadi Mahasiswa Baru Politeknik Bintan Cakrawala. Acara kemudian ditutup dengan acara free and easy dan api unggun. 

CAMABA PBC mendapatkan pelatihan tentang Fire Awareness, yaitu hal pertama yang dilakukan dalam menangani api. PBC mendatangkan ahli khusus dari tim Fire Safety Department (FSD) PT. Bintan Resort Cakrawala (BRC) yang menjelaskan cara menangani api menggunakan alat bantu seperti fire extinguisher dan kain basah. CAMABA PBC pun turut langsung mencoba mempraktekkan apa yang dijelaskan dengan bantuan dari tim FSD PT. BRC. 

Untuk angkatan pertama Tahun Ajaran 2019/2020 ini, PBC memiliki 57 mahasiswa yang terbagi menjadi D4 Pengelolaan Perhotelan sebanyak 22 mahasiswa, D3 Perjalanan Wisata sebanyak 15 mahasiswa, dan D3 Seni Kuliner sebanyak 20 mahasiswa. 

Kuliah Umum Perdana Politeknik Bintan Cakrawala


Foto bersama mahasiswa baru dengan narasumber, Ketua Yayasan Bintan Resorts, direktur PBC, dosen dan staf serta tamu VIP

Kegiatan perdana Kuliah Umum Politeknik Bintan Cakrawala untuk mahasiswa/i angkatan pertama Tahun Ajaran 2019/2020 dilaksanakan pada Senin, 9 September 2019 di Grand Lagoi Hotel. Ini merupakan perkuliah pertama yang dilaksanakan oleh MABA PBC. Kegiatan ini mengundang 2 narasumber, yaitu Bapak Handono S. Putro sebagai Managing Director Dafam Hotel dan Bapak Dr. Agus Canny, M.A., M.Sc sebagai Executive Director of PATA (Pacific Asia Travel Association)Indonesia yang mengangkaty tema "Transforming Tourism Human Resources to Win the Global Competition in Industry 4.0 Era". Kuliah umum ini juga dihadiri oleh Ketua Yayasan Bintan Resort, bakap Ir. Aditya Laksamana berserta jajarannya, perwakilan PT. Bintan Resort Cakrawala serta dosen dan staf PBC. 

Setelah kegiatan kuliah umum ini, mahasiswa/i angkatan pertama PBC memulai perkuliahan di kampus bersama tim dosen PBC. 

Politeknik Bintan Cakrawala
Creating Work, Ready Work, Ready Professionals


GALERI FOTO


Pembukaan Kegiatan Pra Ordik dan Ordik

Ibu Direktur RD Rita Rithasari, S.Tr.Par.M.M mengambil sirih pemberian penari

Orientasi Kampus

Beauty Class oleh ibu Direktur

Kegiatan Ordik 

Career Path oleh Chef Yudhistira Angga dari Banyan Tree

Career Path oleh Ibu Adria Cemara, Learning Manager Banyan Tree resort

Penjelasan tata cara memegang goni/kain basah sebelum memedamkan api

Sosialisasi cara memadamkan api menggunakan Fire Extinguisher

Calon mahasiswa baru memperhatikan cara memadamkan api

Latihan Dasar Kepemimpinan

Calon mahasiswa baru mengikuti apel pagi



Praktek membuat Ecobrick oleh calon mahasiswa baru di bawah bimbingan gerakan World Cleanup Day

Less Plastic Campaign oleh Gerakan World Cleanup day

Aksi tanam pohon oleh calon mahasiswa baru

Aksi tanam pohon oleh calon mahasiswa baru

Jurit malam untuk melatih mental calon mahasiswa baru
Jurit malam untuk melatih mental calon mahasiswa baru


Api unggun setelah prosesi pengukuhan mahasiswa baru

Kuliah Umum

Bapak Handono S. Putro

Bapak Dr. Agus Canny, M.A., M.Sc

Foto bersama




4 comments:

  1. Di masa pengembangan pariwisata sekarang, skill seperti ini dibutuhkan sik yak. Hebat euy, ilmu vokasi sudah mulai dikenalkan sejak mulai masa orientasi.

    btw, ini maksudnya baru kuliah perdana dari Politeknik Bintan Cakrawala mbak? Berarti mahasiswa di sini baru angkatan pertama? keren. sukses ke depannya yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Ini angkatan pertama. Thank you atas supportnya.

      Delete