Serunya Family Run Bareng Mandiri International Bintan Marathon 2019

Sunday, September 08, 2019 Jasmi Bakri 8 Comments



Hi Jasmi Lovers! Sebulan sebelum event bergengsi Mandiri International Bintan Marathon 2019 ini digelar, kabar tentang meriahnya event ini sudah tersebar ke seluruh penjuru. Iklan dan billboard juga sudah banyak dipasang di mana-mana. Kabarnya, event ini akan diikuti oleh ribuan peserta lokal hingga mancanegara. 

Saya pernah bilang ke teman-teman saya untuk ikutan marathon ini. Ada kategori Family Run yang cuma 3KM. Deket doang, gak jauh banget. Bisa lah. Tapi duduk permasalahannya adalah maalah duduk di mana? hahaha.. Masalahnya nih ya nitizen yang budiman, saya ini kan single. Jangankan punya anak, calon bapak anak-anak aja masih belum keliatan hilalnya. Keinginan ini pun berakhir mengenaskan di mana aku dijadikan bulan-bulanan teman-teman.

Dok. Pribadi || Before running


Ternyata perkataan dan niat saya yang pengen ikutan marathon ini bergaung hingga ke langit dan Allah dengan kuasanya mengabulkan doa itu. Ah, 'words are prayer' is indeed true. Saya dan rekan-rekan sekantor diminta untuk ikut event ini di kategori Family Run 3KM. Bawa anak masing-masing? Gak dong. Anak-anak yang kami dampingi adalah anak SD Tunas Bangsa yang masih dalam satu payung yaitu Yayasan Bintan Resorts. 

Awalnya, agak keberatan untuk ikut mengingat kondisi fisik yang agak lelah karena beban kerja padat banget selama dua minggu terakhir. Niat tulus sebelumnya berubah menjadi keterpaksaan karena ya emang ikutan atas dasar perintah Ketua Yayasan. Setelah berdamai dengan hati, akhirnya saya pun memantapkan diri untuk berpartisipasi. 

LARI BARENG ANAK ANGKAT, SERU BANGET!

Dok. Pribadi || Foto bareng Jovan

Saya berkesempatan untuk lari dengan anak SD Tunas Bangsa Kelas 2 bernama Samuel Jovan. Nama anak ini panjang banget sebenarnya tuh, tapi saya gak hafal. Setengah jam sebelum Family Run ini dimulai, saya pun mencari-cari yang manakah 'anak saya' yang akan jadi partner saya nanti. Setelah ketemu dan kenalan dengan bapak kandungnya, saya dan Jovan menuju ke garis start. Jovan ini anaknya penurut dan pemalu. Jadi, kalau ditanya ya jawabnya sepatah-sepatah gitu. 

Jovan ini anak yang kuat banget larinya. Beda dengan 'Mak' nya yang cepet banget ngos-ngosan, Jovan lari hingga finish tanpa berhenti kecuali berhenti sebentar untuk minum. Kata Papa Jovan, dia dan papanya pernah lari lebih jauh dari ini. Ya wajar kalau fisiknya kuat ya. 

BANYAK RINTANGAN YANG HARUS DILALUI

Dok. Pribadi || While running

Nah, di sepanjang track 3KM ini, anak-anak dan pendampingnya harus melewati 5 rintangan. Rintangan pertama adalah Tire Hop. Peserta harus melewati rintangan ini dengan melompat melalui beberapa ban yang sudah disusun. Seru banget karena pada rebutan dan cepat-cepatan menyelesaikannya. 

Rintangan kedua ada Lim-Bo. Peserta harus melewati palang sambil agak nunduk biar gak kejedot. Yang nunduk kebanyakan para orang tua sih, untuk ketinggian anak-anak sih palangnya masih agak lebih tinggi lah. 

Di rintangan ketiga, peserta harus melewati area Foam Zone. Busanya ditiupkan dari kipan angin super kencang. Jadi bisa sedikit adem lah setelah kepanasan dan keringatan lari melewati track. 


Ada The Floor is Lava di rintangan keempat. Anak-anak dan orang tua disuruh melompati papan-papan yang dicat seolah-olah batu untuk berpijak dan sisa alasnya dicat seperti lava dan api. Anak-anak sebisa mungkin melompat dengan hati-hati dan menghindari jatuh ke api. 

Rintangan terakhir adalah yang terseru menurut saya. Kami harus melewati Inflatable. Inflatable ini adalah benda yang menggelembung karena diisi udara nitrogen, helium dan hidrogen. Bentuk inflatable ini ada macam-macam, ada bola raksasa, istana, hingga slider permainan anak-anak. Kami harus berlari dalam inflatable sambil mengatur keseimbangan agar gak jatuh. 

Lari 3KM dan melewati rintangan ini gak seberapa karena terbayarkan dengan keindahan Danau Lagoi Bay yang indah dengan airnya yang kecoklatan. 

DAPAT MEDALI DAN DOORPRIZE

Dok. GenPi Bintan || All finishers got a medal

Setiap finisher akan mendapat medali dari panitia; satu untuk pendamping dan satu untuk anaknya. Jadi kebanggaan sendiri untuk peserta karena walaupun terlambat, tapi masih bisa tiba di garis fisnih. Lebih kerennya, selain diberikan air mineral dan Pocari Sweet, kita juga bisa menikmati air kelapa muda secara gratis sepuasnya. 

Setelah semua peserta sampai di garis finish, acara dilanjutkan dengan pembagian doorprize. Nah, jadi, saat kita mengambil race pack sebelum lari, kita dikasih 1 kupon untuk diundi. Kupon itu kita masukkan ke tempatnya dan kemudian akan dipilih secara random siapa pemenangnya di depan umum. 

Dok. Pribadi || Medali untuk para peserta yang berhasil sampai di garis finish

Banyak banget doorprize di acara Mandiri International Bintan Marathon 2019 ini. Ada kipas angin meja, kettle listrik, rice cooker, ponsel Samsung Galaxy A2, TV flat 24 inch, mesin cuci, kulkas, pemanggang listrik, dan yang paling besar adalah motor Yamaha Mio 125. Dan tau gak sih, siapa penerima doorprize motor? Anak SD dong.. Alhamdulillah, rezeki anak soleh. Saya? Belum dapat apa-apa. Belum rezeki saya. hiks #sob.

BANYAK SPONSOR DAN KATEGORI SERTA RACE PACK YANG KECE

Dok. Pribadi || After running

Anyway busway, event internasional ini sudah digelar sejak tahun lalu. Jadi, di tahun 2019 ini adalah kali ke dua Mandiri International Bintan Marathon ini digelar. Dari namanya, jelas siapa sponsor utama acara ini, yup, Bank Mandiri. Didukung sponsor lainnya seperti Indofood, Orange Room, Bintan Lagoon Resort, Bintan Resorts Cakrawala, dan banyak lainnya. Gak heran kalau pesertanya sampai ribuan, lha wong hadiahnya aja dikabarkan mencapai 1 Miliar Rupiah.. Wow!

Kategori yang diperlombakan juga bervariasi. Ada Family Run dengan jarak 3KM, Elite Run yang berjarak 10KM, 21KM run untuk kategori Half Marathon, dan 42.1 KM untuk kategori Full Marathon. Family Run dilaksanakan hari Sabtu, 7 September 2019 pukul 16.00 WIB dan 3 kategori lagi dilangsungkan hari Minggu 8 September 2019 mulai pukul 06.00 pagi.

Dok. Pribadi || Race pack collection

Yang bikin lebih seru adalah setiap peserta mendapat race pack dan baju yang bagus banget. Saya suka banget soalnya dengan kombinasi warna hijau tosca dan kuning serta bahan baju yang adem, bikin saya makin jatuh cinta. Dan bikin saya gak nyesel ikutan event ini. 

Walaupun harus panas-panasan dan ditinggal lari sama anaknya, tapi tetep seru juga kok. Walau, anaknya lari lebih kenceng dari Maknya, tetep juga akhirnya sampai finish bareng-bareng. Thanks Mandiri International Bintan Marathon for making my weekend awesome. 

8 comments:

  1. Wouw, seru yah kak ikutan event marathonnya... Keknya nggak berasa banget kalo harus lari 3 KM di Lagoi karena pemandangannya memang beneran bagus. Sudah lama akutu nggak ke Lagoi, moga bisa staycation lagi kesana. Amin... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal deket aja kan ke Lagoi. Tinggal nyebrang naik ferry. hiihihi.. Gak terasa sih 3 KM tu kalau jalan. Kalau lari tetep aja ngap.. hahaha

      Delete
  2. Wah seru banget ya, gak nyangka kuat juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah kuat. Hahahaha.. Tahun depan patut dicoba lagi.. :)

      Delete
  3. Waaaah serunya lari bersama anak angkat :D

    Hahaha

    Jujur waktu liat iklan ini tuh aku juga pengen ikut, tapi sama doong mikirnya mau bawa anak siapa ? wkwkkwk

    Abis lari liburan tipis tipis gitu maunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bawa aja anak orang mbak. Lumayan bisa sambil foto2 di pinggir danau Lagoi Bay. ^^

      Delete
  4. ih seru banget, apalagi itu yang pakai topi merah di foto pertama
    rupawannya nggak nahan..

    ReplyDelete