Itinerary 4H3M Dalat - Muinee - Ho Chi Minh City Vietnam

Itinerary 4H3M Dalat - Muinee - Ho Chi Minh City Vietnam

Travelling is tiring and costing. It doesn't matter coz you waste your energy for something priceless and valuable _Jasmi_
THEAMAZINGJASMI.COM - Hola halo semuanya. Udah lama gak update artikel baru. Kali ini artikel aku gak akan panjang tapi semoga bisa menjadi referensi buat kamu yang lagi merencanakan liburan ke Vietnam. Atau bisa lah jadi pegangan kalau kamu mau backpackeran tahun depan.

Itinerary yang aku bagi ini adalah 'packed' trip yang bakal bikin badan pegel-pegel dan kaki gempor tapi kamu gak bakal nyesel karena tripnya bakalan seru banget dan terbayarkan dengan pemandangan yang akan kamu nikmati nanti. Bayangkan dalam 4 hari 3 malam kamu mengunjungi 3 tempat sekaligus di Vietnam, mulai dari dataran tinggi, gurun pasir, laut hingga shopping dan city tour.

Pasti ada banyak pertanyaan di benak kamu gimana caranya bisa ke banyak tempat dalam waktu singkat? Tidurnya di mana? Di dalam bus kah atau tetap nginap di hotel? Puas gak ya jalan-jalannya? Mahal gak sih? Terus makannya gimana? Apapun pertanyaan kamu, semoga bisa terjawab di sini. Nah, udah siap untuk lanjut baca?

PROLOGUE

Itinerary 4H3M Dalat - Muinee - Ho Chi Minh City Vietnam
Hard Rock Cafe Ho Chi Minh Vietnam di dekan Nguyen Hue Book Street

Jadi kapan hari aku dan temenku bawa satu grup berjumlah 11 orang dari Malaysia jalan-jalan ke Dalat, Muine, dan Ho Chi Minh (HCM)Vietnam pakai travel agensi yang aku garap sama temen aku. Tapi tenang, hari ini aku akan kasih tau estimasi harga kalau-kalau kamu akan backpackeran atau mau ngurus sendiri perjalanannya. Ya syukur-syukur nanti bakal kontak aku untuk booking trip ^^

11 orang ini kebanyakan bapak dan ibu yang sudah pensiun. Cuma ada 2 orang yang muda. Karena trip yang agak padat, awalnya aku dan temanku yang jadi tour guide agak sedikit ragu dan berusaha keras agar kastemer nyaman dan gak terlalu lelah. Eh, ternyata justru mereka yang lebih kuat dibanding kami yang masih muda-muda. #memalukan TT

Sebelum bawa group warga emas ini, aku bawa 1 group mahasiswa UiTM Malaysia yang bikin program kayak bakti sosial gitu ke Ho Chi Minh Vietnam. Terus aku lanjut bawa trip yang ke Dalat dan Muine.

Oke udah cukup intoductionnya. Lanjut ke itinerarynya aja ya.

Hari ke-1

Itinerary 4H3M Dalat - Muinee - Ho Chi Minh City Vietnam
Taman bunga di Dalat bagus banget untuk foto-foto

Hari pertama, rombongan berangkat dari Kuala Lumpur International Airport 2 (KLIA2) jam 11.10 dan sampai di Tan Son Nhat International Airport HCM sekitar jam 12.10. Penerbangan dari KL ke HCM memakan waktu 2 jam dengan perbedaan waktu di HCM adalah 1 jam mundur dari waktu Malaysia.

Rombongan dijemput dan diantar ke pusat kota HCM untuk makan siang di restoran halal dan solat Dhuhur. Sekitar jam 2 siang, rombongan menaiki bus berangkat ke Dalat yang perjalanannya sekitar 7-8 jam. Dalat merupakan dataran tinggi di sebelah selatan Vietnam yang sangat sejuk. Suhu di Dalat bisa mencapai 5 derajat di malam hari dan 11-14 derajat di siang hari tergantung dengan iklim atau cuaca.

Sebelum sampai ke penginapan, kami sempat berhenti di rest area beli cemilan dan ke toilet. Mendekati kota Dalat, medan jalan lebih terjal dan menanjak. Sudah hampir magrib, kami gak ketemu rest area lagi. Sedangkan rombongan belum solat Ashar. Ada yang sudah jamak di dhuhur, ada yang kelupaan. Jadi kami singgah di cafe untuk wudhu dan solat di bus. Agak sedikit drama karena gak ada tempat yang bisa disinggahi. Jalan hutan berliku gitu lho.

Itinerary 4H3M Dalat - Muinee - Ho Chi Minh City Vietnam
Crazy House Dalat yang bikin takjub banget design bangunannya

Kami sampai di Dalat jam 7 malam. Sebelum check-in, kami makan malam di Fatimah Restaurant, satu-satunya tempat makan halal di Dalat. Update terbaru sih katanya sekarang udah ada beberapa restoran halal lainnya di Dalat, jadi kamu gak perlu bingung nyari makan. Kemudian kami ke night market. Di night market ini banyak toko yang menjual jaket untuk winter atau autumn dan sweater. Pinter-pinter nawar aja ya.

Setelah puas shopping, kami menuju penginapan kami di Queen Villa Hotel yang gak terlalu jauh dari night market. Hari pertama pun sukses dilewati dengan sedikit drama yang gak enak.

Hari ke-2

Itinerary 4H3M Dalat - Muinee - Ho Chi Minh City Vietnam
Pines View di sepanjang jalan di Dalat. Adem!

Hari kedua setelah sarapan di Fatimah Restaurant, kami menuju Bao Dai Summer Palace yaitu istana persinggahan raja Bao Dai saat musim panas. Harga tiket masuk ke Summer Palace ini adalah VND 20.000 (sekitar Rp. 13.000,-). Tempat ini buka dari jam 7 pagi hingga jam 4 sore.

Setelah puas foto-foto dan membaca sejarah Summer Palace, kami menuju The Crazy House. The Crazy House adalah penginapan sekaligus atraksi wisata berkonsepkan spider web atau sarang laba-laba. Setiap lorong dan tangga yang kamu naiki menghubungkan kamu dari satu area ke area yang lain. Jadi, selalu akan ada jalan keluar. Tempat ini buka dari jam 8.30 s/d 19.00 waktu Vietnam dengan tiket masuk VND 50.000 (Rp. 30.000,-) untuk dewasa dan VND 20.000 (Rp. 13.000,-) untuk anak-anak.

Sebelum makan siang, kami mampir dulu ke Valley of Love. Ini adalah taman bunga yang indah dengan pemandangan danau buatan yang menakjubkan. Di sini kami juga bisa makan ice cream lavender yang hmmm lumayan mahal (lupa berapa harga pastinya). Tiket masuk Valley of Love adalah VND 100.000 (Rp. 60.000). Lumayan mahal ya. Di depan Valley of Love banyak dijual bibit bunga dan juga bouquet bunga yang indah.

Kami pun berangkat makan siang dan solat di mushala di tempat makan. Di mana lagi kalau bukan Fatimah Restaurant. Selama di Dalat kami ya makannya di situ aja. Selesai mengisi perut, kami melanjutkan perjalanan ke Datanla Waterfall dengan sensasi Alpine Coaster yang menegangkan. Kenapa? Karena ini adalah roller coster manual yang kecepatan dan remnya kamu kontrol sendiri. Masuk Datanla waterfall kamu harus membayar tiket VND 10.000 (Rp. 6.000,-) dan alpine coasternya VND 50.000 (Rp. 30.000,-).

Setelah puas dengan pemandangan air terjun Datanla, kami menuju Robin Hill dan naik gondola dengan harga return (bolak-balik) VND 120.000 (Rp. 72.000,-). Di sini kamu bisa menikmati kota Dalat dari atas dan hamparan hutan pinus.

Perjalanan dilanjutkan ke Old Railway Station Dalat yang butuh waktu 24 tahun untuk merampungkan rel kereta api yang menghubungkan antara Dalat dan Thap Cham ini. harga tiket masuk VND 5.000 (Rp 3.000,-). Rombongan gak lama di sini karena harus mengejar waktu ke Lang Biang Peak. Ini adalah puncak gunung yang ke sananya harus menaiki jeep. Sebagian orang hiking ke puncak engan waktu 90-150 menit naik dan 75 menit turun. Kamu bisa melihat pemandangan kota Dalat dari sini dan merasakan sensasi suhu 5 derajat. ^^  (Mohon maaf harga naik jeep lupa. Kalau ada info nanti aku update).

Ohya, kami juga sempat singgah di Trang Trai Rua Va Hoa. Wajar di Dalat banyak taman bunga karena Dalat adalah salah satu daerah agrikultural di Vietnam. Tempat ini optional aja, lebih baik gak dikunjungi kalau akmu pengen hemat dan gak suka taman bunga.

Setelah makan malam, kami pun balik ke hotel dan istirahat.

Hari ke-3

Itinerary 4H3M Dalat - Muinee - Ho Chi Minh City Vietnam
White Dunes Sand Muinee. Gak sampai ke puncak karena buru-buru.

Hari ketiga kami check out dari penginapan sekitar jam 7 kemudian sarapan pagi. Setelah sarapan, kami balik ke HCM dengan bus dan melewati Muine. Muine adalah daerah tropis bagian tenggara Vietnam yang unik dengan perpaduan padang pasir dan laut yang jadi tarikan utamanya. Harusnya eksplor Muine tuh puasnya 2 atau 3 hari, tapi berhubung ini trip singkat, kami cuma sempat singgah di gurun pasirnya aja.

Perjalanan dari Dalat ke Muine sekitar 4 jam. Kami ke White Sad Dunes yang berdampingan dengan laut. Pemandangannya menakjubkan seperti perpaduan antara Gurun Sahara dan Miami. Dari atas gurun, kamu bisa menikmati hamparan [adang pasir sekaligus laut yang biru banget. Untuk sampai di puncak, kamu bisa menyewa ATV atau jeep dengan harga Rp. 180.000,- - Rp. 200.000,- per orang.

Dari White Sand Dunes, harusnya kami ke Red Sand Dunes yang gak kalah menariknya. Berhubung peserta tour udah kecapean, jadi ke Red Sand Dunes diskip dan perjalanan ke HCM dilanjutkan setelah makan siang yang dibungkus dari Dalat.

Kami sampai di HCM jam 5 sore dan langsung check in hotel. Hotel kami di HCM di area Malaysian Street yang banyak banget toko kain pasang berjejeran di depan hotel. Acara sore itu adalah free and easy. Jadi semuanya pada sibuk shopping dan cari oleh-oleh. 

Makan malam di HCM agak gampang karena banyak restoran halal apalagi di kawasan Malaysian Street ini.

Dan hari ketiga pun berakhir dengan sempurna tanpa drama.

Hari ke-4

Itinerary 4H3M Dalat - Muinee - Ho Chi Minh City Vietnam
Book Street Ho Chi Minh City

Hari terakhir adalah jadwal city tour mengunjungi Kathedral Notre-Dome Basilica, Central Post Office, dan War Museum. Berhubung trip ini didominasi oleh perempuan, city tour dibatalkan dan diganti dengan shopping. Jadi ceritanya, mereka belum puas belanja dan duit masih sisa banyak katanya. 

Jam 13.30 rombongan berangkat ke bandara untuk perjalanan pulang ke Malaysia dengan pesawat AirAsia jam 16.20. 

Dan trip 4 hari 3 malam di Vietnam pun berakhir dengan sejuta kenangan. 

Nah, itu detail perjalanannya kalau pakai travel agensi FJ Addict Global. Harga ground package all in kecuali tiket pesawat adalah Rp. 3.000.000,-. 

Kalau ingin backpackeran dan explore tanpa tour guide, kamu bisa naik bus dari HCM ke Dalat dengan harga VND  249.000 (Rp. 160.000,-). Penginapan 1 malam di Dalat sekitar Rp. 250.000,- hingga Rp. 500.000,- (sesuaikan dengan bajet). Di Dalat kamu bisa menyewa motor dengan harga sewa Rp. 70.000,- hingga Rp. 120.000,- perhari. Tiket bus dari Dalat ke Muine Rp. 95.000,-. Penginapan di Muinee 1 malam Rp. 300.000,- hingga Rp. 700.000,-. Sewa motor di Muine pun kurang lebih sama dengan di Dalat. Tiket bus dari Muine ke HCM sekitar Rp.120.000,-. Hotel di HCM Rp. 400.000,- dan city tour di HCM bisa naik grab dengan harga murah banget. 

Jadi total untuk penginapan dan transport (tidak termasuk tiket pesawat, makan dan tiket masuk wisata) adalah Rp. 1.395.000,-. Cuma, kalau booking trip dengan travel agent, perjalanan jadi lebih mudah dan efisien dan nginap di hotel bintang 3 dengan harga kisaran Rp.500.000 per malam. Worthed banget pakai travel agent apalagi kalau jalan-jalannya ramean. 

Jadi, gimana? Kapan nih kita khemon ke Vietnam? 

23 Responses to "Itinerary 4H3M Dalat - Muinee - Ho Chi Minh City Vietnam"

  1. Ternyata ngga mahal lah ya biaya segitu utk 4H 3M .. Lumayan banget, worth it!! Tapi kalo bawa bocil bisa lain cerita ini..capeknya bisa dobel kyknya.. 😂

    ReplyDelete
  2. Jadi dengan harga 3 juta untuk 1 orang sudah termasuk murah apa mahal kak? apalagi saya nanti mau ke vietnam bersama teman saya rencananya hanya ingin backpakeran aja.. Cukup jadi rekomendasi saya ini hehe

    ReplyDelete
  3. pakai travel agent lebih asyik kayaknya ya kak, bs rame - rame, klw beda beda tipis hargaya :-)

    ReplyDelete
  4. Asyik nih travellingnya. Cuma 3 hari dan bisa mengunjungi banyak destinasi di Vietnam. Kalau ada kesempatan jalan2 ke sana apalagi rombongan gitu saya juga prefernya pake travel agent saja. Tentunya lebih memudahkan ya.

    ReplyDelete
  5. simpan dulu... suatu saat kalau perlu tinggal hubungin kak Jasmi Bakri... Baru tahu ini wajahnya ka Jasmi, padahal pernah beberapa kali komen dech...salam kenalan ya kak...

    ReplyDelete
  6. Wahh... Baru tau klo di Vietnam ternyata ada gurun pasir ya. Bagus banget lagi warnanya rada kemerahan gitu. Atau efek cahaya mungkin?

    Aku setuju dengan mbak Jasmi bahwa pergi traveling, apalagi ke luar negeri yg belum pernah kita kunjungi sebelumnya lebih efektif pakai jasa travel agent agar jadwal lebih terarah. Yah mungkin sedikit lebih mahal daripd backpackeran ya. Tapi untuk mereka yg gak punya waktu banyak menurutku sih pilihan ini recommended.

    ReplyDelete
  7. Uwuwuw... mau banget dengan harga yang terjangkau ya mbak. Yg di gurun itu kece badai deh. Bisa banget ya jelong2 ke luar dan meminimalkan pengeluaran. Mo kepoin artikel lain blogmu mbak hehehe

    ReplyDelete
  8. Padet ya sisteurrr itinerynya. Sebenernya udah kepikiran ke sini tapi niatnya maju mundur cantik mulu kegeser sama naik gunung wkakak. Ku save ahhh manatau perlu pan kapan :3

    ReplyDelete
  9. Wah, wisata Vietnam seru-seru ya, Mbak Jasmi. itu saya melongo lihat perpaduan padang pasir dan laut, keren sekali. Harus segera nabung nih, agar segera ke sana.
    Tapi biar aman, kayaknya saya ikutan trip dulu. Soalnya kalau baru pertama kali, apalagi di negeri orang, takutnya saya planga-plongo hahaha.

    ReplyDelete
  10. Wahh seruu banget yaa bisa ke Vietnam.. jadi pengen segera kesana juga nihh

    ReplyDelete
  11. Noted. Aku belum ke Vietnam nih. Lumayan buat referensi. Btw kalau tujuannya ke Dalat terus ke Da Nang sama Hanoi ada nggak? Aku tuh yang penasaran sama jembatan besar yang ada telapak tangan raksasanya. Itu di Da Nang kayaknya ya?

    ReplyDelete
  12. wah cakep nih panduan itinnya bisa jadi contekan kalau mau jalan jalan vietnam

    ReplyDelete
  13. Ternyata kalau jalan ke Vietnam nggak terlalu mahal ya Kak. Duuuhhh Crazy House benar benar bikin penasaran.

    Tapi kalau saya, sepertinya lebih happy pakai tour guide kalo ke luar negeri.

    ReplyDelete
  14. Waaaa. Pasirnya itu, warnanya cakep bener. Biaya jalan jalan ke Vietnam sangat terjangkau ya Mbak.

    ReplyDelete
  15. Aku kalau liat itinerary, wajib bgt liat lokasi wisata apa yg bakal di kunjungi. Biar makin smngat brngkat. Wkwk

    ReplyDelete
  16. Serunyaaa.. aku simpan ah itinerary nya... Siapa tahu ada rezeki ke Vietnam.. aku ikutin panduan dari mbak ya..

    ReplyDelete
  17. worthed banget mba cuma 1.3kan exclude tiket pesawat, coba kalau aku sendirian pasti udah boros banget. Kalau untuk pertama kali enaknya emang pakai travel agent memang ya biar sekiranya tau mana aja yang bisa dapet harga miring

    ReplyDelete
  18. White Dunes Sand kece banget ya. Bisa jadi referensi nih. Aku Maret kayaknya ke Bangkok. Pengennya sih bisa langsung lanjut ke Vietnam biar sekalian jalan. Tapi dunno-lah nanti Tuhan aturkan bisa nggaknya.

    ReplyDelete
  19. White Dunes Sand Muinee, ku mauuuu kak. Keren bet lah tempatnyaa. Referens yang buat ngiler. Otw kumpulin uang nd lets go ...

    ReplyDelete
  20. Seru beut ih jelong-jelong ke LN.. saya baru koleksi di 2 negara LN nih yang pernah singgah, SG dan MY .. Bulan depan dooong mau ke TH.. mau koleksi cap-cap negara lain di passport hehehhe

    ReplyDelete
  21. Udah pernah ke HCMC dan Muinee, tapi belum kesampaian ke Dalat. Semoga next trip bisa ke Vietnam lagi dan kesampaian ke Dalat..

    ReplyDelete
  22. wah White Dunes Sand Muinee menggoda mata banget.. warna nya emang orange2 gitu asli kak jas?? asikkk yaaaaa,,, cantik bgt foto disono

    ReplyDelete
  23. Aku suka foto yang di hari ke 3 kak hehe. Background nya cantik, apalagi buat prewedding ya.. ini sih traveling amazing banget, biarpun cuma 3 hari tapi memuaskan. Aku sih belum pernah kak, traveling keluar kita, tapi dari tulisan ini seenggaknya aku udah punya banyak pengalaman untuk siap pergi traveling

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel