Misteri di Balik Kellie's Castle yang Tidak Rampung

Berlibur ke Malaysia tidak harus melulu mengunjungi Menara Kembar saja. Masih banyak tempat wisata di negara bagian Negeri Jiran ini selain Kuala Lumpur yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Negeri Perak. Negeri Perak kaya dengan wisata sejarah yang memukau seperti Kellie's Castle yang terletak di Kota Ipoh. Apa sebenarnya misteri di sebalik istana mewah yang tidak rampung ini? Siapa sosok William Kellie Smith pemilik kastil megah ini? Artikel ini akan menjawabnya.

Ipoh adalah Ibukota Negeri Perak Malaysia yang berjarak sekitar 180km dari ibukota yaitu Kuala Lumpur. Negeri ini berhampiran dengan Negeri Kedah, Penang, Negeri Kelantan dan Negeri Pahang. Ipoh juga disebut sebagai salah satu destinasi terbaik Malaysia karena memiliki sejarah yang berbeda dengan negeri-negeri lainnya.

Misteri di Balik Kellie's Castle yang Tidak Rampung

Secara geografis Ipoh yang bertetangga dengan Taiping disebut unik karena diapit oleh Banjaran Titiwangsa di sebelah timur dan Bukit Kledang di sebelah barat. Banjaran Titiwangsa merupakan rantai pegunungan Semenanjung Malaysia di mana Gunung Korbu adalah gunung yang memiliki puncak tertinggi dengan ketinggian 2.183 mdpl.  Rantai gunung yang disebut Banjaran Besar ini juga berbatasan dengan Thailand bagian selatan.

Menariknya lagi, Ipoh terletak di wilayah lintasan Sungai Kinta dengan panjang 100km dan mengalir ke Sungai Perak. Kombinasi pegunungan dan sungai ini menjadikan Ipoh memiliki panorama yang sangat menarik. Selain itu, area berdekatan dengan Sungai Kinta ini dulunya adalah ladang getah dan di pinggir sungai inilah Kellie's Castle berdiri.

Sosok William Kellie Smith


Tuan Kellie awalnya adalah seorang anak petani yang berasal dari Dallas, Skotlandia. Pada umur 20 tahun, tepatnya tahun 1890, beliau memutuskan untuk merantau ke Malaysia demi memperbaiki perekonomian keluarga. Beliau mendirikan sebuah perusahaan kontraktor bernama Charles Alma Baker yang bergerak di pembangunan jalan raya Negeri Perak.

Dengan modal yang didapat dari perusahaan itu, Tuan Kellie membeli tanah seluas 200 hektar. 144 hektar dari tanah ini kemudian dijadikan ladang pohon karet mengingat pada saat itu, permintaan getah karet sebagai bahan mentah pembuatan ban dari pabrik ban mobil di Eropa meningkat. Karena kesempatan ini, Tuan Kellie meraup keuntungan yang besar dan kemudian membeli tanah lain di area Batu Gajah yang diberi nama Ladang Kinta Kellas.

Sebelumnya Tuan Kellie sempat menjadikan lahan itu sebagai kebun kopi. Hanya saja saat itu usaha kopi tidak begitu menguntungkan karena biji kopi Tuan Kellie harus bersaing dengan biji kopi asal Brazil yang terkenal lebih berkualitas.

Tuan Kellie disebut salah satu 10 dari bangsawan elit yang berada di kawasan Kinta yang menguasai ladang karet hingga ke pertambangan biji timah. Jadi tidak heran Tuan Kellie membangun rumah mewah kepada istrinya sebagai tanda cinta.


Menikah dengan Agnes


Tahun 1903 Tuan Kellie dikabarkan kembali ke Skotlandia untuk menjenguk ibunya yang sakit. Diperjalanan balik ke Malaysia, Tuan Kellie bertemu dengan seorang gadis di kapal bernama Agnes. Agnes adalah keturunan bangsawan yang menjadi pewaris perdagangan kapas dari keluarganya dengan harta warisan 300.000 pound. Mereka kemudian menikah dan tinggal di kawasan Ladang Kinta Kellas.

Dari pernikahannya dengan Agnes, Tuan Kellie dikaruniai 2 orang anak. Anak pertamanya bernama Helen yang lahir pada tahun 1904, sedangkan anak keduanya, seorang laki-laki bernama Anthony lahir di tahun 1915.

Saat Helen masih di dalam kandungan, Agnes mengeluh dengan cuaca Malaysia yang sangat panas. Agnes ingin dibangun sebuah rumah yang lebih adem dan dingin yang bisa melindunginya dan anak-anaknya dari cuaca panas. Tuan Kellie akhirnya berinisiatif untuk membangun sebuah rumah yang agak mirip dengan rumahnya yang ada di Skotlandia demi kenyamanan anak dan istrinya. Rumah ini di sebut Kellas House atau Rumah Kellas.

Sejarah Pembangunan Kellie's Castle

Misteri di Balik Kellie's Castle yang Tidak Rampung
Jembatan penyebrangan yang dibangun di atas Sungai Kinta menuju Kellie's Castle

Setelah kelahiran Anthony, Tuan Kellie memutuskan untuk membangun sebuah istana yang lebih besar yang kemudian dinamakan Kellie's Castle. Kastil ini mengadopsi gaya arsitektur dari Skotlandia, Moorish dan India. Tidak tanggung-tanggung, Tuan Kellie membawa 70 pekerja dari Madras India untuk membangun istananya.

Material bangunan yang digunakan juga banyak yang diimpor dari luar seperti batu bata dan marmer dari India, jubin dari italia hingga kayu jenggal untuk kusen jendela yang kuat dan kokoh yang diperkirakan bisa bertahan selama 200 tahun. Menurut penjaga Kellies Castle, istana ini tidak menggunakan paku sama sekali dalam pembangunannya. Uniknya, sebagai pengganti semen, istana ini dibangun menggunakan madu, telur dan gula.

Istimewanya lagi adalah istana ini dikabarkan menjadi bangunan pertama di Malaysia yang akan memiliki lift, lapangan tenis dan ruang entertainment di rooftopnya. Lift yang akan dipasang di istana ini pun diimpor dari Portugal.

Istana ini dibangun dengan dinding yang sangat tebal untuk mencegah penyerapan panas dari luar serta memiliki 14 kamar. 14 kamar ini terdiri dari ruang tidur utama, kamar tidur Helen, kamar tidur Anthony, ruang linen, ruang penyimpanan wine, ruang tamu, ruang keluarga, dan sisanya adalah kamar tidur tamu. Istana ini juga memiliki 3 terowongan rahasia yang salah satunya mengarah ke jalan keluar di mana mobil Tuan Kellie stand by di sana.

Tuan Kellie sengaja membangun terowongan rahasia ini untuk keselamatan beliau dan keluarga mengingat saat itu sedang terjadi Perang Dunia ke II. Belum lagi persaingan bisnis yang sangat ketat menjadikan Tuan Kellie bisa saja menjadi sasaran utama rivalnya.

Pembangunan Kellie's Castle Terkendala

Misteri di Balik Kellie's Castle yang Tidak Rampung
Koridor lantai bawah yang berdekatan dengan reruntuhan Rumah Kellas

Pembangunan ini berawal dari keyakinan Tuan Kellie dengan kondisi keuangan yang dihasilkan dari bisnnisnya. Terlebih lagi Agnes mendapatkan warisan sekitar 300.000 pund yang dirasa cukup untuk membangun sebuah istana.

Nyatanya tidak demikian, kastil ini justru terkendala pembangunannya. Agnes tidak mendapatkan warisannya saat itu dan harus menunggu beberapa tahun lagi untuk dapat dicairkan. Tuan Kellie mengambil inisiatif lain dengan meminjam sejumlah dana dari Firma di Singapura dan beliau berhasil mendapatkan 24.000 pound setahun dengan kontrak selama 3 tahun. Pinjaman ini akan dilunaskan setelah warisan Agnes diberikan oleh keluarganya. Dari dana itu lah pembangunan tahap awal dilakukan.

Tidak hanya itu, kendala lain dialami oleh keluarga konglomerat ini. Firma di Singapura mengalami kebangkrutan dan harus menarik kembali serta menghentikan pendanaan bagi Tuan Kellie. Kondisi bisnis Tuan Kellie pun sedang tidak stabil karena pengaruh Perang Dunia ke-II membuat ekspor getah ke Eropa menurun.

Mengalami kemelut keuangan seperti ini, Tuan Kellie meminta Agnes menulis surat kepada pemerintah kolonial negaranya untuk meminjam uang sebesar 50.000 pound yang mana hanya 10.000 pound saja yang disetujui. Pemerintah ragu memberikan pinjaman kepada keluarga ini mengingat kondisi keuangan keluarga Kellie sedang carut marut.

Tuan Kellie akhirnya harus merelakan sebagian tanahnya untuk dijual demi melanjutkan pembangunan Kellie's Castle.

Selain tercekat keuangan, Tuan Kellie mengalami kendala lainnya yaitu pekerjanya dari India banyak yang meninggal dunia akibat wabah Spanish's Flu menyerang kawasan Asia. Virus ini dikatakan menyebar melalui aktivitas perdagangan yang dibawa oleh orang-orang Eropa yang datang ke India dan Malaysia.


Misteri di Balik Kellie's Castle yang Tidak Rampung
Sungai Kinta dilihat dari salah satu jendela yang memakai kayu jenggal terbaik

Kellie Smith Mendirikan Kuil


Melihat banyak warga India yang mati akibat Spanish's Flu ini, mereka meminta Tuan Kellie mendirikan sebuah kuil pemujaan kepada Dewa Mariamman sebagai upaya pencegahan kematian. Masyarakat ketakutan dan ingin memiliki sebuah tempat ibadah khusus untuk meminta pertolongan dewa menuntaskan penyakit menular ini.

Akhirnya Tuan Kellie pun mendirikan sebuah kuil yang tidak jauh dari rumahnya. Kuil itu bisa diakses melalui terowongan nomor 2 yang hanya berjarak sekitar 500 meter. Sebagai ucapan terima kasih warga kepada Tuan Kellie, patung Tuan Kellie diletakkan di atas bumbung kuil bersama para dewa sebagai penghormatan.

Kabarnya, tidak lama setelah kuil ini dibangun, wabah Spanish's Flu berakhir dan pekerja baik di ladang maupun pekerja bangunan dapat melanjutkan aktivitas mereka dan keadaan pun normal kembali.

Kematian William Kellie Smith


William Kellie Smith meninggal pada tahun 1926 dalam perjalanannya bersama Helen untuk menjenguk Agnes dan Anthony. Dalam perjalanan pulang, Tuan Kellie singgah di Portugal untuk mengambil lift yang sudah dipesan jauh-jauh hari.

Dalam perjalanannya ke Portugal, Tuan Kellie mengalami penyakit misterius dan akhirnya meninggal dunia sebelum sempat membawa lift ke Malaysia.

Setelah kematian Tuan Kellie, Agnes beserta anak-anaknya kembali ke negara asal setelah menjual seluruh aset yang dimilikinya dan memecat seluruh pekerjanya. Hari itu juga Kellie's Castle tidak dilanjutkan pembangunannya dan dibiarkan terbengkalai hingga 1 abad lamanya.

Rumor Penampakan Arwah Tuan Kellie


Misteri di Balik Kellie's Castle yang Tidak Rampung
Balkon yang katanya sering terlihat penampakan Tuan William Kellie Smith

Hal lain yang menarik dari Kellie's Castle ini adalah paranormal activity seperti yang tersiar di kalangan traveller. Disinyalir bahwa arwah Tuan Kellie dan anaknya Helen bergentayangan di istana ini. Sebagian orang mengatakan bahwa sudah sewajarnya bangunan ini dihuni oleh banyak makhluk halus karena sudah lama terbengkalai. Berikut cerita tentang penampakan di Kellie's Castle ini.

Awalnya, ada seorang peneliti dari Kanada bersama timnya meneliti aktivitas hewan malam di kawasan Kellie's Castle ini. Peneliti ini seperti melihat ada sosok yang berjalan-jalan di koridor seperti seorang laki-laki dengan baju bangsawan Eropa. Sosok ini dikatakan bahwa roh Tuan Kellie menjadi penuggu istananya.

Cerita lain pula, ada seorang pengunjung yang melihat sesosok anak kecil berkulit putih berambut pirang berusia 6 tahun di dalam kamar Helen yang kemudian dirumorkan sebagai arwah puti Tuan Kellie yang bergentayangan. Tidak hanya cerita tentang arwah anak dan bapak ini, beberapa pengunjung juga pernah mengabarkan bahwa ada seorang penjaga yang dikatakan tidak berkaki yang dijumpainya di koridor.

Rumor seperti inilah yang kemudian menarik para penggiat hal-hal mistis baik dari dalam maupun luar negeri yang melakukan aktivitas paranormal di sini. Tidak ketinggalan juga komunitas pemburu makhluk astral dan beberapa YouTuber yang berniche horor menjadikan Kellie's Castle ini sebagai lokasi syuting.

Kellie's Castle Sekarang


Misteri di Balik Kellie's Castle yang Tidak Rampung
Rooftop Kellie's Castle yang akan dijadikan tempat untuk berpesta para konglomerat

Keadaan Kellie's Castle yang tidak rampung dibiarkan kosong dan terbengkalai dan ditumbuhi semak belukar menjadikannya terlihat angker. Melihat sejarah yang sangat menarik dan lokasi Kellie's Castle yang strategis, pemerintah berinisiatif untuk melakukan konservasi dan menjadikannya salah satu tarikan wisata Ipoh, Perak. Objek wisata ini kemudian dikelola oleh sebuah syarikat swasta.

Istana ini dibuka untuk umum setiap hari mulai dari jam 09.00 sampai 18.30 waktu setempat. Harga tiket masuk juga affordable yaitu RM5 (Rp. 17.000,-) untuk pelancong lokal dan RM10 (Rp. 35.000,-) untuk pelancong asing.

Di sini kamu bisa membaca sejarah Kellie's Castle dengan lengkap. Kamu juga bisa berfoto ala-ala Eropa di istana ini dengan panorama yang sangat mengagumkan. Kamu bisa memasuki semua ruangan yang ada kecuali ruang tamu. Ruang tamu ini merupakan replika saja sebagai bayangan kurang lebih seperti itulah dekorasi yang diinginkan oleh Tuan Kellie.

Kamu juga bisa berfoto di atas rooftop. Dari rooftop ini kamu bisa meihat pemandangan alam Negeri Perak yang sangat istimewa dikelilingi batu-batu kapur dan pegunungan. Sebelumnya, oleh Tuan Kellie rooftop ini akan dijadikan tempat hiburan dan berpesta para keluarga elit di kawasan Kinta.

Night Tour Kellie's Castle


Rumor tentang penunggu Kellie's Castle ini sudah tersebar luas. Pihak pengurus Kellie's castle telah membuat satu inovasi berupa Night Tour yang dibuka pada tahun 2014 untuk pengunjung dapat merasakan sendiri pengalaman bertemu entiti yang ada di Kellies's Castle.

Tentu saja Night Tour ini dijaga dan dikawal oleh pihak pengurus dan dibataskan durasi kunjungan serta jumlah pengunjungnya. Seperti yang dikabarkan Astro Awani, Night Tour ini dibuka setiap hari Jumat dan Sabtu minngu pertama dan keempat setiap bulannya dengan biaya masuk RM80 (Rp. 280.000,-).

Night Tour ini berdurasi 30 hingga 45 menit sesuai permintaan dengan batas maksimal 40 peserta berumur di atas 17 tahun. Ada 4 titik yang akan dilawati dalam kunjungan ini yaitu Bilik Linen, Bilik Wine, Kamar Tidur Helen, dan balkon.  Night Tour ini sempat dihentikan karena beberapa faktor hingga akhirnya dibuka lagi untuk umum tahun 2018 lalu. Belum ada update terkini tentang night tour ini apakah masih disediakan atau tidak di tahun 2020.

42 Responses to "Misteri di Balik Kellie's Castle yang Tidak Rampung"

  1. Merinding dan ngeri2 sedap sih baca cerita Anjas. Tapi sayang banget ya, castle-nya ngga selesai. Padahal ini bakalan indah banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap sayang sekali. padahal bangunan ini bentuk cinta sang ayah pada istri dan anaknya. gak mau kepanasan. bahkan bahan bakunya istimewa, tanpa semen tapi pakai telur dan madu

      Delete
    2. Yah mau gimana, akhirnya terkendala keuangan. Harusnya Tuan Kellie membuat perhitungan matang2 sebelum peletakan batu pertama ya. ;)

      Delete
  2. Saya membayangkan kalo ikut night tour pas dag dig dug.. Baca ceritanya saja sudah serem ya Mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga gak akan berani mbak. Nulisnya aja merinding. Apalagi ikutan night tour. Siang2 aja ngeri tau..

      Delete
  3. Duuhh aku beneran pengen ke Kellie, pengen rasakan aura disana secara langsung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak. Harus ke sana pokoknya tuh. Seru banget pemandangan nya...

      Delete
  4. Ceritanya menarik ya. Sayang banget akhirnya castil nya ga selesai. Kebayang kalau selesai bakal bagus banget. Jadi pingin ke sini. Buset itu semen dari telur madu dan gula kok bisa kuat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan gak pakai paku lagi konstruksinya. Kan hebat banget harusnya nih. Kalau selesai kayaknya bakal dijadiin istana raja Negeri Perak kali ya...

      Delete
  5. Selalu pengin ke sini! Aaak! Kemarin mau ke sini tapi waktunya nggak cukup. Hiks. :"""""" Penjelasannya bikin makin mupeng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaaaan... Kellie's Castle ini udah terkenal ke mana2. Jadi gak heran banyak bule juga yang datang ke sini bawa kamera cakep2.

      Delete
  6. Miris banget baca ceritanya. Ternyata efek perang dunia bisa sampai segitunya ya. Padahal sebenarnya kalau Tuan Kellie bangun rumah sederhana saja, mungkin nggak bakal terjadi kejadian begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak ee!!! Mana ada itu sederhana istana segede gaban siap ada lift dan lapangan tenis.

      Delete
  7. Memangnya kuburan asli Helen dan ayahnya ada dimana?
    Wisata mistis saat ini memang mulai buming lagi. Bukan untuk "diobati" melainkan demi konten hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuan Kellie kabarnya dikebumikan di Lisbon. Helen, Anthony dan ibu mereka Agnes balik ke Skotlandia. Kabarnya Anthony jadi Leftenan gitu dan ada juga sejarah keturunannya. Cuma aku gak terlalu ngerti. Kalau Helen dan Agnes hilang kabarnya dari peredaran.

      Delete
  8. Wow.. di Malaysia ada Kastil. Apa di Indonesia ada tidak ya, Mbak Jasmi? Soalnya saya suka wisata ke tempat-tempat seperti ini, karena ada cerita menarik dibalik bangunan itu. Selama ini, saya tahu kastil dari cerita anak dan gambar saja, Mbbak hehehe. Jadi pengin jalan-jalan ke Malaysia nih, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Indonesia adanya Candi kali ya Mas Baim.. Ternyata kastil di cerita anak-anak agak beda reka bentuknya sama yang ini. Mungkin tergantung gaya gaya arsitekturnya.

      Delete
  9. Wah, di balik sebuah bangunan, ternyata ada cerita panjang perjuangan pembuatnya, ya. Terbayang sih saat itu, bagaimana mewahnya. Juga bagaimana secara mentalitas belum siap dengan perubahan ekonomi yang tiba-tiba. Saat kopi booming semua tanam, lalu merosot. Karet juga, saat industri yang berbahan karet meroket, produsen mengira permintaan akan kekal.

    Menarik, kisah Kellies Caste ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah pembisnis mbak. Selalu mengambil opportunity jika ada. Sebenarnya keuangan Tuan Kellie bisa baik-baik saja kalau pembangunan kastil tidak dilakukan. Cukup tinggal di Rumah Kellas aja padahal udah syukur. Cuma kan prestige juga toh. Namanya konglomerat.

      Delete
  10. Bahagianya jadi Agnes yang punya suami sayang banget
    Sayang ngga panjang usia
    Dan meneruskan usaha Suami di perantauan, sungguh tidak mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru itu akhirnya dia pulang ke negaranya karna gak kuat Ambu..

      Delete
  11. Haduuuuh, baca ini malam-malam, jadi merinding aku.
    Btw, kirain yang banyak menguasai malaysia dan tinggal di sana di masa awal 1900 an cuma orang Inggris aja, ternyara skotlandia juga banyak yg di Malaysia yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak pendatang dari Eropa juga mbak tahun segitu dan memilih membuka usaha di Malaysia..

      Delete
  12. Wah, night tour-nya lumayan juga ya.
    Kapan2 mau ikutan lah kalo lagi main ke malaysia.
    Makasii info dan review-nya ya

    ReplyDelete
  13. Duh nyaliku cemen. Meskipun dibayarin aku ga berani ah ikut night tour. Kalau ketemu penunggunya terus dia minta ikut pulang sm aku gimana 😄

    ReplyDelete
  14. Banyak spot foto seru ya di kellie castle ini, keknya gak boleh pergi sendiri harus bawa temen biar bisa fotoin hehe

    ReplyDelete
  15. Penasaran ma night tour.
    Saya baru tau lokasi ini. Moga tar bisa ksana hehe

    ReplyDelete
  16. Wah, aku baru tahu kalo di Malaysia ada Kellie's Castle. Jarang banget kayaknya ya yang bahas Castle ini. Eropa banget penampakannya. Berasa di Eropa jadinya kalau ke sana. Noted untuk referensi tempat yang kudu disinggahi saat ke Malaysia.

    ReplyDelete
  17. Saya berani da, ikutan night tour kalau ada kesempatan ke sana. Kan rame-rame. Kalau sendirian mah, biar dibayar juga mikir berkali-kali. Hehe...

    ReplyDelete
  18. Travelling kemana ajatuh selalu daper cerita. Castle Kellie bikin aku merinding baca kisahnya. Tapi pengen ambil foto dan menyusuri aura istana yang sayang tak selesai itu.. semoga punya kesempatan yaa

    ReplyDelete
  19. Whaaaat? Seriusan itu semennya diganti sama telur, madu, dan gula? 😅 Adonan kue dong itu dijadiin adonan bangunan. Pernah nyobain jilat temboknya gak itu manis atau nggak? Makin ke bawah tulisannya makin serem. Hihihi. Menarik juga ya ternyata di Malaysia ada wisata seperti ini. Mantep tuh bangun istana buat anak dan istrinya.

    ReplyDelete
  20. Kalo dilihat sekilas, bangunanya mirip seperti lawang sewu di Semarang.Tempatnya juga iconic sekali buat selfie atau preweeding kayaknya cocok nih. he

    ReplyDelete
  21. Hahaa, aku se team sama mba Diah Woro... Digratisin apalagi dibayarin juga ogah ikutan night tour nya. Ceritanya ngeri2 sedap ya.. Sayang sad ending.. Semoga arwah tuan Kellies tenang disana

    ReplyDelete
  22. Foto yang koridor lantai bawah itu keren banget, Kak. Bolak balik Malaysia tapi ku belum pernah ke Negeri Perak. Dan tulisan ini sungguh menggelitik keinginanku untuk memasukkan Kellie's Castle ke dalam list of my destination kalo ke sana nanti. Thanks for the review, Mba. You did it well!

    ReplyDelete
  23. Itu yang ngadain night tour kreatif banget ya. Memanfaatkan efek magis dari menara yang gak jadi dibangun, hehehe. Btw, jadi penasaran deh sama bangunan nya kalau udah jadi kayak gmn ya? sayang enggak selesai

    ReplyDelete
  24. Beberapa kali saat liburan ke Malaysia ingin main ke Ipoh dan mengunjungi Kellie Castle ini tapi banyak juga dengar cerita mistisnya. Terbengkalai belum rampung aja masih keren banget desainnya yah mbak, ku jadi pengen rencanakan liburan kesana nih.

    ReplyDelete
  25. Bagus banget ya kastilnya. Nggak nyangka di Malaysia ada kastil semacam itu. Berasa di Eropa banget. Sejarah kastilnya Juga menarik sekali.

    ReplyDelete
  26. Baru tahu ada Kellie's Castle nih, beserta sejarahnya pula whaaw. Pasti kalau ke Malaysia aku mau ke sini juga, biar ngerasain kastil rasa eropa di sanaa. Dan tiketnya murah ya kaak, 35rban doang untuk wisatawan asing

    ReplyDelete
  27. ini kalo aku lagi berimajinasi di jaman dulu pasti kastle ini rame banget yaa apalagi zaman"nya kerajaan melayu berkuasa hinggga sekarang

    ReplyDelete
  28. Ternyata ini ya alasan terbengkalainya Kellie's Castle, kukira karena pemiliknya bangkrut, ternyata karena kematian dan istrinya yang lalu kembali ke negaranya. Baru tahu kalau ada wisata sejarah bernuansa Eropa begini di Ipoh. Biasanya aku baca baca soal kuliner Ipoh saja.

    ReplyDelete
  29. Cantikk istananya. Sisi lain Malaysia ya ini. Selama ini taunya cuma KL ajah. Ternyata di Negeri Perak ada kastil ini.
    Entah kenapa aku jadi kepo pengen ikutan Night Tournya qiqiiiii... Tapi pastinya rame-ramelah, gak mau sendirian...

    ReplyDelete
  30. Bagi pecinta mistis, pasti sayang banget deh kalau gak mampir kemari. Hmm, kalau saya auto nolak deh dengan night tour ini, hihhih

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel