Kenali 6 Tanda Kamu Butuh Me Time

Di tengah-tengah kesibukan yang dijalani dan sederetan to-do list yang harus diselesaikan setiap hari, kadang kamu lupa melakukan sesuatu hal yang sangat penting yaitu "memperhatikan diri sendiri" atau disebut self-care. Self-care ini bukanlah hal yang egois untuk dilakukan, justru itu merupakan bentuk apresiasi diri yang nantinya akan berujung kepada self-love. Salah satu self-care yang baik adalah me time. Nah, apa tanda-tanda seseorang butuh me time? Simak ya!

Kenali 6 Tanda Kamu Butuh Me Time

Me time adalah masa di mana seseorang ingin quality time dengan dirinya sendiri tanpa ada gangguan dari siapapun.  Me time efektif banget untuk mengurangi tekanan lahir batin serta ampuh banget untuk relaksasi. Hanya saja jutaan orang bahkan gak menyadari kapan mereka butuh me time untuk dirinya. Berikut 7 tanda kamu butuh waktu untuk berkencan dengan diri kamu sendiri dan apa yang harus kamu lakukan untuk membuat keadaan lebih baik.


1. Mudah kesal dan marah


Ada fase di mana kamu akan mudah marah dan kesal dengan hal remeh temeh yang terjadi di sekeliling kamu seperti suara kendaraan, suara bising anak-anak yang bermain, atau pekerjaan last minutes yang diberikan oleh bos. Saat kamu merasa emosi dengan semua hal itu dan merasa kebahagiaan kamu sedang dipertaruhkan, maka jelas bahwa sedang butuh waktu untuk dirimu sendiri.

Cara sederhana untuk meredam marah adalah dengan tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan perlahan. Saat kamu mulai tenang, kamu perlahan bisa menerima suara-suara yang kamu anggap bising itu. In some cases, kamu bisa berlama-lama mandi di bawah shower untuk memperlancar sirkulasi darah. Dengan begitu kamu jadi lebih relaks.

2. Suka menunda-nunda pekerjaan


Kamu mulai gak serius dengan apa yang kamu lakukan. Kamu lebih sering menunda pekerjaan untuk sesuatu yang terlalu penting seperti mencoret-coret kertas, termenung dan membuka media sosial. Kamu merasa gak termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan kamu hari itu dan terus menangguhnya bahkan sampai menjelang deadline.

Untuk sementara waktu, tutuplah semua media sosial kamu dan mulailah menyelesaikan sedikit demi sedikit pekerjaan kamu, mulailah dari yang gampang-gampang dulu. Bila perlu, mintalah bantuan teman untuk melakukan proyek yang besar dan sulit agar beban kamu sedikit lebih ringan. Setelah semuanya selesai, beristirahatlah dengan nyenyak dan nyaman.

Kenali 6 Tanda Kamu Butuh Me Time
Source: Canva

3. Merasa gak ada hal yang mneyenangkan untuk dilakukan


Apapun yang kamu lakukan sehari-hari seakan membosankan. Bertemu dengan teman, mengerjakan tanggung jawab harian, bahkan media sosial pun sudah gak menarik perhatian kamu lagi. Kamu lebih ingin duduk diam bersemedi tanpa mau tau apa yang terjadi di dunia luar. Saat inilah kamu butuh waktu untuk membersamai diri sendiri.

Hal yang terbaik untuk dilakukan saat kamu merasa bosan adalah tidur. Dengan tidur dan beristirahat, kamu bisa kembali mengumpulkan energi untuk kembali melakukan hal yang menyenangkan. Hal lain yang bisa dilakukan adalah berjalan-jalan di taman kota yang agak jauh dari area rumah kamu untuk menghindari bertemu dengan tetangga.

Orang yang butuh me time cenderung gak ingin berjumpa dengan orang-orang yang dikenalnya. Jadi, escape atau melarikan diri ke suatu tempat baru adalah hal efektif yang bisa dilakukan untuk menenangkan diri sendiri.

4. Merasa terlalu capek untuk mengerjakan apapun


Kamu sudah cukup tidur tapi masih merasa ngantuk. Kamu sudah berusaha untuk menyelesaikan apapun yang menjadi tanggungjawab kamu tapi kamu merasa belum puas dengan hasilnya. Kamu merasa pekerjaan itu belum benar-benar selesai dan kamu butuh lebih banyak waktu untuk menyelesaikannya. Pengakhirannya, kamu merasa kelelahan banget dan wajar saat kamu merasa terpuruk.

Beristirahatlah dan berilah waktu untuk diri kamu sendiri. Kadang, rasa 'tidak ingin melakukan apa-apa' patut dirayakan. Hanya saja kamu harus paham bahwa hal itu gak boleh berlama-lama. Nikmatilah waktu kamu bersantai dan melakukan sesuatu yang kamu suka seperti berenang, baca buku, menonton drama favorit kamu, atau bahkan tiduran seharian.

5. Merasa setiap orang menyebalkan


Kamu mudah tersinggung dengan apapun yang dilakukan orang lain bahkan saat mereka gak melakukan kesalahan apapun. Parahnya, kamu malah mencari-cari kesalahan lain yang membenarkan ketidaksukaan kamu itu. Contoh sederhana, biasanya kamu bercanda dengan teman, tapi saat itu kamu gak bisa menerima candaan tersebut dan kamu mulai baper dan marah. Kamu menjadi lebih sensitif dengan orang-orang sekitar.

Pergilah berbelanja barang yang sudah lama kamu inginkan dan makanlah di restoran yang ingin banget kamu kunjungi. Self-awarding ini bermanfaat banget untuk mengembalikan mood kamu yang hilang. Jika kamu suka kucing, pergilah ke kafe-kafe kucing dan bermainlah dengan hewan yang menggemaskan itu.

Kenali 6 Tanda Kamu Butuh Me Time

6. Gak enjoy dengan kehadiran seseorang


Kamu merasa gak ingin bergabung dengan teman-teman saat makan siang dan sering menolak saat mereka mengajak kamu untuk hangout. Kamu lebih nyaman melakukan apapun sendiri tanpa ditemani oleh siapapun termasuk teman dekat kamu.

Untuk sementara waktu, menjauhlah dari teman-teman kamu. Sampaikan kepada mereka bahwa kamu sedang butuh waktu untuk diri sendiri dan merenungkan apa yang sudah terjadi. Teman-teman kamu pasti akan mengerti kok. Sampaikan juga bahwa kamu akan kembali berkumpul dengan mereka setelah kondisi kamu agak baikan.

Mengenal tanda-tanda kamu butuh me time diperlukan agar kamu bisa tau langkah apa selanjutnya yang harus kamu lakukan untuk membuat diri kamu lebih baik. Saat kamu merasakan 6 gejala di atas, kamu bisa berkontemplasi dengan diri sendiri kemudian berusaha untuk menenangkannya.

11 Responses to "Kenali 6 Tanda Kamu Butuh Me Time"

  1. me time emang penting dan perlu banget kayaknya ya kak. biar relax. zaman masih single dulu mah me time mulu. kalo sekarang mah semanjak punya keluarga kecil udah nggak ada yang me time beneran. soalnya klo me time ny sendirian berasa kosong nggak deket2 sama anak dalam wktu deket rasanya nggak enak banget. masih mending agak jauh sama suami di banding jauh sama anak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang agak beda ya mbak me time orang yang udha berkeluarga tuh. Pasti banyak pertimbangan dan juga banyak yang ngekor. hehehehe.. Tapi Mom juga perlu me time lho mbak. Bisa lah dikondisikan yak

      Delete
  2. Astagaaa ampun deeeh beneran aku butuh me timeee semuanya kerasaaaa hihihih. Tapi kalau butuh istirahat sejenak atau liburan tuh masih kerasa ada hal yang perlu diselesaikan kaaak jadi yaaa mau ngga mau diselesein duluh. Tapi tetep bisa diakalin sih me timenya yang sederhana aja kaya ke cafe atau spa wkwkwk

    ReplyDelete
  3. Kok aku merasakannya semua. Males, mudah kesal dan bunda kerjaan. Butuh piknik banget nih

    ReplyDelete
  4. kalau aku butuh me time, tanda-tandanya hmm bosen sih
    males mau ngapa-ngapain
    pengen rebahan aja
    tapi gak sampai marah2 ke orang atau badmood seharian gitu
    aku masih bisa kontrol emosi kok

    ReplyDelete
  5. Hi Mba Jasmi, nice artikel. Tapi di gambarnya tertulis "Kenali 7 Tanda...". Sebagai seorang karyawan yang setara dengan remahan saltcheese, saya sering banget ngalamin seperti ini. Memang sebagian besar point-point tersebut ngena banget. Apalagi point nomor 6, kadang suka esmosi, padahal teman gak kenapa-kenapa, hahaha.. Solusinya ya libur atau off, bisa sepuasnya quality time bareng keluarga, itulah me-time ala saya, uhui....

    ReplyDelete
  6. Benar sekali, Mbak Jasmi. Semua orang butuh Me Time, termasuk saya hehehe. Makanya saya kalau butuh me time, jalan saja ke wisata-wisata dekat rumah, ke pantai, bukit, bahkan curug hehehe. Karena kalau tidak segera, bakal mengalami tanda-tanda di atas hahaha.

    ReplyDelete
  7. Aku kadang juga butuh me time, tapi gak lama-lama sih paling sehari aja. Kadang aku milih tempat me time yang gak ada sinyal misalnya bukit, air terjun, pantai, hehe eh ujung-ujungnya malah nemu teman baru dan cerita baru untuk aku tulis di blog :D

    ReplyDelete
  8. Aku kadang juga butuh me time, tapi gak lama-lama sih paling sehari aja. Kadang aku milih tempat me time yang gak ada sinyal misalnya bukit, air terjun, pantai, hehe eh ujung-ujungnya malah nemu teman baru dan cerita baru untuk aku tulis di blog :D

    ReplyDelete
  9. Me time itu macam-macam yah. Kadang ada yang cukup tidur-tiduran di sofa. Ada yang perlu jalan-jalan. Intinyg yaa penting deh untuk kesehatan jiwa...

    ReplyDelete
  10. Semuanya bener2 saya banget kak, kalau sudah bosen sama rutinitas emang me time yang saya butuhkan, salah satu me time yang belum kesampaian 6 bulan terakhir ya piknik huhu, aduh jadi curhat

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel