10 Tips Agar Tetap Sehat Saat Liburan Musim Panas

Musim panas adalah musim terbaik untuk melakukan perjalanan wisata. Selain karena cuaca cerah yang mendukung untuk melakukan aktivitas di luar ruangan, liburan di musim panas juga memungkinkan kamu untuk menjelajahi banyak tempat. Gak peduli kemana pun tujuan kamu, dalam atau luar negeri sekalipun, kamu tentu ingin liburan kamu menyenangkan, kan? Nah, agar tetap sehat selama liburan musim panas, kamu harus mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Liburan adalah waktu di mana setiap orang ingin melakukan hal menarik dan mengukir memori yang indah baik bersama teman maupun keluarga. Berlibur jadi salah satu healing process apalagi buat mereka yang sudah bekerja. Bagi yang sudah berkeluarga, liburan juga penting untuk meningkatkan kualitas family-bonding antara orangtua dan anak. Dan sebagian orang memilih musim panas sebagai waktu yang tepat.

10 Tips Agar Tetap Sehat Saat Liburan Musim Panas

Namun, berwisata di musim panas sebenarnya agak sedikit membahayakan karena suhu udara yang meningkat dan terkadang sengatan matahari tak tertahankan. Penyakit yang sering muncul saat liburan musim panas biasanya gak cuma menyerang kulit, tapi juga mata, lambung hingga pernafasan seperti kulit kering, bibir pecah-pecah, panas dalam, batuk pilek, diare, dan demam.

Faktor-faktor yang mempengaruhi seseorang diserang penayakt saat berlibur pun beragam. Keinginan untuk mencicipi makanan khas daerah yang dikunjungi juga bisa jadi salah satu penyebab sakit perut. Belum lagi minum air dingin karena cuaca panas bisa menyebabkan sakit tenggorokan dan batuk-pilek. Suhu udara yang meningkat dan debu jalanan pun terkadang bisa menjadi pemicu flu dan sakit kepala.

Untuk mencegah terjadinya hal yang gak diinginkan selama liburan, sebaiknya kamu mengikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Perbanyak minum air putih


Saat suhu udara tinggi dan kamu melakukan kegiatan luar ruangan yang intens tentu membuat tubuh kita kekurangan air. Air adalah zat yang sangat penting dalam tubuh yang membantu mengontrol kerja jantung, otot dan otak kamu. Air juga membantu membersihkan bakteri di kandung kemih dan mengatasi sembelit.

Untuk itu, pastikan kamu minum air putih 2 hingga 3 liter sehari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan tetap terhidrasi sepanjang hari. Bawalah botol minuman sendiri yang nantinya akan bisa diisi ulang berkali-kali.

10 Tips Agar Tetap Sehat Saat Liburan Musim Panas
Sumber: Canva

2. Hindari minum minuman dingin dan makan makanan yang pedas


Minuman dingin seperti es teh memang menggoda banget apalagi saat cuaca panas. Sebaiknya minuman manis ini dihindari agar gak menyebabkan batuk-pilek. Makan makanan yang pedas dan berminyak pun sebaiknya jangan terlalu sering untuk menghindari panas dalam.

Kalaupun ingin mecicipi makanan khas daerah yang bersantan, sebaiknya perbanyak minum air putih hangat atau teh manis hangat untuk mencegah sakit tenggorokan.

3. Pakai masker penutup hidung dan mulut


Debu jalanan adalah alergen yang akan membuat kamu bersin-bersin. Bagi yang mempunyai riwayat alergi, sebaiknya memakai masker penutup mulut saat melakukan aktivitas luar ruangan atau saat mengendarai motor di jalanan.

4. Memakai Sunscreen dan Pelembab


Pastikan kamu selalu memakai sunscreen/sunvlock dan juga moisturizer di seluruh tubuh untuk melindungi kulit kamu dari sengatan sinar UV. Pelembab wajah dan bibir juga dipelukan untuk mencegah kulit kering dan pecah-pecah atau berminyak. Pilih suncreen/ sunblock dan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit kamu.

Oleh pelindung kulit ini 2 sampai 3 kali dalam sehari. Kalau kamu melakukan water sport, pastikan juga suncreen/sunblock yang kamu gunakan adalah yang waterprof dan memiliki kandungan SPF tinggi.

10 Tips Agar Tetap Sehat Saat Liburan Musim Panas

5. Memakai pelindung kepala dan kacamata hitam


Selain melindungi kepala dan rambut, topi juga bisa digunakan untuk melindungi sebagian wajah dari sinar matahari. Bagi yang berhijab pun disarankan yntuk tetap memakai topi untuk double protection. Saat cuaca terlalu panas, kepala cenderung sakit dan nyut-nyutan. Gak kalah pentingnya, mata juga harus dilindungi dari sinar matahari yang menyilaukan.

6. Bawa cemilan rumah yang sehat


Alih-alih membeli cemilan atau jajanan di pinggir jalan yang belum tentu kebersihannya, sebaiknya kamu membawa snack atau semilan sendiri dari rumah. Kamu bisa membungkusnya dalam wadah dan dimasukkan ke dalam tas untuk nantinya dikonsumsi saat lapar.

7. Minum Vitamin C

10 Tips Agar Tetap Sehat Saat Liburan Musim Panas
Sumber: Canva

Vitamin C akan membantu meningkatkan imun tubuh dan mencegah bakteri masuk ke dalam tubuh. Vitamin C juga berguna untuk kesehatan mata, meningkatkan jaringan sel kulit dan bahkan meningkatkan mood saat sedang berlibur.

8. Bawa hand sanitizer


Mencuci tangan sebelum makan kadang gak cukup. Hand sanitizer  membantu membunuh lebih banyak bakteri di tangan. Hand sanitizer juga diperlukan saat kamu ke toilet umum yang gak menyediakan sabun cuci tangan. Kebersihan tangan juga harus dijaga saat liburan terlebih lagi saat makan.

9. Perbanyak makan sayur dan buah


Makan sayur dan buah yang kaya serat alami  akan melancarkan sistem pencernaan. Sayur dan buah juga membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan bersinar.

10. Bawa obat-obatan yang diperlukan


Kalau kamu punya obat-obatan pribadi dari resep dokter, sebaiknya dibawa saat berlibur di musim panas. Kamu juga bisa membawa kotak P3K sederhana sebagai bantuan keselamatan dan obat yang dianggap perlu seperti oat diare, sakit kepala, batuk-pileh dan asam lambung.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat liburan musim panas. Bonus tipsnya adalah sebelum liburan ada baiknya kamu berolahraga agak tubuh tetap bugar dan gak gampang sakit saat nanti kamu melakukan perjalanan.

Semoga liburan kamu menyenangkan dan gak kurang satu apapun ^^

48 Responses to "10 Tips Agar Tetap Sehat Saat Liburan Musim Panas"

  1. terima kasih di atas perkongsian :)

    ReplyDelete
  2. kalau aku tuh harus pakai tutup kepala (topi) kalau pas liburan disaat cuaca panas. Panas bisa bikin aku migren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru itu, bener-bener harus diperhatikan apa yang dibutuhkan saat liburan biar gak migrain. ^^

      Delete
  3. Mantabs kak, kadang kl mo liburan adaaa aja yg lupa karena ga prepare.
    Jd tulisan ini biar jd acuan kl liburan di musim panaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo dibuat checklist lagi biar gak ketinggalan barang yang dibutuhkan. ^^

      Delete
  4. Pas banget nih, aku lebih suka liburan pas musim panas. Krn ga ada kendala ke tempat obyek wisata. Krn pernah liburan pas musim hujan banyak itinerary yg ga kesampaian. Makasih ya tipsnya membantu sekali nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, musim panas juga harus waspada dan hati-hati agar tetap fit saat liburan.

      Delete
  5. Bener bangets Mbak..kalau liburan pas musim kemarau yang panas banget seperti disedot aja energi kita.
    Mesti banyak minum, juga tips sehat lain seperti disebutkan di artikel ini.
    Kalau enggak lemes, dehidrasi hingga gejala peyakit bisa timbul tanpa kita kira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai dehidrasi kita kan ya. Pokoknya jalan-jalan di musim panas. Harus bener-bener sehat dan prepare biar tetap bisa enjoy ya!

      Delete
  6. Kalau ditulis semua seperti ini, ternyata banyak, ya?
    Saya melakukannya secara otomatis saja, termasuk membawa handsanitizer. Padahal kalau di rumah tak pernah ingat.

    Asyiknya liburan bagi saya adalah, kesadaran untuk menjaga makanan yang masuk.
    Sayang tidak bisa selalu liburan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanan harus dijaga juga ya. Kadang suka kalap jajan apalagi pas liburan ke daerah yang kaya wisata kulinernya. ^^ Sayang aku kadang jarang bisa makan sembarangan. Pencernaanku gak beres.

      Delete
  7. Setunu semua sih. Etapi, kalo panas panas kan segernya minum yang dingindingin yak. Eaaaa.

    Enaknya jalan jalan klo lagi musim panas tu gak riweuh karena hujan. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang enak mbak. Cuma kan dikurangin lah ya jangan minum es terus tiap hari. emang mau nanti pulang-pulang malah jadi sakit tenggorokan?

      Delete
  8. Kebiasaan saya kalau keluyuran saat musim panas di Taiwan atau Hong Kong, selain pakai topi dan kacamata hitam, juga selalu bawa payung. Ya ga hujan ga panas payung selalu saya bawa dalam tas kemanapun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss. Saya juga gitu. Payung selalu standby di tas kemanapun saya pergi. Seringnya dipake mas panas sih. Pas hujan malah males pegang payung, langsung aja sekalian mandi hujan. ^^

      Delete
  9. Padahal minuman dingin dan makanan pedas paling asyik dimakan /diminum waktu udara panas ya?
    Apalagi teh manis dengan es batu yang berlimpah 😁😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang surga sih itu apalagi capek-capek keliling seharian. Emang godaan. Cuma ya jaga-jaga aja mbak. ^^

      Delete
  10. Buah buahan seperti apa yang Bagus dikonsumsi saat liburan agar tubuh tetap fit dan terhindar dari penyakit?

    Terima kasih sharingnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju. Banyak makan buah juga selama perjalanan. Kalau gak mau ribet ngupas dan motong ya makan anggur atau jeruk aja udah cukup kok. Apel juga bagus tuh.

      Delete
  11. Pakai sunblok kak jangan lupa ya beneran ampun saya pernah ke pulau tikus ga pakai sunblok, hampir sebulan baru kinclong lagi hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu, cowok juga harus pakai sunblock mas. Susah balikin kulit yang gosong tuh. ^^

      Delete
  12. Betuuull banget, Mbaaa
    Kalo kita tidak menjaga kondisi tubuh dgn melakukan hal2 di atas, liburan bisa amburadul. Badan kacau, gampang lelah loyo gitu kaann

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang mau foto-foto pun udah gak ada lagi tenaga. Padahal view nya pas lagi bagus-nagus. Kan eman jadi gak menikmati.

      Delete
  13. penting banget pakai sunscreen. kan sinar matahari jg kandung zat jahat. pakai kacamata lah minimal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kacamata hitam juga perlu kan. Kadang silau bikin mata gak nyaman juga.

      Delete
  14. Bener banget nih tipsnya. Tapi nomor 2 dan 4 masih susah nih aku. Pake sunscreen, pelembap, serta nginndarin makanan pedas. Huhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lidah Indonesia mah kalau gak makan pedas kayak gak sah ya. APalagi pemburu makann pedas kayak mbak. hehehehe. Mungkin bisa diakalin dengan mengurangi level kepedasan.

      Delete
  15. Lebih asyik musim panas deh kalo liburan dlkarena stamina juga lebih taft kali musim hujan duh repot hehe

    ReplyDelete
  16. persiapkan kondisi disaat ingin liburan, kalau saya harus nyetok obat-obatan takut kalau dijln atau di hotel tiba-tiba ada yang diare, huuu menakutkan

    ReplyDelete
  17. bener banget mba walaupun saya suka makanan berbumbu yang pedas tapi kalau liburan suka menghindari makanan pedas takut sakit perut malah repot bikin liburannya gak asyik..tipsnya kece nih buat liburan tambah menyenangkan

    ReplyDelete
  18. Sekarang udah masuk musim hujan, tapi duh...suasananya malah macam musim panas eh musim kemarau aja, panassss. Asli deh, benar-benar harus minum air putih yang banyak.

    ReplyDelete
  19. No 2 tak bisa kuhindari saat liburan musim panas...sebab sering haus...jadi minum dingin adalah solusinya...dan makan pedas adalah penyemangatku untuk makan,...hehehe biaselah lidah melayu...tak pedas tak sedap.... :)

    ReplyDelete
  20. kereeeen ini semua tips yang sangat berguna buat traveling di hari dan kota yang puaaanaaasss

    oya aku rencana ke Kamboja, Vietnam dan Laos, any recommendation buat penginapan dan kuliner halal?

    ReplyDelete
  21. Setuji bangat kak dengan makan sayur dan buah yang kaya serat alami akan melancarkan sistem pencernaan.

    ReplyDelete
  22. Saya suka skip nih untuk bawa sunscreen, padahal jalan-jalannya ke pantai. Alhasil pulang liburan kulit jadi belang deh

    ReplyDelete
  23. Penting banget ini tips liburan di musim panas. Nomor satu wajib banget, AIR PUTIH, untuk segala musim juga sih.

    Oh ya, tambahan selain penutup kepala dan kacamata, pastikan juga pakai pakaian yang menyerap keringat. Biar makin nyaman liburannya.

    ReplyDelete
  24. Liburan musim panas tuh ada enak ada ga enaknya ya. Enaknya ga usah basah2an karna ujan, pemandangan pun keliatan lebih bagus. Ga enak nya harus banyak persiapan lain juga kaya sunscreen sama harus banyak minum air. Thanks mbak sharing nya.

    ReplyDelete
  25. Di Indonesia mah musimnya panas mulu mba XD, apalagi daerah dekat pantai ehehe. Sunscreen udah wajib banget tuh kemana-mana. Apalagi kalau yang jalan-jalannya pake motor atau mobil

    ReplyDelete
  26. Wah lengkap banget tips nya iya bener2 kesehatan harus dijaga ya. Masker ini yang aq sering lupa pakai =(. Tabir surya juga hiks

    ReplyDelete
  27. Wah banyak banget ya yang harus disiapkan kalau mau liburan di musim panas. Biasanya aku cuek-cuek aja. Mulai sekarang harus buka catatan dari Mbak Jasmi dulu nih biar liburannya lancar jaya.

    ReplyDelete
  28. kalau lagi liburan atau jalan-jalan faktor kesehatan memang paling saya perhatikan. karena kalau udah kurang sehat di tengah perjalanan, itu alamat bikin kacau deh.
    niatnya senang senang malah jadi puyeng.
    Makanya untuk makanan saya memilih yang aman di perut dan menghindari potensi bikin mencret misalnya atau bikin asam lambung naik.

    ReplyDelete
  29. Perlengkapan wajibku saat liburan : Topi dan sun screen. Ou soal makanan juga cukup berhati-hati, pernah punya pengalaman gak enak saat liburan, sakit perut melilit-lilit karena makan pedas. Akhirnya gak menikmati liburannya deh

    ReplyDelete
  30. Boleh juga nih tipsnya. Noted ah.. emang kacamata hitam dan topi itu nggak bisa dipisahkan dengan musim panas ya Mbak. Btw saya lebih suka nih liburan pas musim panas ketimbang musim hujan, hehe

    ReplyDelete
  31. Banyakin air putih dan buah r totally agree, aku nggak traveling aja krn makan ga sehat udah mulai flu gini. Duh, baca ini auto ngambil segelas air putih wkwk. And yasss, sunscreen is a must :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener. kan gak lucu habis jalan-jalan malah kulit jadi belang. ^^

      Delete
  32. Mudik ke Bali kemarin aku juga banyakin minum air putih
    soalnya bawa mobil sendiri jadi 24 jam berada di mobil kudu banyak asupan
    jadi nggak terlalu pegel badan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau drive sendiri emang harus bener-bener jaga kesehatan ya mbak. sehari semalam pulak tu. harus banyakin cemilan juga tuh. ^^

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel