COVID-19 Series: 10 Kegiatan Kreatif dan Menyenangkan untuk Dilakukan Selama #dirumahaja

Hey, sepertinya kampanye self-isolating atau apalah istilahnya diperpanjang ya? Udah mulai kewalahan di rumah terus sampai dinding kamar pun kerasa dingin kayak sikap dia? Eh. Sepertinya kamu udah melakukan banyak hal yang menyenangkan selama di rumah aja.

Memang sih semua orang diminta untuk terus berfikir positif sampai keadaan kembali normal lagi. Berpikir positif juga bisa meningkatkan antibodi tubuh kan, katanya. Tapi gak bisa dipungkiri juga kalau kelamaan #dirumahaja bisa bosan juga. Sebagian orang yang emang mobile dan jenis gak betahan ya bisa aja frustasi dan merasa gak ada lagi yang menyenangkan untuk dilakukan di rumah.


COVID-19 Series: 10 Kegiatan Kreatif dan Menyenangkan untuk Dilakukan Selama #dirumahaja

Ada juga yang complain udah sangat kenyang dengan nonton Netflix dan streaming Drama Korea setiap harinya sampai bikin kepala pusing karena nonton terus. Ada juga yang mengeluh udah banyak baca buku selama musim Corona mewabah. Ada yang stres karena berat badan naik terus tapi males-malesan untuk olahraga di rumah. Wajar!!!

Apakah kamu termasuk orang yang mulai stres karena di rumah terus? Apakah kamu udah mencoba semua kegiatan yang direkomendasikan selama di rumah? Nah, mau tau gak kegiatan kreatif dan menyenangkan lainnya yang bisa kamu lakukan yang bahkan gak terpikirkan oleh kamu sebelumnya? Artikel ini akan menjelaskannya untuk kamu.

Membersihkan Alat Make-up dan Meja Rias


Hey ladies, itu brush make-up sampai kapan mau dibiarkan kotor? Selama ini ngaku gak sempat bersih-bersih alat make-up bahkan meja rias aja berantakan kan? Tumpahan bedak di mana-mana, berdebu pulak tuh kan? Nah, sekarang saatnya kamu meluangkan waktu kamu membersihkan alat make-up kamu pelan-pelan. Kalau terlalu banyak perkakasnya, bisa dicicil tiap harinya.

Kamu juga bisa mencuci pouch make-up yang biasa kamu bawa di tas. Kemudian, rapikan meja rias dengan menyusuk alat make up dan skincare berdasarkan jenisnya. Misalnya, susun koleksi lipstik yang kamu punya di tempat yang terpisah dengan foundation atau bedak. Jadi, meja rias kamu jadi lebih terorganisir.


COVID-19 Series: 10 Kegiatan Kreatif dan Menyenangkan untuk Dilakukan Selama #dirumahaja

Susun Baju Berdasarkan Warna di Lemari


Ini sepertinya terkesan gabut banget, but hey, ini juga menyenangkan banget untuk merefresh mata dan minda. Jujur aja, selama ini kalau lipat dan susun baju di lemari diacak aja kan susunannya? Paling ya diklasifikasikan berdasarkan kegunaannya. Misalnya, baju tidur gak digabung dengan baju main atau baju kerja.

Mulai hari ini, coba setiap kategori pakaian kamu susun berdasarkan warna. Merah dulu, terus lanjut kuning, kemudian biru dibagian atas, dan pakaian hitam bisa digabung dengan pakaian berwarna gelap lainnya. Lemari kamu akan terkesan lebih tertata dan enak dipandang.

Bersih-bersih Hardisk dan dokumen di Laptop


Gak cuma rumah yang harus dibersihkan, data yang ada di harddisk juga udah berantakan banget tuh. Kamu bisa mengisi waktu luang selama #dirumahaja dengan merapikan file yang ada di laptop atau memori eksternal kamu.

Biasanya di harddisk tuh kan pada nyimpan file film ya! Bisa dipilah-pilah genrenya, mulai dari film Hollywood, Bollywood, Oriental, Drama Korea, sampai ke Series dan Anime. Kamu pun bisa mengelompokkan dokumentasi foto jalan-jalan kamu berdasarkan tempat, negara yang kamu kunjungi atau event yang kamu ikuti.

Begitu juga dengan e-book atau file skripsi dan jurnal ilmiah zaman kuliah dulu, bisa kembali kamu rapikan dalam folder terpisah. Nah, kalau sudah diklasifikasikan, kamu akan lebih mudah mencari file yang kamu butuhkan suatu saat nanti.

Baca Novel kemudian Nonton Filmnya


Sudah baca novel Harry Potter atau The Fault of Our Star karya John Green? Atau novel-novel best seller lain yang juga difilmkan? Ini saatnya kamu membuka koleksi buku kamu dan membaca kembali novel favorit kamu.

Agar lebih berkesan, setelah membaca novelnya, kamu bisa menonton filmnya. Ini akan lebih menyenangkan dan kamu bisa membandingkan mana yang lebih seru, cerita di novel atau malah yang di film? Kamu akan lebih mengerti jalan ceritanya jika melakukan keduanya secara bergantian.

Belajar Make up via Tutorial Youtube


Masih bingung cara coret alis atau pakai bulu mata manual? (emang ada ya pakai bulu mata otomatis?^^) Ini saatnya kamu belajar make up tutorial dengan alat tempur yang kamu punya. Ikuti step by step tutorial yang bisa kamu temukan di Youtube dari Beauty Vlogger favorit kamu.

Jika kamu senang nge-vlog, kamu juga bisa membuat video tutorial make up sederhana dan mengunggahnya di Channel YouTube kamu. Mengedit video tentu membutuhkan waktu, jadi secara gak langsung, kamu sudah menghabiskan waktu #dirumahaja kamu dengan hal yang bermanfaat, kan?

Membuat Papan Apresiasi Diri


COVID-19 Series: 10 Kegiatan Kreatif dan Menyenangkan untuk Dilakukan Selama #dirumahaja

Merasa terlalu lelah dengan perjalanan hidup? Sering perang dengan diri sendiri di mana hati dan otak gak pernah sinkron? Tambah lagi harus di rumah aja dengan waktu yang lumayan lama dan membosankan?

Manfaatkan waktu di rumah aja dengan kontemplasi dan melakukan kegiatan yang bisa meningkatkan kesehatan mental. Gak jarang tekanan pekerjaan atau keuangan membuat emosi kita gak stabil. Menulis catatan apresiasi diri di sticky note warna-warni dan menempelnya di kamar juga menyenangkan banget untuk dilakukan.

Selain bisa mengisi waktu luang, kegiatan ini juga bermanfaat agar kita mecintai diri sendiri. Setiap harinya pasti ada pencapaian-pencapaian besar atau kecil yang bisa diberikan tepuk tangan. Contoh sederhananya, kalau kamu berhasil mencuci piring tanpa menunda-nunda, maka berterimakasihlah pada diri sendiri dengan menuliskan surat cinta.


Belajar Membuat Podcast


Gak tau mau ngapain dan gak ada teman ngobrol? Atau merasa sepi karena satu-satunya yang bisa diajak berbicara adalah diri sendiri? Saatnya kamu belajar bikin podcast! Kamu bisa bermonolog memberikan tips-tips sesuai dengan bidang yang kamu kuasai kemudian menyebarluaskan link podcast kamu.

Jangan salah lho, tahun 2020 ini podcaster jadi salah satu pekerjaan yang menjanjikan yang mulai digandrungi banyak orang. Jadi, kalau kamu merasa nyaman dengan dunia broadcasting ini, kamu bisa menseriusinya.

Banyak tutorial simple tentang membuat podcast di aplikasi smartphone kamu. Salah satu aplikasi yang mudah banget dioperasikan adalah Anchor. Link podcast yang kamu posting di Anchor juga bisa link ke Spotify, lho! Coba deh, seru banget tau!

Spa Time....


Walau gak capek-capek banget selama mingkem di rumah, ada kalanya badan pegel-pegel juga karena terlalu banyak duduk dan rebahan. Apalagi sebelum arahan untuk Stay at Home, kamu bekerja mati-matian sampai gak ada waktu untuk perawatan.

Nah, mau ke salon juga ada anjuran untuk physical distancing, kan? Kamu bisa spa sendiri dengan luluran dan berlama-lama di kamar mandi sambil mendengar musik-musik relaksasi. Kalau kamu punya bathup, kamu bisa berendam dengan air hangat sambil memasang pewangi aromaterapi.

Ikutan Live Instagram


Tahun 2020 ini dunia e-learning digemparkan. Orang beramai-ramai memakai Zoom atau web conference untuk berbagi ilmu. Kamu bisa ikutan Live IG atau webinar dengan topik favorit dan akan membuat kamu lebih produktif. Setelah belajar dari webinar, kamu juga bisa melakukan hal yang sama untuk membahas topik yang sudah kamu kuasai dengan teman-teman kamu.

Untuk skala kecil, kamu dapat ikutan diskusi dengan beberapa teman terkait topik tertentu melalui WhatsApp Group VideoCall. Jadi, jangan biarkan hari-hari kamu hanya diisi dengan rebahan, namun pastikan ada new insight yang kamu dapatkan walau harus remote dari rumah.

Menata ulang ruangan


Mengubah tatanan rumah akan membuat kamu lebih fresh dengan suasana baru. Bahkan jika perlu putar posisi rumahmu dari yang awalnya menghadap Selatan, jadi menghadap Barat Daya ^^ LOL. Menata ulang perabotan rumah juga bisa dikaitkan dengan general cleaning dan olahraga domestik.

Kamu bisa mengajak seluruh anggota keluarga untuk kerja bakti dan bersih-bersih massal. Aktivitas bersih-bersih ini juga bagus agar rumah tetap terjaga dari virus atau bakteri yang mudah menyerang.

Nah, dari 10 kegiatan kreatif dan menyenangkan yang bisa kamu lakukan selama #dirumahaja di atas, mana yang sudah kamu lakukan dan mana yang gak terpikir sama sekali oleh kamu? Dan terlepas dari itu semua, kita berharap keadaan kembali normal. Setiap sektor baik itu sektor pertanian, perdagangan, hingga pariwisata bisa segera bangkit kembali.

35 Responses to "COVID-19 Series: 10 Kegiatan Kreatif dan Menyenangkan untuk Dilakukan Selama #dirumahaja"

  1. karena WFH akhirnya ada waktu buat beres beres ruang kamar tidur juga,bersihin sepatu hehe. kerja sambil curi waktu juga

    ReplyDelete
  2. Ternyata banyak aktivitas yg bisa dikakukan selama WFH ya. Kalo saya sukanya baca2 medsos, mulai dari cari informasi hingga bersilaturahmi dgn teman2

    ReplyDelete
  3. iya nih, kita harus ambil nilai positif dari anjuran pemerinyah di rumah aja. thx info nya kak

    ReplyDelete
  4. Luluran lama-lama di kamar mandi tuh masih jadi impian banget soalnya kamar mandi di rumah cuma ada satu. :D

    ReplyDelete
  5. Kl sy lebih bnyk ngeblog n optimasi sosmed aja khususnya Twitter berharap tembus 2,5k
    Insyaallah

    ReplyDelete
  6. Selama di rumah bersih-bersih adalah hal yang menyenangkan ya, maka tak ada salahnya untuk bersih-bersih diri juga dengan make-up tebal agar suami makin sayang hehehe

    ReplyDelete
  7. Daku ini, lebih banyak baca buku selama di rumah. Sama nonton film. Sambil berusaha tetap produktif selama di rumah

    ReplyDelete
  8. Iya, nih, Mbak. Sudah kepikiran mo beres-beres ruangan tapi belum kesampaian...

    ReplyDelete
  9. memang banyak yang bisa kita lakukan ya, tapi tetep saja rasanya kalau gak bisa banyak bertemu dengan banyak oarng itu gak enak, rindu anak2 asuhku di komunitas, rindu sahabar disabilitas tempat aku ngajar

    ReplyDelete
  10. percaya atau tidak, semuanya belum aku lakuin lho mbak... selain karena punya baby, mungkin emang nggak kepikiran. Paling bersih-bersih dan nata rumah sedikit kalau sempat. Yups, tips ini akan sangat bermanfaat buatku di saat punya banyak waktu luang suatu saat nanti.

    Yg paling berkesan buatku adalah ide tentang : apresiasi diri. Mudah dilakukan dan positif bgt.

    ReplyDelete
  11. Aku udah nyobain nih kak hampir semuanya, kecuali bikin podcast. Kayaknya seru juga ya bikin podcast, tapi aku ga pede dengan suaraku sendiri yang cempreng ini hehe. Btw, aku udah nyoba nih kak, baca novel trus nonton filmnya. Yaaah jadi malah kecewa, karena cerita di film jadi ga bagus. Mungkin karena ekspektasi aku yang terlalu tinggi, berharap film bakal 100% menggambarkan suasana novelnya.

    ReplyDelete
  12. Wahh kreatif bgt mbak, sampai dibuat seriesnya.
    Tapi emang kok, meski di rumah aja tetap harus produktif y

    ReplyDelete
  13. Ide kreatifnya mantul banget
    Yang sudah aku lakukan adalah menuntaskan dua novel yang selama ini masih terbungkus rapi. Kayaknya aku mau nyoba podcast juga deh, meskipun ya kadang gak pede sih sama suara yang cempreng ini

    ReplyDelete
  14. Daripada mengeluh aja stay di rumah lbh banyak dari sebelumnya kan banyak hal positif yg bisa dilakukan, ets baca rekomendasinya aku baru kepikiran mau bikin podcast

    ReplyDelete
  15. yang pasti aku sudah melakukan susun baju tapi sesuai dengan yang paaaaaaliiiiiiing sering dipakai. hasilnya, aku dapat 1 tas besar yang udah jarang dipakai

    ReplyDelete
  16. Akhir-akhir ini semakin banyak orang memilih podcast. Hm, bikin saya jadi penasaran. Mumpung masa Work From Home, saya juga pengen belajar bikin podcast juga ah.

    ReplyDelete
  17. Blm ada yg kulakukan semuanya sih, tp paling pengin bisa spa. Cuma kyknya too imposible krn msh ada bocah2. Kegiatan baru selama di rmh aja yaitu jd lebih rajin masak, bikin camilan buat anak2. Selebihnya ya sama aja kyk sebelum2nya.

    ReplyDelete
  18. Gak kepikiran nih bikin catatan tentang diri sendiri, besok mau kalau ngikuti jejeknya. Kalau yang lainnya sih saya juga melakukannya

    ReplyDelete
  19. WFH ini bikin gw rajin utk update Youtube, Netflix, atur kamar, baca buku sambil rebahan. Ada enak ga enaknya sih WFH kayak gini. Jadi kurang gerak karena kanan dan kiri rumah sudah dilockdown. Akhirnya cuma bs olahraga ringan di kamar.

    ReplyDelete
  20. Selama masa lockdown ini saya habiskan waktunya untuk bersih-bersih rumah dan menanam kebun di belakang rumah. Jadi gak ngerasain kejenuhan.

    Semoga saja setelah wabah ini berlalu, hasil dari berkebun dapat dipanen.

    ReplyDelete
  21. Ternyata banyak diam di rumah tidak serta merta membuat kita tidak bisa berbuat apa-apa ya. Banyak kegiatan yang menyenangkan yang bisa dilakukan agar tidak bosan saat di rumah aja

    ReplyDelete
  22. Spa time. Asik banget tu buat meeawat diri. Tinggal beli aja bahan buat spa terus eksplor sendiri dech. Aku biasanya suka luluran, atau maskeran. Hehe

    ReplyDelete
  23. Jadi Ada banyak kegiatan seru dan menyenangkan yang bisa dilakukan di rumah, tentunya rumah bisa lebih hidup ya karena semua anggota keluarga bisa berkumpul

    ReplyDelete
  24. Menata ulang ruangan udah, sekalian menata meja rias dan lemari baju walaupun ga sesuai warna sih. Nonton drakor udah, baca buku udah juga. Apalagi ya abis ini :D

    ReplyDelete
  25. Wah beberapa udah aku lakukan nih, kalau sudab terbiasa juga ternyata nggak buruk2 amat stay at home ini. Kalau aku bukan papan apresiasi sih tapi menulis daily gratitude journal, ngebantu banget biar tetep ikhlas dan lapang dada serta mensyukuri hal-hal kecil setiap harinya :D

    ReplyDelete
  26. Sekarang lebih sering me time dengan mandi dan belajar make up mbak. Seru banget soalnya banyak waktu kosong jadi ya seru-seruan ngulik lipstik baru.

    ReplyDelete
  27. Banyak yang bisa dilakukan selama dirumah aja saat wabah corona. Tinggal kita mau uji kreativiatas aja ya mbak biar nggak bosan.

    Aku mau coba yang buat podcast ah. Penasaran ini. Kayaknya lagi viral juga ya.

    ReplyDelete
  28. Buat aku yang biasanya juga emang di rumah aja, anjuran untuk stay at home sebenarnya nggak ngaruh apapun sih wkwk. Malah aku merasa waktu jadi lebih cepat dari biasanya. Lah malah tambah kerjaan karena anak2 nggak sekolah hehe.

    ReplyDelete
  29. Samaan dibagian bersihin dan menata file di laptop... bersihin virus defragmented... rapih2 laptoplah

    ReplyDelete
  30. Dari semua tips kegiatan menyenangkan selama di rumah aja yang disebutkan di atas, cuma nomor 1 yang gak bisa saya lakukan. Alasannya ya karena saya gapunya alat Make-up juga meja rias wkwkkwwk. BTW kegiatan-kegiatan di atas ada beberapa diantaranya sudah saya lakukan ^_^

    ReplyDelete
  31. ahaaa, saya juga lagi bongkar lemari ini.
    mau sortir yang masih kepake seisi rumah, saya, suami dan anak-anak juga biar gak menuh-menuhin lemari aja padahal udah gak kepake.
    sama rencana mau menata ulang ruangan, biar fresh aja ni otak lihat dan jadi makin betah walau dirumahaja :D
    ehyaaa yg ide membuat papan apresiasi diri ini oke banget ya, kita kadang lupa menghargai diri sendiri walau hal yang kecil, padahal ngasih award ke diri sendiri itu penting banget doong ;)

    ReplyDelete
  32. Kegiatannya keren2 bangettttt.
    Saya baru melakukan yg merapikan barang2 doank.
    Bersih2 sih wajib setiap hari.

    Tp skrg lebih banyak masak2 nyobain resep masakan hehehe.

    ReplyDelete
  33. Aih, nyusun baju berdasarkan warna? Brilian x mbak ini. G pernah tepikir soal warna. Adanya disusun berdasarkan kegunaan atau perkara formal informal.

    Yap, berwih2 laptop itu jg menyenangkan plus bersihin memori hp yg sering full

    ReplyDelete
  34. Biasanya alat make up dibersihkan jarang banget ya kan. Mumpung di rumah aja rajin deh bersihin alat make up nya nih. Memang saat di rumah aja begini perlu banget beranekaragam kegiatan biar gak bosen.

    ReplyDelete
  35. Bukannya membersihkan hardisk, gegara karantina mandiri ini malah memori penyimpanan jadi overload kak, haha.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel